15 Usaha Makanan Paling Laris yang Mudah Anda Tiru

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1]-usaha-makanan-laris-dan-sederhana
Courtesy of Pixabay.com

Satu-satunya bisnis yang dapat mengalahkan industri fashion adalah bisnis kuliner. Tercatat pada tahun 2015 kemarin, sektor usaha makanan atau kuliner sudah mencapai realisasi investasi sebesar US$ 151 Juta. Pencapaian ini dinilai bisa menempatkan Indonesia sebagai raksasa industri makanan dan minuman di Asia Tenggara.

Menyadari besarnya potensi industri usaha makanan, sebagai pebisnis yang selalu mencari peluang ada baiknya kita mempertimbangkan untuk ikut serta di dalam industri ini.

Namun, untuk memasuki pasar kuliner, kita perlu memahami beberapa hal terkait industri ini. Dengan pemahaman yang baik, kita akan berhasil membangun bisnis kuliner yang baik dan berkembang.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

[img.2] usaha-makanan-wajib-lewat-izin-bpom
Courtesy of bisnis.news.viva.co.id
Terjun ke bisnis kuliner, tentunya kita harus tahu hal-hal di dalamnya. Salah satunya adalah bentuk perizinan.

Untuk menjadikan bisnis kuliner anda sah, maka anda harus mengurus izin dahulu ke BPOM (Badan Pengawas Obat & Makanan). Hal ini harus dilakukan karna usaha makanan adalah usaha yang menyangkut hajat orang banyak.

Bahaya bukan jika salah-salah makanan olahan kita meracuni banyak orang atau merugikan orang banyak.

Daftar Usaha Makanan yang Laris di Sekitar Kita

Setelah mengetahui syarat-syarat mendirikan usaha makanan, kini mari kita bahas macam-macam usaha yang sederhana tapi laris di sekitar kita

Goreng-gorengan

[img.3] usaha-makanan-berbahan-gorengan
Courtesy of pixabay.com

1. Cilok & cimol

Usaha makanan ini banyak ditemukan di tempat-tempat keramaian yang banyak anak-anaknya. Terbuat dari tepung kanji yang divariasikan dengan cara digoreng lalu ditaburkan bubuk perasa, atau ditusuk dan dicelup dengan saos yang agak dicairkan.

Bisnis ini sangat potensial. Bayangkan, jika dengan perhitungan satu bungkus cimol atau cilok kita dapat meraup untung 1000 – 2000 rupiah, maka jika sehari mendapatkan 100 pembeli maka profit per hari bisa mencapai 100 ribu sampai 200 ribu rupiah.

2. Tahu Bulat

Tahu bulat adalah usaha makanan paling banyak dibicarakan setahun terakhir ini. Sampai-sampai ada Game yang memakai cerita sebagai Penjual Tahu Bulat, hebatnya lagi Game tersebut sempat merajai Top Download Apps di Google Playstore.

Tahu bulat sendiri sebenarnya adalah panganan tahu yang dibentuk bulat, lalu di goreng dengan minyak yang mendidih agar tercipta lapisan garing di luarannya. Karna nge-hits-nya jajanan ini, menurut Kompas.com per hari penjual tahu bulat ini bisa meraup omzet hingga 1,5 juta rupiah.

3. Cakwe

Panganan dari tepung yang satu ini cukup unik. Hal ini disebabkan oleh bentuknya yang panjang dan dapat dibelah pada bagian tengahnya, sehingga menjadikan satu pcs cakwe bisa dinikmati oleh dua orang.

Usaha makanan jenis ini juga terbilang potensial, namun memang diperlukan market yang pas karna tidak semua orang ingin repot-repot makan jajanan yang bentuknya memanjang.

4. Kue Bantal Manis

Selain jajanan asin diatas, jenis makanan goreng-gorengan juga bisa dibuat menjadi jajanan manis. Salah satu yang terkenal adalah Kue Bantal Manis.

Meski namanya ‘kue’, namun bukan seperti ‘cake’ yang banyak dibayangkan orang. Kue disini hanyalah sebuah hasil olahan tepung, yang dibentuk dan digoreng hingga menyerupai bantal lalu diberikan gula bubuk. Analisa omzet sendiri, saya taksir dalam satu pembelian, penjual dapat meraup untung hingga 50% dari harga jual tersebut.

Kue Basah

[img.4] kue-basah-salah-satu-peluang-usaha-makanan
Courtesy of pixabay.com

5. Soes

Macam-macam soes kini banyak ditemukan, dari mulai yang polos hingga yang memiliki toping berwarna-warni. Soes sendiri adalah makanan kue-kue basah yang berisikan cream vanilla, yang kini pun sudah banyak varian rasa cream tersebut

6. Risoles

Jika anda sedang merasa cukup kelaparan, maka risoles (terutama yang isinya daging) akan mengisi perut anda dengan baik! Karna biasanya di dalam risoles terdapat bermacam variasi makanan, baik itu hanya sayur-sayuran atau isian daging yang menggiurkan.

7. Lemper

Satu lagi pengganjal perut andalan, yaitu lemper. Kue basah yang diliputi oleh daun pandan, berisikan nasi yang dipadatkan dan berisi daging ini jadi favorit banyak orang. Maka, biasanya di tiap-tiap box makanan bevent akan tersedia paling tidak lemper ini.

Usaha makanan kue-kue basah ini dapat menjadi sumber income yang besar jika dilakukan dengan serius, karena kue-kue basah ini biasanya diminati oleh perusahaan-perusahaan yang banyak melakukan seminar, workshop ataupun meeting internal. Jika 1 box saja anda bisa untung Rp 5,000 hingga Rp 10,000, bayangkan jika sebuah perusahaan meng-order 20-50an pcs setiap harinya.

Makanan Pecel

[img.5] salah-satu-usaha-makanan-ayam-pecel
Courtesy of makanmana.net

8. Pecel Ayam

Banyaknya usaha makanan ini ditemukan di pinggir jalan, menandakan usaha ini punya potensi yang besar. Makanan pecel ayam ini, kini sudah hampir menjadi ‘Menu Makan Malam’ setiap orang di kawasan Jabodetabek. Hal itu menunjukkan, panganan pecel memiliki pangsa pasar yang besar.

9. Pecel Lele

Makanan ini serupa dengan poin sebelumnya, perbedaannya hanya pada lauknya yaitu lele goreng. Tapi pecel lele sebenarnya juga bisa dijadikan kampanye untuk makan ikan, siapa tahu lain kali muncul menu ikan pecel selain lele yang laris.

Olahan Nasi

[img.6] usaha-makanan-olahan-nasi
Courtesy of pixabay.com

10. Nasi Uduk

Cukup bermodalkan meja, serta alat makan seperti beberapa mangkok besar, tempat kerupuk dan centong, serta olahan nasi uduk dan pelengkapnya kita sudah bisa membuka usaha makanan ini. Dalam satu hari, pasti ada seseorang yang sarapannya adalah nasi uduk, terutama di kawasan kost-kostan karyawan & mahasiswa.

Nasi uduk dibuat dengan menanak nasi dengan daun pandan, sehingga hasil nasi yang didapatkan memiliki aroma pandan khas nasi uduk.

11 Nasi Kuning

Jika ingin sedikit bervariasi, kita bisa menyediakan panganan nasi kuning beserta pelengkapnya selain nasi uduk. Peluang usaha makanan ini selain dapat menyasar para pekerja & mahasiswa sebagai sarapan, anda yang masih pelajar juga bisa menawarkannya kepada teman-teman kelas. Selain anda akan mendapatkan untung, teman-teman anda akan berterima-kasih kepada anda karna secara tidak langsung sudah menyiapkan sarapan untuknya.

Nasi kuning dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan masakan termasuk yang utama yaitu kunyit dan santan. Bahan makanan tersebut yang membuat warnanya kekuningan.

12. Nasi Goreng

Usaha makanan yang berikutnya adalah yang paling populer dibandingkan panganan olahan nasi lainnya, yaitu nasi goreng. Nasi goreng sangat terkenal hingga di setiap rumah makan pasti ada yang menjualnya. Nasi goreng dibuat dengan menggoreng nasi menggunakan penggorengan berminyak panas, dengan tambahan kecap manis sesuai selera.

Ini potensi yang kita bisa manfaatkan dalam bisnis kuliner kita, entah itu membuat usaha nasi goreng baik menetap atau gerobak dorong, atau menambahkan menu nasi goreng ke dalam menu restoran kita.

13. Nasi Gila

Nasi Gila dibuat dengan mencampurkan nasi dengan telor orak-arik yang dicampur dengan banyak varian, biasanya daging, sosis, ati-ampela, bawang bombay, daun seledri, dll.

Olahan Daging

[img.7] bisnis-kuliner-warung-padang
Courtesy of pixabay.com

14. Sate-satean

Dari beberapa olahan daging yang rumit, ada satu olahan daging yang mudah ditemukan di jalan-jalan. Olahan tersebut adalah sate, baik itu sate ayam, kambing atau sate padang.

Beberapa orang memberikan variasi daging yang lain seperti kelinci, kodok, dst. Namun saya tidak menyarankan karena meragukan ke-halal-an dan ke-higienis-an olahan dagin lainnya.

15. Rendang

Terakhir, ada banyak usaha makanan yang menggunakan daging untuk produknya. Tapi tak ada yang mengalahkan ke-enakan sebuah Rendang, baik itu rendang Padang ataupun Jawa. Hal ini terbukti dari terpilihnya rendang sebagai 50 makanan terenak sedunia versi CNN. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

2 Comments

    • Yes! Saya juga suka nasi kuning, cocok sama tempe kering dan telor dadarnya. Kenapa belom ada yg coba mengkreasikan ya? Dikasih ‘brand’ gitu.. hehe 😀

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)