Serie Training Bisnis Online: Training ke-#3

10 Tips Social Media Untuk Bisnis

.

Social media kini sudah menjadi barang umum bagi setiap orang. Barang yang 5 tahun lalu masih jarang didengar, kini sudah banyak bermunculan di layar TV lewat nama acara (pesbuker, the comment, ngobrol bersama Ym), produk-produk gadget yang biasanya sudah terintegrasi dengan socmed (facebook, twitter, dll) hingga workshop-workshop yang mengajarkan bagaimana menggunakan social media untuk bisnis.

.

Jika sebelumnya telah dijabarkan tips menggunakan sosial media untuk bisnis secara umum, kini akan dijelaskan lebih mendetail lagi tentang berbisnis dengan menggunakan social media.

.

Dalam strategi bisnis online, penggunaan social media dapat menunjang visitor traffic website kita. Mengapa? Karena website yang kita promosikan lewat social media tentu akan dilihat oleh teman-teman kita yang jumlahnya mungkin bisa ribuan dalam satu social media saja. Orang-orang yang tertarik tentu akan meng-klik link yang Anda bagikan di social media tersebut, dan melakukan order.

.

Tentu saja mempromosikan website bisnis Anda di social media tidak serta merta dapat meningkatkan omzet Anda secara singkat, namaun paling tidak bisnis Anda sudah dikenal oleh teman, dan jika mereka tertarik dengan produk Anda, mereka bisa mengunjungi tautan Anda tersebut.

.

Berikut ini adalah 10 tips dalam bersosial media untuk bisnis:

1. Buat Social Media

Pastikan Anda membuat social media untuk mempromosikan Bisnis Anda, baik facebook, twitter, G-plus, path, pinterest, tumblr dan lain-lain, namun pastikan cocok dengan segmen bisnis Anda.

Dengan begitu saat ada konten yang menarik, Anda tinggal menyebarkannya lewat social media tersebut.

.

2. “Check—In”

Buat juga social media yang memiliki fitur “check-in” ketika pelanggan berada di tempat usaha Anda (ini cocok untuk restaurant, toko gadget dan toko offline lainnya), sehingga saat mereka melakukan “check-in” teman-teman mereka bisa mengetahui tempat hang-out pelanggan Anda. Ini bisa disebut sebagai “WoM of social-media” karena secara tidak langsung pelanggan Anda mempromosikan tempat usaha Anda ke teman-temannya lewat social-media.

.

Social media yang memberikan fitur seperti ini diantaranya ialah foursquare, terakhir facebook juga menghadirkan fiur seperti ini. Pada facebook diperlukan pengaturan pada Fanpages bisnis Anda agar pelanggan bisa melakukan hal tersebut.

.

3. Facebook Graph

Persiapkan bisnis Anda dengan fitur facebook graph, agar calon pelanggan bisa menemukans semua bisnis lokal sesuai dengan yang mereka sukai, termasuk Anda. Walau sebenarnya belum semua akun facebook bisa mengaksesnya, namun cepat atau lambat fitur itu akan dapat digunakan oleh seluruh akun.

.

4. Aktif di Twitter

Aktiflah dalam bersocial media di twitter. Karena konten twitter bersifat stream atau arus yang terus menerus diperbarui, maka keaktifan akun bisnis Anda menentukan keeksisan bisnis Anda dihadapan followers Anda.

.

Bayangkan jika Anda benar-benar aktif men-tweet, dengan begitu timeline twitter follower Anda akan didominasi oleh tweet Anda. Belum lagi jika tweet Anda menarik dan layak mendapat re-tweet, maka teman mereka juga akan melihatnya.

.

5. Dominasi Visual

Gambar mewakilkan sesuatu yang tidak bisa tulisan berikan, yaitu rasa. Pastikan untuk memposting gambar-gambar kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Anda, budaya perusahaan Anda, hingga hal-hal inspiratif yang perusahaan Anda dukung.

.

Posting juga di social media Anda tentang profil usaha Anda, staff maupun aktivita produksi, agar fans yang melihat di social-media mengetahui bahwa ada yang Anda kerjakan di dunia nyata selain di social media.

.

6. Profil LinkedIn

Buat akun bisnis Anda di LinkedIn. Dengan menempatkan profile bisnis Anda disana, maka mesin pencari Google akan me-rank tinggi profile Anda. Mengapa? Karena Google me-ranking profil LinkedIn lebih tinggi dibanding media sosial lainnya.

.

Pastikan juga Anda tetap update disana, jangan lupa untuk terhubung dengan jaringan bisnis yang sejenis di LinkedIn.

.

7. Youtube

Anda hars mengetahui, bahwa Youtube bisa dikatakan sebagai mesin pencari ke-2 terbesar setelah Google. Dengan begitu memiliki akun disana bisa meningkatkan brand bisnis Anda di internet. Buatlah video yang kreatif tentang bisnis Anda maupun berbagai tips atau aktivitas yang berkaitan dengan bisnis Anda.

.

Anda juga bisa berkreasi dengan mengadakan kontes video di Youtube tentang testimoni atau pengalaman mereka dengan bisnis Anda.

.

8. Yelp.com untuk Menyerap Masukan

Daftarkan bisnis Anda di Yelp.com. Situs ini menggabungkan ulasan dengan media sosial yang besar. Diluar negeri dimana persaingan bisnis sangat ketat, calon pelanggan menggunakannya untuk mencari ulasan dan informasi tentang sebuah toko, restauran, hotel, tempat wisata, dll.

.

Dengan mendapatkan ulasan yang bagus, maka Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pelanggan yang baru. Tentunya diperlukan servis yang baik pula, jangan sampai jadi boomerang saat pelanggan mengulas ulasan tentang kekecewaan mereka.

.

9. Mulai Nge-Blog

Hal ini bisa dilakukan di bagian Blog pada website Anda. Postingan tidak harus semua tentang bisnis Anda, bisa juga tentang artikel yang mengundang share di social media.

.

Fokus pada konten yang berbobot, dengan begitu para visitor akan menganggap usaha Anda adalah usaha yang berkualitas.

.

10. Buat event dan gathering bisnis Anda

Membuat event atau acara bisnis Anda dapat memberikan kesan perhatian terhadap konsumer maupun orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda. Jika bisnis Anda berkaitan dengan belanja online, maka Anda bisa mengadakan event tentang internet marketing, atau bisa juga mengadakan kontes bakat yang berhubungan juga dengan bisnis Anda.

.

Lalu promosikan event tersebut di jaringan social media Anda, agar fans dapat mengetahui ada kegiatan tersebut. Orang-orang akan senang hadir di event berikutnya jika hal itu bisa memberika manfaat bagi mereka.

.

.


Selamat karena telah menyelesaikan Training ke-#3.
Cek email kamu kembali esok Hari!

Training ke-#1 Training ke-#2 Training ke-#3 Training ke-#4 Training ke-#5

Top Open

Close