Anda Ibu Rumahan yang ingin Menghasilkan? Simak 7 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Berikut Ini!5 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketing. Founder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Meniti karir dimasa sendiri memang menyenangkan, kita bisa menentukan kemana arah masa depan kita bagaimana. Namun ketika sudah berkeluarga, semua akan berubah. Beberapa perempuan memilih untuk tetap berkarir, tapi ada juga yang ingin fokus di rumah. Jika Anda adalah tipe ibu-ibu rumahan, Anda bisa lakukan usaha sampingan ibu rumah tangga ini agar bisa tetap berkreasi!

Di era internet dan online ini, semua bisa memulai bisnisnya dari rumah. Tidak terkecuali seorang ibu rumah tangga yang hari-harinya dirumah, mereka juga bisa berkreasi di dunia entrepreneurship sekaligus mendapatkan penghasilan cadangan sebagai support dari penghasilan utama dari Sang Suami.

Ragam Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Praktis Dilakukan

[img.2] Jenis Usaha Sampingan Keluarga
Courtesy of Pixabay.com
Ada banyak sekali cara seorang ibu rumah tangga berkreasi di dunia entrepreneurship, salah satu yang jadi andalan untuk sebuah bisnis rumah adalah skill yang dimiliki seorang ibu-ibu.

Beberapa sahabat saya yang juga ibu rumah tangga sukses membangun bisnisnya dari rumah, bermodalkan skillnya sebagai seorang istri & ibu.

Berikut ini, saya akan jabarkan beberapa list bisnis yang bisa Anda Ibu Rumah Tangga lakukan di rumah.

1. Bisnis Catering Harian atau Corporate

[img.3] Bisnis Catering
Courtesy of Pixabay.com
Skill mengolah masakan seorang perempuan biasanya akan masuk ke tahapan advance ketika mereka menjadi seorang istri atau bahkan Ibu. Beberapa orang sampai-sampai memiliki mindset bahwa masakan Ibunya adalah yang paling THE BEST! 😀

Maka itulah, bisnis catering ini masuk ke dalam kriteris usaha sampingan ibu rumah tangga yang sering kita jumpai di komplek-komplek manapun.

Bisnis ini akan sukses, apalagi jika ditambah dengan service pengantaran ke rumah secara harian. Sehingga ini akan mempermudah ibu-ibu rumah tangga lain yang sekiranya kesulitan mengolah lauk-pauk serta makanan harian untuk anak-anaknya.

BACA JUGA: Ide Bisnis Rumahan yang Asyik untuk digeluti Anak Anda

2. Bisnis Cake, Kue-kue & Roti

Sejalan dengan poin pertama, bisnis ini pun masih berkaitan dengan keahlian mengolah bahan makanan seorang istri & ibu. Tinggal dialihkan saja, dari yang awalnya mengolah bahan untuk makanan berat menjadi makanan sampingan (side-dish).

Pasa bisnis Cake ini boleh saya bilang dapat menjaring pasar lebih luas daripada catering. Karena jika makanan berat kita bisa estimasi bahwa sehari maksimal seseorang hanya akan memesan 3 kali, sedangkan roti atau cake bisa berkali-kali.

Meski begitu, memang margin yang didapat boleh jadi lebih kecil daripada makanan berat. Tapi hal ini bisa diakali dengan membuat variasi cake & roti, dengan variasi harga pula untuk hari-hari atau untuk acara tertentu yang Premium.

3. Usaha Jahit Menjahit

[img.4] Usaha Sampingan Jahit
Courtesy of Pixabay.com
Satu lagi skill yang bisa Anda para Istri & Ibu-ibu lakukan untuk mendapatkan penghasilan sampingan dari rumah. Skill tersebut adalah skill menjahit baju, gamis hingga bergo/ jilbab instant.

Usaha rumahan ini cukup menjanjikan jika dilakukan dengan tekun, bahkan beberapa designer baju memulai usahanya dari rumah mereka masing-masing. Justru dari usaha sampingan ibu rumah tangga ini, cakupan pasar mereka bisa spesifik yaitu ibu-ibu komplek.

Selain itu posisi tersebut bagus sebagai proses marketing, karena dengan memulai lewat rumah para tetangga akan merekomendasikan jasa Anda ke teman-teman atau bahkan keluarganya. Tapi patut diperhatikan perjanjian pembayaran, jangan sampai karena kenal.. customer menunda-nunda pembayaran.

Loading...

4. Jasa Titip (Jastip)

Nah, ini bisnis yang sedang ramai diantara ibu-ibu muda Indonesia. Yaitu bisnis ‘jastip’ atau jasa titip. Bisnis jasa ini muncul pertama kali ketika pusat belanja IKEA dibuka, saat itu IKEA booming sekali dan populer sehingga banyak yang ingin berbelanja kesana.

Namun, karena letaknya yang jauh dari tempat banyak orang tinggal, dan hanya ada 1 di Jakarta, maka banyak ibu-ibu muda yang menawarkan jasa menitip beli barang disana. Baik itu karena memang mereka tinggal di dekat IKEA, atau memang meniatkan untuk datang membelikan barangnya.

Satu lagu, bisnis jasa ini muncul saat terselenggaranya event pameran buku anak di ICE BSD. Disitu banyak juga para ‘jastip’ yang menawarkan jasa pembelian lewat social-media, bahkan beberapa diantara mereka membuat kegaduhan sehingga perlu ditertibkan.

Nah, bagi Anda yang sesuai dengan kondisi di atas bisa mencoba jenis bisnis ‘Jastip’ ini. Potensinya bukan main-main, ada beberapa ‘jastip’ yang berhasil meraup belasan juta dalam 1 event.

Potensi usaha sampingan ibu rumah tangga ini mulai dilirik juga oleh mereka yang menetap di luar negri. Mereka menawarkan pembelian barang darisana, lalu membawanya ketika akan kembali ke tanah air.

Konsumen tertarik dengan penawaran ini, karena biasanya banyak produk yang dijual di luar negeri memiliki harga barang lebih murah daripada di tanah air.

5. Jual Beli Peralatan Bayi & Anak

[img.5] Pakaian & Baju Anak
Courtesy of Pixabay.com
Satu lagi kreativitas ibu rumah tangga adalah dengan menawarkan produk-produk bayi yang mereka temukan di toko dekat rumah. Mereka bisa menawarkan sistem order setelah ada pemesanan, ataupun beli banyak dengan harga grosir lalu menjualnya kembali lewat social-media.

Bisnis sangat tepat jika dijalankan oleh ibu rumah tangga karena mereka memiliki niche atau pasar yang spesifik untuk ditawarkan produk bayi & anak.

BACA JUGA: “Step by step” Memulai Bisnis Baju Anda Sekarang Juga!

6. Jasa Konsultasi Keuangan Keluarga

Bagi ibu rumah tangga, mengatur pengeluaran keluarga adalah hal sehari-hari yang selalu dilakukan terus-menerus. Untuk itu, bukan hal yang aneh jika seorang ibu rumah tangga menjadi ahli dalam hal tersebut.

Boleh jadi dalam aktivitas tersebut seorang ibu mendapatkan rumus atau formula untuk menghemat keuangan keluarga lebih banyak daripada orang biasanya.

Nah, dengan keahlian tersebut seorang ibu rumah tangga dapat menawarkan keahlian menghitung keuangan atau budgetingnya ke perseorangan ataupun perusahaan.

Jika sukses, maka sang ibu bisa melanjutkan jasa konsultasi finansialnya ke tahap lain, dengan media online misalnya.

7. Menjual Makanan Organik

[img.6] Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Organik
Courtesy of Pixabay.com
Kebiasaan sehari-hari memasak untuk anak dapat membuat seorang ibu mendapatkan ide dalam meningkatkan kualitas makanan anaknya. Dalam hal ini, seorang ibu bisa menghasilkan produk makanan organik yang lebih sehat.

Inilah yang terjadi pada Bubur Nayz yang sebelumnya bernama Bebeluck. Si pendiri, ibu Nadya berinisiatif untuk membuat bubur organik sendiri yang berlanjut kepada bisnis berskala pabrik yaitu Bubur Bayi Nayz.

Selain itu, ada juga sahabat saya kuliah yang berhasil membangun bisnis makanan organik lewat online shop. Kini omzet per bulannya sudah mencapai belasan juta rupiah.

Ini bukti bahwa ada potensi besar dari seorang ibu dalam menjalani usaha sampingan ibu rumah tangga, sambil mensupport penghasilan utama dari suami. Meski bisa jadi keduanya akan berakhir fokus ke bisnis sampingan tadi.

Darimanapun Asalnya, Bisnis Itu Harus Dimulai!

7 jenis bisnis yang dijalani seorang Ibu Rumah Tangga di atas tadi mencerminkan sebuah kegigihan dalam memulai sebuah bisnis. Mereka tetap berusaha mewujudkan bisnisnya meski semuanya dimulai dari skala kecil-kecilan.

Itu artinya, berbisnis itu harus dimulai darimanapun itu! Setelah mendapatkan pasar dan potensinya, kita tinggak men-scale-up ke tingkatan yang lebih besar lagi lewar promosi ataupun investasi modal lebih besar.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.