Langkah Mengumpulkan List Email Prospek untuk Bisnis Anda dengan Tehnik Email Marketing3 min read

Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Sudah ada beberapa tips & trik saya bagikan lewat artikel di website Plaza Bisnis ini tentang email marketing. Artikel kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana Anda sebagai seorang marketer bisa membangun list calon prospek menggunakan tehnik email marketing.

Tapi harus diketahui, bahwa tidak semua bisnis perlu strategi email marketing.

Kebanyakan yang sering menggunakan tehnik ini, adalah bisnis-bisnis yang mayoritas transaksinya menggunakan media online, skala kecil (online shop) ataupun besar (e-commerce). Serta bisnis perseorangan yang bentuk produknya digital seperti software, tools, aplikasi, jasa, dan lain-lain.

Email Prospek Sebagai Data Calon Pembeli Anda

[img.2] Prospek Customer
Courtesy of Unsplash.com
Email akan sangat membantu Anda melakukan penjualan secara diam-diam. Mengapa? Karena menggunakan e-mail, campaign Anda akan langsung masuk ke inbox penerima.

Berbeda dengan di social-media, publik akan mengetahui bahwa bisnis Anda sedang mempromosikan produk atau lini jasa terbaru.

Email ini akan sangat berguna, terlebih lagi jika data e-mail Anda sudah tertarget yang memang tertarik dengan produk tertentu. Hasilnya nanti, konversi sales bisa sangat besar.

BACA JUGA: Menerapkan Konsep Pemasaran yang Tepat untuk Produk dan Perusahaan Anda

Langkah-langkah Mengumpulkan List Email Prospek

Untuk mengumpulkan list email, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal. Akan Saya bahas selengkapnya di bawah ini.

1. Freebies, File Produk Digital Gratis

[img.3] Freebies
Courtesy of Pixabay.com
Istilahnya freebies, atau freemium. Artinya adalah sebuah produk digital, yang bisa di download atau dibuka menggunakan PC dan laptop penerima.

File ini bisa berupa PDF, Audio MP3, atau Format Video. Tapi yang perlu diperhatikan, produk digital ini adalah sesuatu yang bermanfaat atau bisa membantu kebutuhan Anda.

Saya pernah membahas langkah-langkah membuat produk digital pertama Anda pada postingan yang ini.

2. Landing Pages

[img.4] Landing Pages
Courtesy of Unsplash.com
Kedua, setelah Anda mempersiapkan produk digital Gratisnya, Anda perlu mempersiapkan halaman dimana pengunjung bisa mengakses atau mendownload produk tersebut.

Tentunya, di halaman itu akan ada form online yang mengharuskan pengunjung untuk mengisi sebagai syarat mendapatkan akses download freebies tersebut.

Anda juga bisa memberikan variasi selain form, yaitu dengan chat ke WhatsApp, atau inbox ke akun Anda, dan lain sebagainya. Intinya adalah bagaimana nanti mereka bisa Anda prospek untuk tawaran produk Anda nanti.

BACA JUGA: Simak 5 Tools Gratis Mencari Ide Bisnis di Internet

3. E-mail Series atau Serial E-mail

[img.5] Email Series
Courtesy of Pixabay.com
Tentu mereka yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan freebies kita tidak bisa langsung ‘dijuali’ begitu saja. Ada treatment yang harus dilakukan sebelum mereka ‘siap’ ditawarkan produk.

Treatment yang paling tepat adalah dengan serial e-mail. Maka itu Anda harus mempersiapkannya.

Persiapkan apa e-mail hari ke-1, ke-2, ke-3 dan seterusnya. Lalu sampai hari yang Anda tentukan, tawarkan produk atau jualan Anda.

Beberapa Guru Marketing mengungkapkan bahwa pada hari ke-6 baru seseorang siap untuk membeli produk Anda.

4. Produk atau Penawaran

[img.6] Penawaran
Courtesy of Unsplash.com
Terakhir, tentu Anda haruslah memiliki sebuah penawaran atau produk yang nanti akan Anda jual kepada subscriber. Jika tidak, apa gunanya strategi e-mail marketing ini?

Kemaslah penawaran Anda juga menggunakan Landing Pages atau Sales Pages yang professional dan meyakinkan. Karena akan sangat disayangkan jika rangkaian e-mail marketing ini gagal karena sales page yang tidak convert.

Penerapan Strategi Email Marketing perlu Menggunakan Software

Seperti pada paragraf sebelumnya, ada software yang perlu Anda gunakan untuk bisa melakukan strategi e-mail marketing ini.

Anda bisa mencoba GetResponse, sebuah online software yang akan memanage list subscriber Anda dan dengan otomatis mengirimkan serial email Anda.

Silahkan coba Gratis selama 30 hari disini.

Semoga Anda bisa menerapkannya, dan memberikan hasil yang maksimal!

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.