Simak 5 Tools Gratis Mencari Ide Bisnis di Internet

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
mencari ide bisnis di internet

Ide bisnis bagi sebagian orang merupakan barang berharga yang tak mudah untuk ditemukan. Namun jangan heran, beberapa orang juga berkata bahwa ide bisnis adalah hal yang biasa dalam kehidupan sehari-harinya. Buktinya mereka yang mengatakan hal tersebut telah menghasilkan berbagai bisnis serta usaha yang tak jarang sukses.

Sebut saja Hasdinar (50), ibu dengan 4 orang anak ini sudah menjalankan lebih dari satu bisnis yang diantaranya: Isi ulang Galon, Herbal Treatment, Menjahit dan Bakery. Perjalanan bisnisnya tidak sebentar, ia memulai bisnis Isi ulang Galon pada tahun 2010 berkat bergabungnya ia kedalam EE program of Muslim Aid. Dari sana ie mendapatkan pinjaman modal sebesar Rp. 3,000,000,-. Semenjak itu ia mengembangkan bisnisnya ke bidang herbal, jahit-menjahit dan kue-kue.

Baca juga: Mengetahui Jenis Bisnis Sebelum Memulainya

Kisah diatas hanyalah satu dari banyak contoh orang-orang yang telah merealisasikan ide bisnisnya. Mereka adalah orang-orang yang berhasil menemukan ide bisnisnya lebih cepat daripada yang lain. Namun, dijaman yang sudah terkoneksi dengan internet ini persaingan bisnis makin ketat. Jika dahulu Bu Hasdinar dengan mudah membuka sebuah bisnis dan sukses, kini perlu strategi lain dalam mencari ide bisnis tersebut.

Strategi itu adalah dengan mengetahui mana bisnis yang sudah tervalidasi sebelumnya.

Jika anda ingin mulai membuka bisnis, ada banyak tools gratis yang beredar di internet. Ini 5 dari beberapa tools bagi anda yang ingin menemukan ide bisnis di internet.

1. Google

Kini, google telah menjadi raksasa pencarian terbesar diseluruh dunia. Archive atau kumpulan data yang ia himpun sudah lebih dari 1 Milyar, hal itu menjadikan Google sebagai alat pencarian web yang paling diminati. Salah satu hal yang paling sering dicari adalah tentang Bisnis.

Dengan Google kita bisa mencari bisnis apa yang sedang berkembang disuatu daerah, bisnis yang banyak peminatnya dan sebagainya. Dengan melakukan riset sederhana dengan Google, maka kita bisa mengambil ide bisnis dari sana, cukup dengan mengetikkan kata kunci (key-word) yang diinginkan, maka Google akan menghadirkan berbagai referensi kepada anda untuk memulai bisnis.

Cari bisnis yang muncul dipaling atas pencarian, lalu klik satu per satu. Setelah itu lihat disana, mana bisnis yang interaksinya baik dengan pelanggan. Hal itu bisa kita lihat dengan komentar-komentar dari para pengunjung, positifkah? Bernada ingin membelikah? Atau malah negative? Dengan data-data ini anda bisa mengambil keputusan mana yang akan anda tiru untuk memulai bisnis di internet.

2. E-Commerce

Menjamurnya e-commerse di Indonesia jadi angin segar bagi para pebisnis pemula. Pasalnya hanya dengan melakukan Sign-Up, lalu masukkan konten jualan seperti; nama, harga, type, jumlah barang, maka kita sudah seperti memiliki toko online sendiri dan Gratis!

Beberapa e-commerce seperti tokopedia.com, bukalapak.com, elevenia.com, olx.co.id, zalora.co.id, lazada.co.id dan lainnya bisa menjadi tempat bagi anda untuk mencari referensi melakukan bisnis di internet yang praktis! Caranya ialah dengan mengetikkan kata kunci di kolom ‘search’ lalu akan muncul banyak produk yang ditawarkan. Nah, disana lihatlah satu per satu manakah diantara mereka yang status penjualannya sudah banyak, kuantitasnya banyak, review yang bagus serta rate (bintang) yang tinggi jika menampilkan fitur rating.

Dengan melihat kualitas produk diatas dan potensi penjualan seperti itu, maka mengapa tidak anda membuka bisnis yang serupa?

3. Google Trend

Tools yang satu ini menurut saya tools yang paling powerfull untuk melakukan riset bisnis anda. Karena dengan ini anda bisa melihat produk apa saja yang sedang naik grafik pencariannya, mana yang stabil, mana yang sekali-kali naik, dan mana yang turun kebawah.

mencari ide bisnis di internet dengan google trend

Melakukan bisnis di internet kadangkala sulit untuk menemukan mana yang bisa bertahan lama, istilah yang populer adalah “evergreen” atau selamanya “hijau”.

Nah, dengan grafik ini anda bisa menentukan apakah bisnis yang akan dijalankan memiliki kecenderungan kenaikan permintaan dalam waktu kedepan? Jika ya, maka bisnis tersebut layak dicoba. Jika tidak, maka anda harus dengan berani meninggalkannya.

4. Facebook

Media social yang telah mencapai 1.4 milyar pengguna ini menjadi salah satu media social paling canggih di Abad ke 21. Kini, para penggunanya sudah mulai menggunakan facebook sebagai alat marketing bisnis. Maka tak salah jika facebook jadi salah satu ‘gudang’ ide bisnis bagi para pebisnis khususnya pebisnis Online. Hanya dengan mengetikkan kata kunci di kolom search, maka anda sudah bisa melihat berbagai macam Fanpages dengan varian produk yang tak kalah banyak pula.

Fitur ‘Search’ yang kini sudah berganti menjadi ‘Graph Search’, makin memanjakan user untuk menemukan bisnis yang sesuai dengan minat masing-masing. Tips sederhananya adalah dengan mengetikkan kata kunci, lalu kunjungi satu- per satu fanpages yang muncul dihasil pencarian.

mencari ide bisnis di internet dengan facebook graph

Lalu analisa manakah diantara mereka yang memiliki banyak like (untuk fanpages), maupun followers & friend (untuk profile). Selanjutnya intip satu per satu status yang mereka posting terutama posting produk, manakah yang mengundang interaksi (comment, like & share) paling banyak. Jika sudah ketemu, maka itu adalah salah satu potensi bisnis di internet lewat facebook untuk anda jalani.

5. Twitter

Media social kedua yang paling sering digunakan untuk berbisnis adalah twitter. Cara mengupdate status yang hanya menyediakan 140 karakter memang jadi tantangan bagi para pebisnis untuk mempromosikan produknya. Namun twitter dengan 140 karakternya bisa lebih powerfull lagi dalam mendatangkan interaksi, seperti mention & retweet, hal itu membuat customer atau fans menjadi lebih dekat dengan brand.

mencari ide bisnis di internet dengan twitter search

Anda bisa mengetikkan kata kunci (key-word) dalam kolom ‘Search’ untuk mendapatkan berbagai macam ide bisnis yang potensial. Fitur yang dapat menampilkan pencarian status, profile maupun foto memberikan kemudahan bagi anda untuk mencari inspirasi dalam memulai sebuah bisnis di internet.

Baca juga: Ini Kiat Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Melakukan Bisnis di Internet sebenarnya Mudah, Asal Matang Ide & Planningnya

Pada dasarnya formula berbisnis itu mudah, anda punya produknya dan anda miliki ide yang matang. Bisnis di internet bisa sukses apabila anda berhasil melakukan riset, sederhananya dalam mencari ide bisnis yang potensial adalah yang ramai dikunjungi orang.

Sering lihat bukan minimarket yang ramai dikunjungi orang, lalu disebelahnya atau jarak beberapa meter darisana dibuka lagi minimarket terbaru?

Tapi sebagai pebisnis yang inovatif, sebaiknya anda memiliki sebuah keunikan dalam produk maupun bisnis anda. Cara agar bisnis anda sukses adalah sederhana, cari yang paling banyak dicari, lalu berikan 1 nilai tingkatan yang lebih tinggi diantara yang lainnya. Selamat mencoba! (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI YA! 🙂

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

4 Comments

    • Betul mas, di internet itu sudah benar-benar mudah kalau mau cari inspirasi berbisnis. Ada yang berhasil, tinggal contek dan tambahkan 1 nilai lebih. Tools diatas hanya 5 dari banyak tools lainnya. Sukses ya! 🙂

  1. Pengalaman saya lebih mudah jualan online di facebook, dibanding situs jual beli online selain itu pembayaran langsung bisa kita terima tanpa menunggu beberapa hari. Namun untuk mendapat konsumen agak susah karena belum memiliki testimoni dan bukti transaksi

    • Yaps! Itu tantangannya berjualan di FB. Tapi untungnya, di Facebook engagement kita dengan audience akan lebih terbangun.. belum lagi branding yang bisa dibangun.

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)