7 Strategi Pemasaran Jasa yang Pas dilakukan di Era Digital Sekarang Ini4 min read

 

[img.1] Strategi Pemasaran Jasa lewat Digital
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Jika Anda memiliki skill sedikit saja yang berbeda dan jarang dimiliki banyak orang, skill tersebut sudah bisa Anda pakai sebagai awal mula Bisnis Jasa. Apalagi jika ditambah dengan strategi pemasaran jasa yang berkaitan dengan teknologi informasi sekarang, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan dicari orang banyak.

Tetapi memiliki skill, bukan berarti Anda tiba-tiba bisa sukses membangun bisnis Jasa pribadi. Ada banyak sekali faktor-faktor mulai dari pengetahuan manajemen Bisnis, riset pasar, hingga trik-trik promosi atau pemasaran.

Medium Digital & Internet sebagai Strategi Pemasaran Jasa Anda

[img.2] Medium Digital Pemasaran
Courtesy of Pixabay.com
Ilmu dan semangat mungkin modal paling penting untuk memulai semua jenis bisnis. Tapi yang paling menentukan berjalannya bisnis adalah bagaimana cara pemasaran bisnis Anda itu.

Meski terasa sulit memasarkan bisnis jasa, tetapi dengan berkembangnya teknologi informasi kini makin membuat kita mudah dalam melakukannya. Mulai dari socialmedia, website, dan lain sebagainya.

Untuk itu, saya akan membahas 7 bentuk promosi digital sebagai strategi pemasaran jasa yang bisa Anda lakukan.

BACA JUGA: Order Laris dengan 3 Strategi Pemasaran Produk Jasa ini!

1. Foto & Video Posting di Social-Media

Sebagai UKM, hal yang paling bisa Anda gunakan dari pemasaran digital dengan maksimal meskipun budget minim, yaitu adalah socialmedia.

Dimulai dari membuat akun socialmedia, adalah merupakan salah satu hal fundamental dalam rangkaian strategi pemasaran jasa digital. Setelah itu maksimalkan dengan posting berbagai foto & video yang berkaitan dengan Bisnis Anda disana.

Strategi tambahan, sebagai bisnis Jasa Anda juga bisa mem-posting hal-hal ‘balik-layar’ ketika proses jasa berjalan tanpa mengungkap rahasia-rahasia bisnis yang fundamental.

2. Website dengan TLD (Top Level Domain) ataupun Gratisan (WordPress.com, Blogspot, dll)

Memiliki website akan sangat memudahkan calon customer untuk melihat dibidang apa Bisnis Anda berjalan. Terutama bisnis jasa atau service, website akan memperlihatkan service apa saja yang Anda sediakan.

Karena berbeda dengan produk fisik, maka Anda harus menjelaskan poin-poin jasa dengan singkat namun juga jelas. Hal ini sebagai strategi pemasaran jasa akan meningkatkan closing rate karena calon customer tahu betul apa yang akan Anda lakukan.

3. Social-Media Ads

Ketiga, untuk Anda para UKM yang sudah memiliki budget untuk melakukan promosi, silahkan mencoba untuk beriklan di platform socialmedia Facebook & Instagram.

Beriklan di kedua socialmedia ini cenderung lebih mudah daripada socialmedia lain, karena pembayaran yang mudah (tidak perlu kartu kredit). Melihat userbased yang memang sudah besar, rasanya Anda tidak perlu beriklan di platformlain sebagai bentuk strategi pemasaran jasa Anda.

4. Aplikasi Chat Messenger (WhatsApp, Messenger, LINE, Telegram, dll)

Selain 2 platform digital di atas, sebagai UKM Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi chat messenger baik sebagai platform berkonsultasi, contact person ataupun promosi melalui fitur blast.

Meski belum terlalu populer dibandingkan socialmedia, sifat aplikasi chat yang lebih personal memiliki konversi sales yang tinggi.

Tapi biasakan untuk tidak melakukan SPAM dengan mengirimkan pesan ke nomor yang belum mengetahui siapa Anda.

BACA JUGA: Langkah-langkah membangun Usaha Jasa & Service yang Otoritatif

5. Solo Ads di Website-website Besar

Jika bisnis Anda sudah makin bagus, arus kas sudah stabil sehingga Anda makin memiliki porsi budget promosi yang besar, Anda bisa beranjak beriklan di websitewebsite besar seperti Detik, Republika, Okezone, dan lain sebagainya.

Strategi pemasaran jasa melalui Solo Ads ini akan makin membuat target promosi Anda meluas, karena pembaca websitewebsite tersebut yang besar.

Tips tambahan, Anda bisa coba dulu beriklan di media-media besar kota tempat Jasa Anda berada. Sehingga target market bisa lebih spesifik dan budget promosi pun efisien.

6. Google Ads (website, youtube, mobile-apps)

Hampir sama dengan SocialMedia Ads, Google Ads memberikan keleluasaan bagi siapapun yang ingin beriklan disini dengan syarat-syarat tertentu.

Apalagi jika Anda sudah memiliki media promosi berupa video, maka Anda bisa menargetkan Youtube sebagai media promosi Anda.

Begitu juga dengan iklan di aplikasi-aplikasi, banyaknya pengguna Android yang melihat iklan Anda akan memperluas bisnis Jasa Anda dimata market.

7. Digital Banner

Terakhir, mungkin adalah strategi pemasaran jasa era digital yang paling besar budgetnya, yaitu Digital Banner yang ada diseluruh Kota-kota.

Sudah ada banyak sekali bannerbanner atau baliho yang kini sifatnya digital, berbentuk layar televisi dengan pergerakan yang dinamis dibandingkan banner atau baliho statis.

Agen-agen periklanan ini bisa Anda lihat di Warna-Warni Indonesia, Mediamove, dan lain sebagainya.

Tidak Hanya Jasa, Pemasaran Digital berguna untuk Semua

[img.3] Strategi Pemasaran Jasa lewat Customer Service
Courtesy of Pixabay.com
Berkembangnya teknologi digital membuat model pemasaran, periklanan atau marketing keseluruhan makin berkembang dan memenuhi sisi kehidupan setiap manusia.

Meski begitu, pemasaran sebuah bisnis Jasa atau Brand secara umum tidak boleh terlalu mendominasi aktivitas Bisnis. Kewajiban moral berupa aktivitas sosial juga harus Anda perhitungkan ketika bisnis kita sudah menyentuh ranah kehidupan banyak manusia.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.