Strategi Bisnis Ritel: Tips agar Produk jadi Rebutan!

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
Strategi Bisnis Retail
Courtesy of beritadaerah.co.id

Pasar bisnis ritel di Indonesia sudah sangat besar semenjak dulu. Saat belum banyak cara-cara pemasaran online, bisnis ritel ini menggeliat luar biasa lewat supermarket-supermarket besar di Indonesia.

Lihat saja Carefourr (kini sudah diakuisisi oleh Trans Group –Trans Mart) yang masih Berjaya sekarang, lalu disusul Giant, lalu Pasaraya Grande, SOGO, Golden Truly yang memperbaharui brand­ mereka dan terakhir TIP-TOP.

Beberapa pendahulu sebelumnya sudah lebih dulu gulung tikar, karena saya sudah tidak pernah lagi melihat beberapa diantaraya, seperti Borobudur, GORRO (kalau tidak salah namanya), Ramayana (walau masih ada, tapi sangat sedikit sekali).

Pada dasarnya bisnis ritel, atau sering disebut bisnis eceran adalah salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis.

Mengulik Strategi Bisnis Ritel Secara Maksimal

Masuk ke pasar ritel juga perlu strategi yang tepat, karena selain pemainnya banyak pasar yang ditembak sangatlah luas. (abroad)

Strategi bisnis ritel yang umum biasanya menggunakan media besar seperti TV dan radio, karena jarang sekali mereka yang bermain di pasar ritel ini memiliki produk spesifik. Namun ini merupakan strategi kuno, banyak brand besar sudah mengubah arah pemasarannya sekarang ini.

Lalu bagaimana para brand pemasar produk ritel sekarang ini menerapkan strategi bisnis mereka? Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

BACA JUGA: Mengetahui Jenis Bisnis Sebelum Memulainya

1. Fokuskan ke Satu Segmen Produk Utama yang Memiliki Niche Besar, tapi Juga Tawarkan Produk Sampingan (Pendukung)

Cobalah liat Informa, ACE Hardware dan IKEA, ketiga pemasarn ritel tersebut begitu jelas menentukan dengan spesifik produk utama mereka. Namun disamping itu, mereka juga menawarkan beberpa opsi produk pendukung sebagai pilihan untuk konsumen.

[img.3] Fokus Salah Satu Strategi Bisnis Ritel
Courtesy of industri.kontan.co.id
Pem-fokusan produk seperti ini sangat menguntungkan dalam sisi branding bisnis ritel tersebut. Sekarang, kelas menengah ke-atas sudah pasti akan menuju salah satu dari ketiga took diatas untuk mencari produk furniture atau rumah tangga. Kalau mereka bisa, mengapa bisnis ritel local tidak bisa?

Further Reading: Meledakkan Penjualan 1000% dengan Coaching dari Tom MC Ifle

2. Maksimalkan Kanal e-mail marketing

Beberapa waktu lalu, saat ZALORA menawarkan vouher diskonnya, saya secara sadar dan sengaja menginput nama dan e-mail saya sebagai syarat mendapatkan voucher tersebut. Dan memang benar, setelah itu voucher mendarat di e-mail saya.

ADVERTISEMENT

Tapi, beberapa hari setelah itu saya sering mendapatkan e-mail dari ZALORA yang berisikan penawaran discount dari 20% hingga 90%! Ini berarti ZALORA telah memaksimalkan kanal e-mail marketing dalam strategi bisnis ritel mereka.

Bahkan menurut Neil Patel seorang Entrepreneur dari Washington, e-mail memberikan konversi terbesar dibandingkan kanal promosi lainnya seperti social-media, SEO, mobile dan sebagainya.

[img.4] Kanal Email Marketing jadi Unggulan
Courtesy of neilpatel.com
Maka sebagai pemain bisnis ritel yang bertujuan agar produknya “jadi rebutan” konsumen, pemaksimalan kanal e-mail marketing jadi pilihan yang harus diperhitungkan.

BACA JUGA: Waktu-waktu Tepat Mengirimkan Email Marketing

3. Support Banyak Kegiatan yang Satu Visi dengan Bisnis Ritel Anda

Menjadi sponsor berbagai event baik skala Lokal maupun Internasional bisa meningkatkan (me-leverage) branding bisnis anda. Siapa yang tidak akan appreciate dengan brand yang mendukung kegiatan social misalnya, atau awareness terhadap peluang bisnis di Indonesia.

Lakukan support ini bukan semata-mata hanya agar brand anda bisa ‘nampang’ di media publikasi mereka, namun juga karena memang sesuai dengan visi yang diusung brand ritel anda.

Bonusnya, bisnis ritel anda bisa mendapatkan spot strategis penjualan di event tersebut. Atau bahkan bisa dijadikan item pendukung sebagai kit yang bisa didapatkan oleh pengunjung.

[img.5] Sponsor jadi Strategi Bisnis Ritel Jitu
Courtesy of clubrunning.org

Kesimpulan

Dalam segmen bisnis yang berkembang salah satunya ritel, perlu yang namanya kreativitas dari bagian pemasar bisnis ritel anda. Bahkan anda pun sebagai owner harus sudah mulai mencari referensi bagaimana strategi promosi yang terbaik dan cocok untuk audience anda.

Karena dengan strategi bisnis ritel yang baik, maka produk ritel anda beserta brand-nya akan merajai pasar sekaligus dekat dengan konsumen karena aktivitas-aktivitas yang bisnis anda lakukan. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:
Loading...

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)