Mengetahui Strategi Pemasaran P4 untuk Mengaplikasikannya Pada Bisnis3 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing đź”— & Master Facebook Ads đź”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Strategi Pemasaran P4
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketing. Founder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Dalam proses-proses bisnis ada banyak teori yang bisa Anda gunakan untuk mendorong laju perkembangan usaha Anda. Salah satu teori yang paling dikenal orang adalah Marketing Mix – Strategi Pemasaran P4; product, price, place, promotion.

Jika Anda salah satu orang yang baru mendengar, atau pernah mendengar tapi belum memahami betul-betul bagaimana teori P4 tersebut berdampak pada bisnismu, maka artikel ini tepat untuk Anda.

Kali ini saya akan membahas pemahaman tentang apa itu Product, Price, Place & Promotion dalam Marketing Mix.

Pengertian Basic Tentang P4 dalam Strategi Pemasaran P4

[img.2] Pengertian Dasar Teori P4
Courtesy of Pixabay.com
Marketing Mix berguna bagi bisnis agar dapat mengontrol banyak marketing tools untuk menciptakan demand pada market atau pasar yang sebuah usaha tuju.

Marketing Mix ini dibagi menjadi 4 grup variabel yang umumnya dikenal dengan 4P. Penjelasan masing-masing adalah sebagai berikut.

1. Product

[img.3] Produk dalam Strategi Pemasaran P4
Courtesy of Pixabay.com
Variable pertama adalah produk, dalam strategi pemasaran 4P variabel ini adalah variabel yang terpenting Pertama. Meski begitu, diluar variabel 4P ini ada lagi yang lebih penting daripada produk, ini terjadi karena bergesernya trend yang menjadi customer oriented sehingga elemen terpenting diluar semua ini adalah adanya market untuk produk Anda.

Finalnya produk yang kita tawarkan ke market sangat penting bagi image bisnis kita. Jangan sampai sebuah produk yang belum final ditawarkan ke publik.

Tapi sebuah produk tidak perlu ditunggu hingga Sempurna, karna kalau begitu Anda jadi takkan pernah meluncurkan sebuah produk.

BACA JUGA: Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Personal Branding

2. Price

[img.4] Pricing Marketing Mix
Courtesy of Pixabay.com
Strategi pricing juga jadi model marketing terbaru yang bisa meningkatkan konversi penjualan produk atau service Anda.

Dengan pricing yang benar, maka kita bisa menawarkan opsi-opsi paket yang bisa membawa keuntungan bagi kita sebagai penyedia begitu juga bagi pelanggan kita.

Kegagalan menentukan pricing bisa merugikan kedua belah pihak, untuk penjual boleh jadi price yang kita berikan terlalu murah sehingga menyiksa kita sebagai penyedia jasa.

Atau bisa jadi merugikan konsumen karena terlalu mahal, sehingga terciptanya returning customer menjadi mustahil. Pricing yang tepat akan memberikan kombinasi strategi pemasaran P4 terbaik untuk Anda.

Loading...

3. Place

[img.5] Place salam Strategi Pemasaran P4
Courtesy of Pixabay.com
Variabel ketiga yaitu Place atau Tempat menjadi faktor pendukung setelah produk dan harga. Faktor ini mungkin sangat penting ketika dulu internet belum menjadi fenomena di seluruh dunia. Tapi kini, dengan adanya internet faktor Place menjadi kurang berpengaruh dalam strategi pemasaran P4 ini.

Karena dengan adanya Internet kita bisa menjajakan produk ataupun service kita melalui channel social-media, website, marketplace, e-commerce, dan lain sebagainya tanpa perlu tempat fisik.

Ataupun jika ingin dimasukkan, Place bisa dikategorikan sebagai tempat dimana (channel apa) kita menawarkan bisnis kita. Baik itu Facebook, Instagram, Website, Marketplace, dan lain-lain

BACA JUGA: Strategi Marketing & Studi Kasus para Guru Marketing Meningkatkan Slaes dengan ‘Kolam Bisnis’

4. Promotion

[img.6] Promosi
Courtesy of Pixabay.com
Terakhir, adalah variabel Promotion. Pada variabel ini menentukan bagaimana bisnis yang sukses adalah bisnis yang bisa berhasil menyentuh target customernya lewat promosi-promosi yang ‘ngena’!

Promosi-promosi ini harus seefektif mungkin sehingga bisa memberikan revenue yang tinggi dengan budget yang minimalis.

Variabel ini bisa disebut sebagai ujung tombak dari strategi pemasaran P4

Bagaimana Strategi Marketing Mix Bisa di Aplikasikan pada Bisnis Anda?

[img.7] Aplikasi Marketing Mix pada Bisnis
Courtesy of Pixabay.com
Pengaplikasian variabel P4 di atas pada bisnis bisa dilakukan lewat tooltool yang cocok dalam setiap variabel.

Misalnya, untuk menjalankan variabel Product maka tool yang perlu dipakai adalah; variasi produk, kualitas, design produk, nama produk, dll.

Price bisa dilakukan lewat; diskon, paket bundling, periode pembayaran, dll.

Place bisa diaplikasikan lewat; channel, lingkup, inventory, logistik, transportasi pengiriman, dll.

Sedangkan promotion bisa dilakukan lewat; Advertising, Personal selling, PR, dll.

Semua tool tersebut harus bisa dikombinasikan agar team dapat mencapai goal bisnis atau perusahan, lewat variabel yang terukur sehingga dapat dianalisa formula keberhasilan paling unggul dalam Marketing Mix.

Tapi yang paling penting, proses Marketing Mix ini hanya akan terjadi dengan ketajaman analisa serta kerjasama antara satu divisi dengan divisi lainnya.

Maka efek sampingnya, teamwork suatu bisnis atau perusahaan akan teruji dengan tepat lewat strategi pemasaran P4 – Marketing Mix.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.