Mulai Bisnis Anda dengan 7 Usaha Rumahan Modal Kecil Ini!4 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Usaha Rumahan Modal Kecil
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketing. Founder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Meski sekarang makin merebak bisnis online atau bisnis yang menggunakan internet, tapi bukan berarti bisnis kecil konvensional sudah sepi konsumen. Buktinya, makin banyak usaha rumahan yang ‘Hits’ mulai Cappucino Cincau dulu, hingga Es Kepal Milo kini yang tergolong usaha rumahan modal kecil.

Modal kecil bukan berarti potensi untungnya sedikit, dari modal yang kecil justru Anda makin bisa berkreasi dalam menambah value produk sehingga nilai jual nanti menjadi tinggi. Seperti meng-upgrade packaging, menyediakan layanan yang premium, atau benefit-benefit lainnya.

Mudahnya Membangun Usaha dari Rumah

[img.2] Usaha dari Rumah
Courtesy of Pixabay.com
Biasanya, dalam sebuah keluarga ada saja ide-ide bisnis yang brilian untuk di eksekusi. Dan ibu pasti akan berpikir untuk membuat usaha rumahan modal kecil, yang sederhana dalam mengeluarkan modal namun menjanjikan untuk di garap pasarnya.

Jika Anda atau keluarga anda ingin mulai membangun usaha dari rumah, mulailah coba-coba mencari ide atau resep bisnis dari sekitar komplek atau adaptasi bisnis yang sudah ada lalu jadikan versi rumahannya.

Beberapa Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil

Sudah bersiap untuk membuka usaha rumahanmu sekarang? Saya ada beberapa ide usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda dan keluarga tiru dengan mudah di bawah ini.

1. Franchise Minuman & Makanan Snack

[img.3] Usaha Rumah Minuman
Courtesy of Pixabay.com
Sudah sering kita lihat usaha kecil-kecilan seperti ini dimana-mana, mulai di jalan besar hingga di komplek perumahan tempat kita tinggal.

Usaha rumahan modal kecil ini mungkin adalah salah satu usaha yang paling populer di masyarakat. Selain memang rasanya cukup enak dan menyegarkan, menyiapkan produknya pun tidak sulit bagi mereka yang ingin membuka usaha tersebut.

Apalagi sekarang sudah banyak pula franchise yang mengeluarkan produk serupa, seperti Nyoklat, Cappucino Cincau, Teh Poci, Thaitea, Es Kepal Milo, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Bagaimana Bisa punya Bisnis Modal Kecil Untung Besar!

2. Counter Pulsa

[img.4] Usaha Pulsa untuk Handphone
Courtesy of Pixabay.com
Usaha ini saya tempatkan di tempat kedua karena kemudahan orang rumahan untuk membuka usaha ini. Dengan bermodalkan etalase untuk memajang kartu-kartu perdana, atau tambahan aksesoris handphone maka rumah Anda sudah bisa jadi tempat counter pulsa yang dicari-cari.

Bahkan tidak perlu itu, cukup bermodalkan handphone yang terdaftar ke program pengisian pulsa, Anda sudah bisa menawarkan pengisian pulsa ke tetangga-tetangga atau bahkan keluarga.

Tinggal tambahkan spanduk kecil yang menandakan counter pengisian pulsa disana, pulsa sudah lama menjadi usaha rumahan modal kecil yang gandrung di masyarakat.

3. Jasa Laundry

[img.5] Jasa Laundry

Berkerjasama dengan bisnis besar, seperti perpanjangan-tangan dari laundry besar juga memiliki potensi bagus dalam perjalanan bisnis keluarga Anda. Selain Anda jadi punya peluang bisnis, laundry tersebut pun dibantu Anda menjangkau customer yang tidak dapat mereka jangkau seperti penghuni perumahan.

Jasa laundry ini termasuk usaha rumahan modal kecil karena dalam mengeksekusinya, Anda cukup memerlukan perjanjian antara Anda dan pihak penyedia jasa Laundry.

Tetapi, untuk menambah yakin Anda mungkin bisa juga menambahkan plang usaha atau sekedar spanduk penawaran di depan rumah. Sehingga para tetangga pun bisa mengetahui dan tak sungkan memakai jasa Anda.

Loading...

4. Jasa Fotocopy

[img.6] Usaha Fotokopi
Courtesy of medan.bisnislink.com
Meski modal mempunyai mesin fotokopi ini tak kecil juga, namun masih lebih murah daripada harus mempersiapkan toko print & fotokopi besar dengan beberapa pegawai di dalamnya.

Tapi Anda juga harus pandai-pandai menilai kondisi rumah, jasa fotokopi baru bisa sukses & profitable jika rumah Anda dekat lokasi perkantoran pemerintah atau institusi pendidikan.

Jika lokasi rumah Anda seperti itu, maka silahkan mencoba. 🙂

BACA JUGA: Ide Bisnis Rumahan yang Asyik untuk digeluti Anak Anda

5. Warung Kelontong

[img.7] Warung Rumahan
Courtesy of hipwee.com
Seperti poin ke-4, memulai usaha ini juga tak kecil dalam modal. Namun usaha ini potensial untuk dibuka di kawasan perumahan, karena pasti ada saja kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi dengan cepat dan ringkas.

Tak semuanya senang dengan minimarket besar bukan? Melihat kerumitan parkirnya, proses mengantri saat pembayaran, dan lain-lain. Maka warung kelontong bisa jadi alternatif bagus mengisi kekosongan tadi.

6. Kue-kue basah & Cupcake

[img.8] Usaha Kue Rumah
Courtesy of Pixabay.com
Adik kelas saya sendiri sukses menghasilkan ratusan order dari kemampuannya membuat cupcake, kue-kue kering hingga kue lebaran. Karena ini sejalan dengan passion-nya memasak, maka ia menjalani bisnisnya dengan senang hati meski terlihat sibuk sekali apalagi menjelang lebaran ini.

Usaha rumahan modal kecil ini bisa Anda mulai dengan mempelajari resep-resep membuat kue kering, basah, cupcake atau bahkan roti. Cobalah dengan membeli bahan-bahan mentahnya, lalu olah dengan seksama.

Jangan lupa juga melengkapi alat baking Anda untuk mengolah kue tersebut.

7. Jajanan Buka Puasa (Pas saat Ramadhan)

[img.9] Jajanan Takjil
Courtesy of
Terakhir, mungkin saya sebut sebagai berkah Ramadhan dimana rizki mengalir dan ibadah dimudahkan. Usaha dadakan sesaat sebelum berbuka puasa di pinggir jalan pun bisa meraup untung yang lumayan.

Karena sudah keniscayaan orang-orang yang puasa akan membeli bukaan atau ta’jil yang tersedia saat maghrib meski masih menyangsikan rasa ta’jil tersebut. Maka untuk Anda yang ingin memulai usaha rumahan modal kecil sekarang juga, bisa coba membuka lapak di depan rumah sebelum berbuka puasa nanti.

Sediakan saja makanan yang umum disediakan, seperti kolak, gorengan dan es buah. Insya Allah pasti ada pembelinya menjelang berbuka nanti. ^_^

Usaha Pasti Akan Membuahkan Hasil

Dari usaha keluarga yang sederhana, seringkali bisnis itu berhasil. Karena selain karen dimulai dengan sederhana, ia menyimpan energi keluarga yang saling menguatkan.

Maka dari itu, buatlah sekarang juga usahamu! Mulai dari kecil, yaitu keluarga Anda. 😉

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.