5 Aturan Optimasi Social Media untuk Usaha Kecil Rumahan

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
usaha kecil rumahan
Courtesy of ekokusnur.com/

Dalam membangun usaha kecil rumahan hingga semi workshop bagi ibu-ibu rumah tangga ataupun keluarga kecil kini sudah makin mudah sejak hadirnya social media. Kini mengoptimasinya jadi jalan yang ampuh dan terbaik untuk menjangkau masyarakat internet atau netizen dalam memasarkan usaha anda. Namun sayangnya penggunaan social media untuk marketing produk yang salah dapat menghilangkan potensi pasar yang besar didalamnya.

Hal ini banyak diakibatkan karena kurangnya fokus dalam membaca target pasar serta¬†planning¬†yang buruk pada bisnis anda. Padahal menggunakan¬†social media¬†hingga mengoptimasinya perlu “aturan” yang perlu anda ketahui sebelum melakukan promosi.

[img.1] kesalahan promosi usaha kecil rumahan
Courtesy of honoway.com

Usaha Kecil Rumahan yang Baik, Dinilai dari Aktivitas Bisnis yang Baik

Apa itu “aktivitas bisnis”? Yaitu segala macam kegiatan yang dilakukan bisnis anda untuk menghasilkan profit bagi bisnis anda. Seperti penjualan, pembelian, marketing, promosi dan lain sebagainya. Untuk mendukung aktivitas bisnis tersebut, harus ada saluran penjualan atau funnel¬†yang jadi andalan bisnis anda. Kali ini hal tersebut adalah¬†social media, berikut ada 5 “aturan” agar promosi¬†social media anda dapat maksimal & efisien.

1. Best Delivery (Penyampaian yang Tepat)

Delivery disini maksudnya bukan sistem pengiriman barang yang bagus, namun penyampaian berbahasa anda di social media. Beda target pasar, beda pula cara berkomunikasinya. Coba bandingkan cara komunikasi jual-beli orang-orang yang ada di pasar dengan deal para Direksi perusahaan, berbeda bukan?

Berbicaralah sesuai dengan pendengar anda, dalam hal ini adalah followers. Analisa siapa saja followers anda, cari tahu apa yang mereka suka, tema apa yang suka mereka bicarakan, lalu berbicaralah dengan bahasa tersebut.

2. Engage with Fans (Bangun Ikatan dengan Fans)

Saat bisnis anda terjun ke dunia socmed, maka sangat janggal jika arah bicara hanya dari anda ke fans atau followers anda. Mengapa? Karena social media adalah tempat untuk bersosial, maka seharusnya perilaku komunikasi bisnis anda adalah 2 arah. Dari situ akan lahir interaksi antara bisnis anda dengan followers.

Akan banyak yang terjadi saat bisnis anda telah engage dengan para fans, hal itu bak pisau bermata dua. Di satu sisi dapat melambungkan citra Positive bisnis anda, disatu sisi jika salah treatment justru akan menghancurkan bisnis anda.

Baca juga: 10 Tips Media Sosial Untuk Bisnis

3. Choose a Market (Pilih Target Pasar)

Seperti poin sebelumnya, yaitu target market yang tepat. Pilih kategori pasa anda, apakah masyarakah menengah kebawah atau menengah keatas? Orang yang suka bepergian atau travel, atau orang yang lebih suke berdiam dirumah saat liburan? Orang yang mementingkan kualitas, atau orang yang hanya perduli pada murahnya harga?

Hal itu jadi PR anda yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Mengapa? Karena masyarakat di¬†social media¬†(netizen) beragam jenisnya, jika target kita tidak spesific maka justru kita tidak akan mendapatkan market apa-apa karena telah “dibantai” oleh bisnis lain yang targetnya spesifik.

4. Content Value (Konten Berkualitas)

Berikan konten-konten bergizi di social media, lebih lagi yang mengundang reaksi dari para pembaca baik komentar ataupun share ke social media mereka. Menurut Darmawan PanduanIM.com, di internet konten yang paling banyak mengundang reaksi adalah yang;

  1. Mengundang Kekaguman
  2. Bersifat Lucu & Menyenangkan
  3. Perbandingan Antara 2 Pihak
  4. Mengundang Emosi Marah

Cobalah membuat konten yang temanya antara 4 poin diatas, kemungkinan besar konten anda akan mengundang reaksi netizen secara massif.

5. Different Place, Different Ways (Beda Tempat, Beda Perlakuan)

Bermacam-macam social media tersebar diseluruh dunia, ada facebook, twitter, youtube, instagram, path, weibo, dll. Lantas pilih yang mana untuk melakukan promosi bisnis anda?

Terpenting sebelum itu adalah pahami karakter masing-masing social media. Lakukan seperti apa yang Ridwan Kamil lakukan terhadap social media-nya, di Facebook kang emil terlihat lebih formal, mengumumkan pencapaian-pencapaian pemkot Bandung, di Instagram kang emil tampil lebih santai, main dengan anak, dimakser, dll. Saat ditwitter, kang emil memilih untuk menjawab segala mention yang masuk, baik berupa pujian, dukungan semangat, hingga keluhan di Bandung.

Anda juga bisa mencontoh Brodo Footwear dalam memperlakukan social media yang mereka punya.

Kata Penutup

Pada dasarnya kesempatan untuk memulai bisnis dewasa ini telah terbuka lebar, salah satunya dengan social media. Namun perlu strategi yang jitu untuk dapat memberikan hasil yang maksimal terhadap penggunaan social media bisnis Anda.

[img.2] kesempatan dalam membangun usaha kecil rumahan
Courtesy of dribbble.com
Baca juga: Sukses Promosi di Instagram dengan 17 Strategi Jitu Ini

Setelah mengetahui awalan dari langkah berikutnya yaitu membuat social media, fokuslah dengan satu socmed terlebih dahulu. Dengan begitu anda akan memahami secara mendetail karakter tiap social media. (Raf/NextDigital.co.id)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ūüôā

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

4 Comments

  1. Jujur terima kasih atas suport mas raffi utk suport trik jg ilmu yg bermanfaat sekali buat saya. Say selama ini baru memulai online di facebook dan instagram tp kebanyakan jarang ada yg melihat atw turun order pemesanan. Saya ini rumah tangga dgn 2anak. Saya ingin sekali maju dalam bisnis online tp saya tidak memahami utk memulai harus seperti apa dan bagaimana solusinya utk memasarkan produk makanan yg saya jual. Saya pembuat marcaronie dan cupcake juga makanan rumahan. Terima kasih.

    • Terima kasih atas kesetiaan mbak tris membaca panduan, tips & stratgi bisnis yang kami sediakan disini, semoga kedepannya kami bisa lebih baik lagi ūüôā

      Terkait bisnisnya, berarti dibidang kuliner ya? Untuk facebook baiknya buat Fanpages untk bisnis, caranya bisa dilihat disini -> http://plaza-bisnis.com/cara-membuat-fanspage-facebook/, lalu posting video yang berisikan tips dan tutorial pembuatan cupcakes atau macaronie-nya, lalu share di grup-grup yang bertemakan makanan atau masakan, kemungkinan video tsb akan viral karena di share ulang oleh penghuni grup2 tersebut.

      Untuk instagram malah lebih mudah, mbak tris bisa sediakan foto-foto yang berkualitas tinggi untuk produk makanannya, jangan asal. Bisa cari fotografer anak-anak kampus yang mau praktek gratis, dsb. Serta lakukan 17 strategi ini -> http://plaza-bisnis.com/tips-promosi-di-instagram/.

      Langsung praktek dan semoga sukses ya mbak ūüôā

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)