Langkah-langkah Membangun Usaha Sampingan di Rumah Memanfaatkan Waktu Setelah ‘Ngantor’ Anda2 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing đź”— & Master Facebook Ads đź”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Usaha Sampingan di Rumah
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketing. Founder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Siapa yang tidak terlena dengan gaji kantor bulanan yang tetap dan pasti didapat? Tentu lebih menggiurkan daripada usaha sampingan di rumah yang tidak pasti hasilnya bukan…

Hal inilah yang membuat tidak banyak orang berani untuk memulai bisnisnya sendiri, karena ketidak pastian tersebut. Tapi bagaimana jika hal itu dilakukan sambil bekerja kantoran?

Mungkin hal ini bisa jadi solusinya. 🙂

Memulai Usaha Sampingan di Rumah, Sambil Bekerja

Memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah wajib, karena jika tidak bagaimana kita bisa hidup? Terlebih jika kita sudah memiliki tanggungan–anak & istri, tentu lebih wajib lagi sebagai tanggung-jawab.

Tapi bagaimana dengan impian bisnis kita? Perlukah dilepas begitu saja?

Tentu tidak!

Anda masih bisa mulai berbisnis meski sambil kerja kantoran, tetapi kita harus tau langkah-langkah & strateginya.

Berikut akan saya sharingkan cara memulai usaha sampingan di rumah sambil bekerja.

BACA JUGA: Panduan Kerja Online dan 17 Situs Lowongan Freelance

1. Manfaatkan Waktu Selepas Bekerja Anda

[img.2] Usaha Sampingan di Rumah Selepas Ngantor
Courtesy of Pixabay.com
Kebanyakan orang kantoran memiliki jam kerja antara pukul 8 pagi hingga 5 sore, maka diantara jam tersebut selain jam tidur bisa Anda manfaatkan untuk membangun bisnis.

Termasuk saat Weekend! Terlebih jika Anda masih single atau sendiri, tidak ada tuntutan untuk membawa jalan Anak & Istri ke tempat wisata atau acara lainnya.

2. Buat Jadwal Aktivitas Membangun Bisnis Anda

[img.3] Jadwal Harian Bisnis
Courtesy of Pixabay.com
Tidak hanya memanfaatkan waktu diluar ‘Ngantor’, Anda juga perlu membuat jadwal aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan untuk membangun Bisnis.

Hal ini penting sebagai produktivitas Anda dalam membangun usaha sampingan di rumah. Karena jika tidak, aktivitas Anda bisa jadi hanya membuang-buang waktu saja dan sia-sia.

BACA JUGA: Ide Bisnis Rumahan yang Asyik untuk digeluti Anak Anda

3. Prioritaskan Aktivitas-aktivitas Kunci yang dapat Membesarkan Bisnis Anda

[img.4] Aktivitas Kunci
Courtesy of Pixabay.com
Langkah selanjutnya, Anda bisa memilah-milah aktivitas apa saja yang sangat berguna untuk bisnis dengan yang tidak. Saya sebut sebagai ‘Aktivitas Kunci‘.

Setelah dipikah, aktivitas Kunci tersebut bisa diberikan waktu lebih lama daripada yang lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat aktivitas-aktivitas pendukung ‘Aktivitas Kunci‘ tersebut.

4. Lakukan Metrik Perhitungan & Evaluasi Bulanan

[img.5] Ukur Metric & Statistik Usaha Sampingan Anda
Courtesy of Pixabay.com
Terakhir, hitung apa saja yang sudah Anda dapatkan selama sebulan ke belakang. Apakah pertambahan follower? Liker? Subscriber? Atau bahkan Sales produk Anda?

Jika jasa, berapa client yang memakai jasa Anda? Berapa yang repeat? Dan lain-lain.

Setelah itu, evaluasi apa yang perlu diperbaiki dan dikembangkan. Dengan aktivitas tersebut, Anda sudah bisa mulai menghasilkan dari bisnis dalam kurun waktu 3-5 bulan.

Temukan Jalan Keberhasilan Anda, dengan Konsistensi & Ketekunan.

Untuk membangun usaha sampingan di rumah, terlebih sambil bekerja kantoran diakui perlu ketekunan yang luar biasa. Karena boleh jadi pekerjaan kantor pun karena banyak boleh jadi dibawa ke rumah.

Maka selain itu, konsisten juga harus jadi komitmen yang dipegang selama 3-5 bulan membangun bisnis tersebut. Semoga Anda bisa mempraktekkan langkah-langkah di atas, sukses!

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.