Strategi Penjualan Efektif dengan Memberikan Produk Digital Gratis atau Leads!3 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing đź”— & Master Facebook Ads đź”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Strategi Jualan
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketing. Founder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Sudah banyak strategi penjualan yang diterapkan oleh para pebisnis di seluruh dunia. Beberapa di antaranya makin berkembang lebih advance, beberapa lagi sudah mulai ditinggalkan. kali ini Mari kita bahas tentang strategi penjualan terbaru dengan menggunakan produk digital gratis.

Meski belum semuanya akrab dengan produk digital, tapi nyatanya sudah banyak para marketer yang menggunakan produk tersebut sebagai salah satu strategi penjualan mereka.

Salah satu bisnis yang sering menggunakan strategi ini adalah Niagahoster. Perusahaan penyedia jasa web hosting dan domain ini sering memberikan tutorial berbentuk e-book atau cheat sheet, dan mereka memberikannya dengan syarat seseorang harus memasukkan nama beserta emailnya.

[img.2] Ebook Gratis
Courtesy of Niagahoster
Inilah salah satu strategi penjualan lewat produk digital gratis, atau juga sering disebut sebagai leads ya nantinya akan subscriber akan di-follow up melalui email untuk penawaran selanjutnya.

Langkah Awal Strategi Penjualan dengan Menggunakan Produk Digital Gratis

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan sebelum menerapkan strategi penjualan ini. Salah satu yang paling penting adalah mempersiapkan produk digital yang akan anda bagikan.

Produk digital gratis yang bisa anda persiapkan memiliki bermacam bentuk atau model. Bisa berbentuk e-book, video tutorial, membership, dan konten freemium lainnya.

BACA JUGA: Membangun Sistem ‘Mesin Uang’untuk Kebebasan Finansial Anda

1. Persiapkan Produk Digital Gratis Anda

[img.3] Persiapan Produk Digital
Courtesy of Pixabay.com
Salah satu cara yang tepat untuk menentukan produk digital anda, yaitu dengan mengidentifikasi ada di bidang mana bisnis anda berjalan.

Jika bisnis anda seperti niagahoster yaitu menjual service digital, maka tentu tema produk digital yang perlu anda persiapkan haruslah berkaitan dengan service digital pula.

Namun jika bisnis anak bergerak di bidang yang lain, maka anda bisa mencari tema yang sesuai dengan bisnis anda.

Langkah ini meskipun ada di awal tapi sangat krusial, langkah ini yang menentukan sukses atau tidaknya strategi penjualan anda menggunakan produk digital gratis.

2. Tentukan Model Produk Digital Anda

[img.4] Model Produk Digital
Courtesy of Pixabay.com
Seperti penjelasan saya sebelumnya, ada beberapa model produk digital yang bisa anda pilih.

Salah satu model produk digital yang sering marketer pilih untuk sebuah leads adalah e-book. Hal ini lantaran e-book mudah diproduksi, cukup dengan materi atau konten yang sesuai dan kemampuan menulis anda sudah bisa memproduksinya.

Namun ada pula beberapa marketer yang memilih model software atau tools, mungkin karena mereka mempunyai resource yang cukup & pertimbangan produk tersebut lebih diminati

BACA JUGA: Waktu-waktu yang Tepat Mengirimkan Email Marketing

3. Eksekusi Lalu Mulai Bangun Sistem Distribusi Produk Digital Anda

[img.5] Eksekusi Strategi
Courtesy of Pixabay.com
Sistem distribusi ini yang mungkin menjadi PR besar untuk banyak marketer. Karena di sini terdapat skill atau kemampuan yang tidak semua marketer miliki.

Seperti penguasaan tools, referensi serta kecakapan menggunakannya. Anda bisa menyempurnakan skill anda untuk memenuhi langkah ketiga ini, agar strategi penjualan lewat leads ini dapat berhasil dan bersifat otomasi.

Beberapa sistem yang bisa anda gunakan untuk poin ketiga ini yaitu:

4. Coba Sistem Distribusi Produk Digital Anda

[img.6] Coba Sistem
Courtesy of Pixabay.com
Setelah membangun sistem yang baik, sebelum dilempar ke publik anda harus mencobanya terlebih dahulu.

Jika anda menggunakan sistem email marketing, coba masukkan email anda apakah sistem yang berfungsi atau tidak.

Begitu juga dengan sistem yang lain, cobalah hingga anda yang memposisikan diri sebagai orang lain merasa nyaman dengan sistem tersebut.

Strategi Penjualan dengan Produk Digital tidak Serta Merta Akan Berhasil

Menggunakan sistem atau strategi produk digital gratis ini tidak serta merta membuat penjualan produk atau servis anda melesat tiba-tiba.

Anda perlu melakukan beberapa percobaan atau split-test, produk digital seperti apa yang dapat membuat target audiens anda terkonversi menjadi pembeli produk atau servis anda.

Beberapa marketer telah berhasil menggunakan strategi penjualan dengan produk digital gratis ini, namun ada juga yang gagal dalam melakukannya.

Tapi tetaplah mencoba, tapi tentu dengan batas-batas yang rasional. Jika di pertengahan jalan anda tidak berhasil, mungkin anda bisa mencari mentor terbaik atau mengganti strategi penjualan anda.

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.