“Step by step” Bagaimana Memulai Bisnis Baju untuk Pemula

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Langkah langkah Memulai bisnis baju
Courtesy of Pixabay

Tentu Anda ingin bukan memiliki bisnis baju yang sukses ber-omzet Ratusan Juta Rupiah? ūüôā

Advertisement

Betapa banyak cara untuk terjun ke dunia Bisnis di masa-masa Informasi seperti ini, bahkan untuk pemula sekalipun. Tidak ada yang tidak mungkin dengan kerja-keras yang serius, serta konsistensi lewat rencana-rencana strategis untuk memulainya.

Kali ini, saya akan mengupas Strategi dalam Memulai Bisnis Baju yang sederhana, step-by-step yang setiap Pemula pun dapat mengikutinya dengan baik hingga menghasilkan.

Panduan kali ini dapat anda tiru se-persis-persisnya hingga mendapatkan Winning Pattern (Pola Pemenang), sehingga kedepannya anda dapat meningkatkan kinerja lewat promosi ataupun iklan.

Cara Memulai Bisnis Baju untuk Pemula

[img.2] Pasar-tempat-bisnis-baju
Courtesy of Pixabay
Salah satu cara paling tepat untuk mulai bisnis, adalah mempelajari caranya lalu terjun melakukannya. Terdengar melelahkan kah?

Begini Plazer:

Jika anda tekun melakukan usaha bisnis serta mengoptimalkannya, maka hasil yang anda inginkan akan dengan cepat datang.

Anda tidak boleh hanya terus termangu menyaksikan kesuksesan orang lain, berkhayal tentang kesuksesan, padahal anda tidak juga beranjak dari tempat duduk anda.

Maka dari itu, artikel kali ini akan memberikan langkah-langkahnya:

Berikut ini, ada 3 cara paling sederhana untuk memulai bisnis baju anda. Cara ini bisa diterapkan untuk jenis baju apapun, baik itu baju distro, baju bayi & anak, dari yang branded hingga yang murah.

Apa saja 3 cara itu? Berikut diantaranya

a. Menjual Kembali Produk dari Pasar

[img.3] pasar-untuk-mulai-bisnis-baju
Courtesy of Pixabay
Produk apapun yang dibuat oleh sebuah pabrik‚ÄĒtermasuk baju, biasanya akan didistribusikan ke tempat-tempat¬†khusus dimana produsen menaruh produk mereka dalam jumlah besar.

Tempat itu, salah satunya adalah Pasar.

Beberapa pasar yang menjadi lokasi pertama bagi produsen baju untuk menempatkan produknya adalah:

  • Pasar Senen
  • Pasar Baru
  • Pasar Jum’at
  • Pasar Minggu

Tapi dari semua Pasar tersebut, tempat yang jadi andalan pelaku bisnis adalah Pasar Tanah Abang yang letaknya di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pasar Tanah Abang menjadi tempat andalan pelaku bisnis selain karena harganya terbilang murah, tapi juga karena banyaknya varian produk baju yang ditawarkan disana.

Pasar ini bahkan pernah dinobatkan menjadi Pasar Terbesar di Asia Tenggara.

Maka tidak salah jika bisnis baju Anda dapat dimulai dengan¬†hunting produk pilihan di Pasar ini. ūüôā

  1. Kelebihan: Memilih produk dari Pasar memiliki kelebihan bagi anda yang ingin serius untuk mulai berbisnis baju. Karena anda dapat mendapatkan produk yang harganya jauh dari harga pasaran dan juga beragam jenisnya.
  2. Kekurangan: Namun, memilih menjual lagi produk dari Pasar memerlukan modal. Kadang bisa sedikit, kadang pula bisa banyak (karena ada yang menetapkan harga lebih murah saat membeli banyak). Selain itu, banyak pula pedagang lain yang memilih produk di Pasar ini. Sehingga mungkin saja ada produk yang sama yang juga dijual pelaku bisnis lain. (tidak unik)

b. Jadi Reseller

[img.4] peluang-reseller
Courtesy of Pixabay
Cara lainnya yang lebih mudah untuk memulai bisnis baju anda, yaitu dengan menjadi reseller salah satu produk yang terbukti laris di pasaran.

Sistem ini makin digemari pelaku bisnis pemula untuk terjun ke dunia bisnis. Karena untuk memulai, anda hanya perlu membayar sejumlah uang ke Produsen untuk mendapatkan beberapa produk awalan beserta alat-alat promosinya seperti; x-banner, spanduk, banner dan digital banner. (starter and product kit)

Tapi beberapa produsen baju ada juga yang hanya menyediakan beberapa produk saja tanpa alat promosi, biasanya jumlah uang yang dibayarkan juga lebih murah dibanding yang tadi.

Anda bisa mencari peluang menjadi reseller dengan mengetikkan beberapa kata kunci (keyword) pada Google terkait reseller seperti: open reseller baju anak, peluang reseller baju gamis, reseller baju kaos, dan lain-lain

  1. Kelebihan: Dengan mengikuti program reseller, anda tidak perlu repot-repot riset produk. Sudah ada pembeli yang menunggu untuk membeli produk tersebut. Terlebih jika anda berlokasi di kota berbeda dengan produsen, anda bisa menjadi cabang produsen tersebut.
  2. Kekurangan: Namun dengan menjadi reseller, anda mungkin kurang begitu menguasai produknya, walaupun hal tersebut dapat dipelajari. Satu lagi, kualitas produk tidak bisa anda atur & kontrol, karena semuanya berasal dari Produsen tersebut.

c. Cari Peluang Dropship

[img.5] jadi-reseller
Courtesy of Pixabay
Cara ketiga ini, lebih memungkinkan untuk anda pemula yang ingin membuka bisnis baju dengan hampir tidak mengeluarkan modal. Cara ini dinamakan dengan Dropship.

Bagaimana maksudnya?

Dropship adalah, ketika kita mempromosikan sebuah barang lewat channel lain yang kita ambil dari online-shop lain atau marketplace seperti Tokopedia atau BukaLapak.

Jadi, ketika produk yang kita promosikan menarik pembeli dan pembeli tersebut mengorder produk tersebut, kita tinggal meng-order produk tersebut ke supplier yang kita dapatkan.

Nanti, online-shop yang kita jadikan supplier tersebut akan mengirimkan barang ke pembeli setelah kita mentransfer sesuai harga produk tadi.

Sederhananya, kita hanya mempromosikan produk tanpa melakukan stock produk dalam jumlah besar. Cukup berbekal gambar & keterangan produk, kita bisa mempromosikan lewat social-media ataupun Blog.

Baca lebih lanjut Artikel ini:

Perlu diketahui, produk baju yang kita jual haruslah dinaikkan margin-nya dari harga supplier. Tentunya ini agar kita mendapatkan untung dari aktivitas bisnis kita.

  1. Kelebihan: Menggunakan cara ini, keuntungannya kita tidak perlu melakukan stock produk dalam jumlah besar, sehingga modal yang dikeluarkan relatif kecil.
  2. Kekurangan: Seringkali kita sulit mengendalikan stock produk, sehingga kita perlu bolak-balik bertanya tentang stock produk yang kita promosikan.

Mengetahui Cara Bisnis Baju Online lewat Blog & Social-Media

[img.6] onlinekan-bisnis
Courtesy of Pixabay
Setelah anda mengetahui step-by-step memulai bisnis baju dari awal sekali, kini kita perlu mengetahui bagaimana meng-online-kan bisnis anda.

Tapi sebelumnya, lakukan riset singkat dahulu dalam mencari pasar yang potensial untuk kita garap.

Dalam melakukannya, anda bisa menggunakan alat-alat Gratis yang disediakan di internet.

Baca lebih lanjut Artikel ini untuk memahami:

Setelah membaca artikel diatas, mari kita lanjut membahas bagaimana meng-online-kan bisnis kita.

Advertisement

Pada dasarnya meng-online-kan bisnis hanya seperti memindahkan lapak konvensional (offline) ke lapak baru di berbagai tempat di Internet.

Beberapa orang menggunakan social-media untuk memaksimalkan promosi bisnisnya, termasuk mempromosikan bisnis baju. Beberapa orang juga menggunakan sarana Blog & website, e-mail marketing, hingga aplikasi Messengger seperti; WhatsApp, Line, Line@ & BBM

Artikel bergizi yang bisa Anda baca:

Beberapa contoh online-shop yang produknya adalah baju dan produk fashion lainnya pasti menggunakan semua channel diatas untuk promosi produknya.

Tapi tetap, semuanya akan diarahkan menuju website yang telah di setting sebagai toko online.

Apa maksud dari kalimat: telah di setting sebagai toko online, diatas?

Maksudnya ialah website yang disertai dengan “Buy Button”¬†untuk¬†dapat diklik menuju ke laman pembayaran, serta memiliki sistem pembelian lewat chart untuk menyimpan produk-produk yang telah dipilih pengunjung.

Bukan sekedar postingan yang terdiri dari gambar serta detail produk, lalu pembeli diarahkan untuk mengontak customer service. Hal ini mungkin berhasil, namun kemungkinannya kecil sekali.

Coba lihat contoh toko online dibawah ini:

Screenshots 1: Contoh Toko Online yang Kurang Baik
Screenshots 1: Contoh Toko Online yang Kurang Baik

Lalu bandingkan dengan yang ini

Screenshots 2: Contoh Toko Online yang Baik
Screenshots 2: Contoh Toko Online yang Baik

Baca Artikel ini untuk mengetahui Bagaimana Blog bekerja dan Cara setting Toko Online

Saya menyarankan, dalam promosi bisnis baju Anda bisa membuat Website atau Toko Online menggunakan WordPress Self Hosting yang tidak gratisan (tidak berakhiran “.wordpress.com) dengan membeli domain & hosting¬†(aff link) terpecaya, serta menggunakan plugin WooCommerce agar website anda memiliki sistem toko online dengan Cart¬†dan¬†Buy button.

Modal Kecil Saat Memulai? Jangan Takut!

[img.7] modal-memulai-bisnis
Courtesy of Pixabay
Saat seseorang memulai bisnis baju atau apapun itu, seringkali mereka diliputi rasa khawatir lantaran belum memiliki modal yang cukup.

Seharusnya anda tidak boleh seperti itu.

Orang-orang yang serius dalam berbisnis pasti akan terus maju walaupun rintangan senantiasa hadir. Lagipula, banyak pengusaha yang sukses tidak tergantung dengan modal yang dimiliki.

Tapi meskipun begitu, modal diperlukan agar bisnis dapat diluncurkan pertama kali (initiating-business). Baik itu untuk design banner produk, tools-tools marketing berbayar, hosting & domain, hingga pulsa Internet untuk membuat akun-akun bisnis di Facebook, twitter, dan lainnya.

Dan jika anda termasuk type orang yang memulai bisnis harus dengan modal agak besar, anda bisa mencari modal bisnis lewat crowdfunding, relasi bisnis, investor hingga tabungan pribadi.

Lebih lengkapnya, Anda bisa baca disini:

Atur Cash Flow Agar Bisnis Baju Menguntungkan!

[img.8] cash-flow
Courtesy of Pixabay
Sebagaimana bisnis seharusnya, bisnis baju pun harus dipantau perkembangan cash flow agar bisnis dapat terukur.

Pada dasarnya kebutuhan ini diperlukan agar bisnis bisa berkembang dikemudian hari. Karena¬†cash adalah ‘darah’ dari bisnis, maka membuatnya tak terukur dapat ‘mematikan’ bisnis juga.

Pengaturan cash flow dapat dibuat sederhana, se-sederhana perhitungan Matematika anak SD.

Yaitu uang masuk (omzet) harus dikurangi dengan pengeluaran per satu Produk, termasuk; bahan, ongkos pengerjaan, jasa pengiriman (untuk online).

Sisanya, beban-beban tetap (fixed) dapat dibagi rata seperti; beban karyawan, beban sewa toko, beban listrik, dan lain-lain

Selengkapnya anda bisa membaca lebih jauh Artikel ini:

Beberapa Peluang untuk Memulai Bisnis Baju

[img.9] peluang-binis
Courtesy of Pixabay
Berikut ini, saya akan memaparkan beberapa peluang kepada anda beberapa peluang yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis baju anda sendiri.

1. Tees.co.id

Banyak anak muda mulai menyukai kaos dengan design-design yang unik atau sesuai dengan personalitas mereka.

Platform tees.co.id dapat anda pakai untuk men-design dan memasarkan produk kaos Anda.

Karena hanya dengan membuat akun secara Gratis disana, anda sudah bisa melakukan order kaos sesuai dengan design yang anda submit kesana.

Jika anda menjalankan Fanpages tentang kucing, mungkin kaos Kucing akan laris untuk audience anda. Atau anda memiliki quotes-quotes keren dan unik? Bisa juga dicoba!

2. Bandargarmen.com

Jika anda memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis baju baik itu kaos atau kemeja, anda bisa melakukan stock barang lewat website ini.

Disini anda bisa melakukan order dengan minimal 6 pcs dengan paket ‘Sample’, tentunya jika melakukan order lebih maka anda bisa mendapatkan harga lebih murah.

Sekarang, Ini yang Harus Anda Lakukan…

Setelah membaca langkah-langkah dari saya diatas, ini yang saya ingin anda untuk lakukan:

  • Lakukan riset dengan 5 Tools Gratis yang telah disebutkan diatas
  • Buat akun Social-Media atau Blog (sementara boleh Gratis) yang berisikan tentang produk Baju anda.
  • Mulai promosikan ke berbagai Kelompok relasi anda, mulai dari teman kantor, teman main, grup-grup Facebook yang boleh untuk promosi
  • Mau makin lihai? Tingkatkan jangkauan promosi anda dengan Iklan di¬†social-media, salah satunya Facebook Ads.

Saya rasa cukup sudah langkah-langkah ini untuk memulai bisnis baju Anda sekarang juga.

Lakukan step-by-step dari awal, lengkapi dengan 4 langkah terakhir, maka saya yakin dengan kerja keras yang kontinu, anda akan meraih kesuksesan.

Terakhir, jika dirasa bermanfaat silahkan¬†Share panduan ini kepada teman-temanmu di¬†social-media. Agar makin banyak yang merasakan manfaatnya. ūüôā (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ūüôā

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:
Loading...

4 Comments

  1. Bagi saya yang terpenting adalah kreativitas. Selalu ada peluang. Selama ini saya lebih banyak menjual informasi, baik dalam bentuk ebook ataupun lainnya.

    Memang kali pertama membuat ebook (tiga ebook waktu itu) sama sekali tidak mendapatkan income.

    Kesalahannya ternyata karena tidak adanya riset pasar.

    Maka ide cemerlang haruslah disertai dengan riset pasar yang memadai.

  2. Yang paling utama dalam suatu bisnis adalah konsistensi gan, kemampuan mempertahankan keinginan untuk sukses adalah faktor utama dalam keberhasilan suatu bisnis, apakah itu bisnis yang dijalankan secara off line maupun yang menggunakan internet sebagai jalur memperoleh income. Tidak sedikit orang gagal dalam bisnis padahal mereka sudah memiliki ide yang cemerlang, kekuatan modal yang memadai dan sebagainya. Salam kenal

    • “Where there is a Will, there is a Way” – Pepatah Inggris. Tidak selamanya modal mempengaruhi kesuksesan ya mas, ada faktor utama dari seorang entrepreneurs.

      Pertama adalah DETERMINASI, yaitu kemampuan untuk bertahan dalam membangun bisnis baju (misalnya)
      Kedua adalah VALUE atau NILAI yang dibela, ini yang banyak orang tidak paham.. dan hanya ownerlah yang memahami.

      Banyak pengusaha yang sudah rugi dimana-mana, tapi tetap memegang teguh nilai yang dimiliki Bisnisnya (misal karena membantu sesama). Kalau seperti ini, saya yakin kesuksesan tinggal menunggu waktu saja. Semoga bermanfaat ūüôā

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)