8 Langkah Membuat Strategi Marketing Promosi Sukses

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
strategi marketing promosi

Membangun bisnis online, selain tools dan product yang harus disiapkan, ada hal penting yang tak boleh ketinggalan. Apa itu? Yaitu elemen marketing dan promosi. Dengan ada elemen terakhir tersebut, maka penjaringan customer anda akan lebih mudah.

Strategi yang sedang populer saat ini adalah dengan cara melibatkan pelanggan Anda dalam merk (brand) Anda. Alasannya sederhana, setiap orang yang terlibat emosi dengan suatu hal, tentu akan memprioritaskan hal tersebut dibanding yang lain, begitu juga dengan brand. Dengan merasa terlibat, maka pelanggan akan loyal terhadap brand kita, tentu hal ini menguntungkan kita ditengah gencarnya persaingan bisnis yang merebutkan customer-customer yang potensial.

Strategi Marketing Promosi tidak selamanya seperti beriklan

Membuat pelanggan terlibat diperlukan kreativitas yang tak berujung dalam jenis promosi brand kita. Berikut bisa jadi referensi bagaimana strategi marketign dan promo sukses.

1. Jadikan Brand Anda berperan penuh dalam memberikan Solusi

Para pelanggan dalam memilih produk maupun jasa bergantung pada pertanyaan, “Apakah ini solusi permasalahan saya?”. Jika brand Anda bisa menjawabnya, maka pekerjaan marketing Anda lebih mudah dari sebelumnya. Produk seperti ini selain mendapatkan customer, juga akan mengundang word of mouth dikalangan pelanggan.

Buat seolah-olah produk Anda berteriak, “Kamilah solusi untuk Anda!”.

Baca juga: Pelajari Bagaimana AppSumo Memulai Bisnisnya dengan $50

2. Market yang Tepat

Memasarkan produk yang tidak diinginkan orang bukan hanya buang-buang tenaga, namun juga pemborosan yang membuat rugi. Anda belum memiliki pelanggan, namun sudah merugi? Bayangkan itu. Maka cara dasar membuat produk yang baik ialah dengan mengetahui target pasar yang tepat, dengan begitu promosi yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Menjual jaket berbulu tebal tidak akan laku (atau kurang laku) jika dilakukan dinegara beriklim panas dan tropis.

3. Gunakan Kata-Kata yang Menarik dan sub-nya saat Berpromosi

Kata-kata memancing, bermain perasaan dan provokatif akan memancing klik dalam promosi Online Anda. Berikan judul yang akan membuat orang ingin membaca lebih lanjut, diakhir artikel Anda baru bisa mempromosikan produk Anda.

Kini, promosi lebih mengedepankan sisi story. Selain lebih menarik audience, hal ini bisa meningkatkan branding serta keterlibatan emosi pelanggan dalam brand kamu.

4. Sampaikan Pesan dengan Jelas

Trend menampilkan iklan dalam bentuk grafis memang banyak akhir-akhir ini. Walau hal itu mengundang banyak pengunjung, namun jangan lakukan secara berlebihan, karena pengunjung tidak hanya ingin melihat gambar pada iklan saja.

Pakar iklan terkenal, David Ogilvy pernah berkata, “Saya tidak menganggap iklan sebagai hiburan atau sebuah bentuk seni tetapi sebagai media informasi. Ketika saya menulis sebuah iklan, saya tidak ingin Anda sekedar memberitahu tahu bahwa saya kreatif. Saya ingin Anda tertarik hingga Anda membeli produk tersebut.” Anda tidak dapat membuat orang lain memperhatikan pesan-pesan yang membosankan atau tidak jelas.

5. Tes Strategi Promosi Anda dengan Pesan yang Ekstrim

Dari sekian banyak studi kasus yang ada, terbukti bahwa pemasaran ekstrim itu works! Hal-hal negatif dan kesalahan justru mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat. Ini beberapa contoh headline pemasaran ekstrim itu.

  • Bagaimana Meledakkan Omzet-mu Hingga Milyaran!
  • Sehari Berbisnis, Besok langsung Resign! Cari tahu disini.
  • Waspada Bisnis Anda Bangkrut dalam Seminggu!

Judul diatas kemungkinan besar akan dilirik pembaca, karena sifatnya yang begitu ekstrim.

6. Gunakan Promosi yang Berkelanjutan

Ini cara yang marak digunakan oleh content marketer sekarang ini. Dengan menawarkan insentif yang menarik, pelanggan akan bersedia “di-follow-up” pada hari-hari berikutnya. Bagaimana mem-follow-up-nya? Yaitu lewat e-mail marketing. Pelanggan akan menukarkan kontak e-mailnya dengan insentif yang kita berikan berupa e-book, video tutorial, atau webinar. Berikut contoh-contohnya:

  • Hubungi kami hari ini untuk perhitungan pinjaman pegadaian gratis.
  • Download resep ebook gratis yang menggunakan rempah-rempah dan bumbu kami.
  • Mampir hari ini untuk vas gratis untuk bunga di Hari Ibu.

Keterkaitan ini yang akan membuat pelanggan setia menunggu-nunggu “surat cinta” dari Anda. Dengan begitu, brand Anda akan memiliki keterkaitan emosi dengan mereka.

7. Memanfaatkan benda, bentuk, dan ukuran yang tidak biasa

Ketika produk Anda ingin dikenal, maka unique-ness sangatlah diperlukan. Dengn begitu perhatian pelanggan akan tertuju pada Anda. Keunikan itu bisa ada pada warna, cara pesan disampaikan, bentuk dan lain-lain.

Carlsbad Brewery pernah menjatuhkan paspor palsu di sistem kereta bawah tanah New York City untuk memberitahu target pasar mereka tentang produk baru yang mereka luncurkan. Mencari paspor di kereta bawah tanah benar-benar hal yang tak terduga; itu bukan sesuatu yang bisa Anda lihat setiap hari sehingga pesan Carlsbad pun berhasil mendapat perhatian target pasarnya.

Baca juga: Ini Kiat Memulai Bisnis Online bagi Pemula

8. Jawab secara langsung “Apa untungnya bagi calon pelanggan?”

Holiday Inn Express mengiklankan bahwa motel mereka memiliki showerhead nomor satu berdasar penilaian pelanggan. Pernahkah Anda diminta untuk menilai sebuah shower? Holiday Inn menemukan ini penting untuk target pasar mereka dan mengkomunikasikan pesan ini langsung kepada mereka. Anda dapat mendengarkan dan membaca semua tentang fitur dari Holiday Inn Express, tapi mendengar tentang nomor satu showerhead dari penilaian pelanggan ini adalah sesuatu yang semua pengunjung inginkan. Apa manfaatnya bagi mereka? Shower yang istimewa. Shower yang unggul mendapatkan perhatian.

Kesimpulan

Membuat brand Anda sukses bukan hanya dengan menjadikannya pusat perhatian diantara calon customer yang jadi rebutan setiap brand. Masih banyak yang perlu diperhatikan, jika langkah ini saja Anda sudah keberatan mencoba dan kewalahan, maka kedepannya akan datang hal yang lebih sulit lagi. Semoga 8 tips diatas memudahkan Anda mempromosikan bisnis Anda dan selamat mencoba! (Raf/Srb)

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)