Trik WhatsApp Sehari-hari untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] trik-whatsapp
Courtsey of Pexels.com

Penggunaan aplikasi¬†WhatsApp rasanya sudah bisa dibilang menggantikan SMS, fitur-fitur yang memanjakan penggunanya makin membuat¬†user beramai-ramai pindah ke aplikasi¬†messenger group dari Facebook ini. Melihat perkembangan ini, rasanya penting untuk mengetahui trik¬†WhatsApp yang bisa Anda gunakan sehari-hari‚ÄĒterutama berbisnis untuk para¬†entrepreneur.

Sekedar pencerahan untuk Anda, mengapa WhatsApp adalah aplikasi messenger No.1 di dunia? Karena sesuai rilis data dari Statista tentang jumlah user yang menggunakan social-media di Dunia, aplikasi WhatsApp dibawah Facebook yang No. 1.

Karena Facebook adalah social-media, maka WhatsApp yang ada dibawahnya kita anggap aplikasi messenger! (meski kini, aplikasi mobile chat sudah dianggap sebagai social-media juga)

[img.2] statistik-social-media
Courtesy of Statista

Memaksimalkan Fitur serta Trik WhatsApp untuk Bisnis

Ada banyak sekali fitur-fitur dari WhatsApp yang bisa memudahkan kehidupan kita sehari-hari, salah satunya adalah memudahkan Optimasi Bisnis yang sedang kita bangun.

Untuk itu, mari kita bahas fitur-fitur dan trik WhatsApp apa saja yang bisa digunakan untuk Bisnis.

BACA JUGA: Ini Dia 7 Bisnis Online Gratis lewat HP yang bisa Kamu Mulai Sekarang!

1. Broadcast Message

Salah satu ‘andalan para pemilik hape¬†Blackberry dahulu adalah bisa melakukan BC atau singkatan dari¬†broadcast ke¬†semua¬†contact yang mereka miliki. Dulu cara ini sangat membantu pebisnis untuk menginfokan adanya Promo atau Produk¬†update dari bisnis yang kita miliki.

Kini, setelah pemakaian Blackberry (bahkan aplikasi chat BBM) berkurang, WhatsApp pun menggantikannya. Untungnya, pada WhatsApp juga terdapat broadcast message juga.

Trik WhatsApp ini harus digunakan dengan hati-hati dan tidak mengganggu, maka dari itu WhatsApp tidak serta-merta membolehkan penggunanya melakukan broadcast ke seluruh contact. Anda harus memilih terlebih dahulu mana kira-kira contact yang tertarik dengan produk Anda.

  • Tips #1; Buat¬†broadcast¬†list sesuai ketertarikan¬†contact akan produk tertentu. Misal; buat¬†broadcast¬†list orang-orang yang suka tas, sepatu, gamis, jilbab, dll.
  • Tips #2; Jangan serta-merta melakukan¬†broadcast tanpa sapaan terlebih dahulu. Sapa dengan salam atau sepatah-dua-patah kata, jika ada respon berarti kemungkinan besar mereka tertarik dengan produk Anda

2. WhatsApp Status

Trik¬†WhatsApp¬†kedua ini makin sering digunakan untuk para¬†ol-shop yang memiliki¬†WhatsApp. Awalnya saya juga tidak ‘ngeh dengan¬†Powerfull-nya fitur ini, karena mungkin memang saya yang jarang lihat status¬†WhatsApp.

Tapi ternyata, setelah saya iseng-iseng lihat status, menarik juga ya penawaran-penawaran mereka lewat¬†status¬†WhatsApp tersebut! ūüėÄ

Maka dari itu, Anda bisa mem-post status yang berisikan Product Update, Limited Offer, Diskon Terbatas, Info-info Komunitas, hingga Product Launch disana. Gunakan warna gambar yang menarik perhatian; Hijau tosca, Biru retro, Pink fanta, dll.

Jangan lupa, sertakan juga detail penawaran Anda. Jangan hanya¬†post gambarnya saja tanpa ada¬†Call-to-Action bagi pembeli. Cukup bilang; “Reply status ini kalau mau Diskonnya yaah”, maka¬†Hari Itu anda akan ‘Banjir’¬†Order.

3. Gunakan Click-to-Chat

Menurut saya, trik WhatsApp yang bernama click-to-chat ini adalah cara Cerdas dalam memberikan Call-to-Action kepada calon pembeli untuk melakukan order. Tapi apa sebenarnya click-to-chat itu?

Pada halaman F.A.Q WhatsApp, dijelaskan bahwa click-to-chat adalah fitur yang memungkinkan kita untuk memulai chat dengan orang lain, tanpa harus memiliki nomor mereka ter-save di contact HP Anda.

“WhatsApp’s¬†Click to Chat¬†feature allows you to begin a chat with someone without having their phone number saved in your phone’s address book. As long as you know this person‚Äôs phone number, you can create a link that will allow you to start a chat with them. By clicking the link, a chat with the person automatically opens.”

Lalu bagaimana kita bisa chat tanpa nomor HP? Bisa dilakukan dengan link khusus sesuai penjelasan di atas. Cara membuat link tersebut adalah dengan melibatkan nomor HP orang yang ingin diajak bicara, dikombinasikan dengan kode-kode khusus yang dapat dibaca oleh WhatsApp langsung.

Lalu bagaimana kode-kodenya?

Untuk membuat link khusus tersebut, gunakan barisan kode di bawah ini;

https://api.whatsapp.com/send?phone=

Setelah tanda “=”, masukkan nomor telepon yang ingin Anda tuju. Maka link tersebut menjadi:

https://api.whatsapp.com/send?phone=085712348765

Untuk mengaplikasikannya, Copy-paste barisan kode yang menyerupai link di atas lalu posting di social-media Anda. Maka ketika ada calon pembeli yang lihat dan tertarik, lalu klik link tersebut maka ia akan langsung tersambung ke WhatsApp nomor tersebut, dalam hal ini adalah Nomor Anda.

Tapi¬†WhatsApp ‘kan adanya di¬†mobile? Apa lantas hanya berfungsi untuk¬†browser HP? Tidak!

Karena WhatsApp juga memiliki WhatsApp Web, maka saat calon buyer melakukan klik di desktop, maka akan diarahkan ke WhatsApp Web.

BACA JUGA: Refresh dan Hilangkan Penat Anda dengan akses 5 Situs Keren Ini!

[img.3] mobile-chat
Courtsey of Pexels.com
Kita semua sama-sama belajar dari fenomena broadcast BBM dulu. Karena fitur tersebut, banyak orang yang tergganggu mendapatkan BC-BC yang tidak jelas dari ragam orang.

Mungkin jika yang melakukan BC adalah public-figure yang kita sudah bersedia menerima info update rasanya tidak masalah. Namun jika teman kita, tetangga kita, teman kantor kita, dan lain sebagainya juga bisa melakukan BC, maka itu sudah mengganggu bukan?

Maka, dalam mengaplikasikan trik¬†WhatsApp ini kita harus hindari hal-hal mengganggu tersebut. Bangunlah dulu interaksi terlebih dahulu, jika perlu buatlah pengumuman di¬†social-media bahwa Anda membuka¬†WhatsApp Group untuk yang ining info¬†update produk Anda. Keren kan?! ūüėČ

Untuk Lebih Advance, Ada Orderlink

Link yang kita buat dengan barisan kode diatas ada kelemahannya, yaitu kita tidak bisa men-track berapa yang klik link tersebut dan darimana asalnya.

Dengan Orderlink, Anda bisa mengetahui angka-angka tersebut. Join waiting list-nya disini, atau klik banner di bawah ini.

Sukses mengaplikasikan startegi-strategi di atas ya! Bagikan pada teman-teman atau¬†team Anda yang perlu tips ini. (Raf) ūüėČ

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ūüôā

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)