Resolusi Tahun Baru: Sudahkah Anda Membuatnya?

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing đź”— & Master Facebook Ads đź”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] resolusi-tahun-baru
Courtesy of Pixabay.com

Dimana ada awal, disitu pula ada akhir. Begitulah waktu bekerja pada alam semesta yang sementara kita tinggali ini, begitu pula degan apa yang kita rasakan pada setiap akhir tahun dan menyambut tahun baru. Lantas bagaimana anda menyambutnya? Dengan resolusi tahun baru kah?

Setiap pergantian tahun—terlepas pro-kontra tentang perayaannya—orang-orang selalu membuat resolusi untuk tahun berikut dalam kehidupan mereka. Beberapa menginginkan berat badan yang berkurang, usaha yang makin sukses atau sesederhana ingin lebih bahagia saja.

[img.2] resolusi-tahun-baru-yang-bagaimana
Courtesy of Pixabay.com
Tapi tidak jarang resolusi hanya menjadi sebuah resolusi saja, tanpa ada eksekusi yang konsisten dan berkomitmen atasnya. Padahal adanya sebuah resolusi tahun baru, adalah tanda adanya keinginan untuk berubah lebih baik kedepannya.

Berkaca pada Pencapaian

Pada kesempatan ini, saya ingin secara khusus mengucapkan Terima Kasih sebanyak-banyaknya kepada para pembaca Plaza Bisnis, subscriber, customer produk digital kami.

Terima Kasih seluas-luasnya, sebesar-besarnya karena sudah bersedia untuk tergabung di keluarga besar ini, saya berjanji akan makin meningkatkan kualitas konten agar para pembaca bisa mengambil manfaat dari Blog bisnis ini. 🙂

Pencapaian-pencapaian ini tidaklah berarti tanpa adanya teman-teman dan sahabat Plazer, pencapaian berupa:

  • 1,7K++ Facebook likes
  • 1,7K++ Twitter Follower
  • 40K++ visitor per bulan
  • Ratusan newsletter & push notification subscriber
[img.3] lompat-girang-atas-resolusi-tercapai
Courtesy of Pixabay.com
Begitu pula yang harus anda lakukan saat membuat resolusi tahun baru, anda harus berkaca pada pencapaian anda sebelumnya. Targetkan yang lebih tinggi pada resolusi anda, sehingga grafik peningkatan anda akan terus menanjak.

BACA JUGA: Kerja Keras, Impian dan 6 Jalan Menuju Sukses dari Arnold

Bagaimana Membuat Resolusi Tahun Baru yang Terstruktur dan Achieveable

[img.4] resolusi-tahun-baru-yang-achieveable
Courtesy of Pixabay.com
Sesaat kita ingin membuat resolusi tahun baru, kita pasti membuat list-ing tentang apa yang ingin kita tingkatkan pada tahun selanjutnya. Itu adalah awal dari beberapa poin pembuatan resolusi pada pembahasan kali ini, beberapa diantaranya adalah;

1. Membuat List Resolusi

Menjalankan suatu hal bisa jadi berantakan saat perencanaan tidak tersusun dengan rapih. Dengan membuat list target, maka tujuan akhir atau Goals anda akan terukur pada evaluasi akhir tahun nanti.

Misalnya, jika anda ingin bisnis anda mulai mendatangkan profit yang stabil, tuliskan Goalnya yaitu; Bisa hidup setiap bulan dari Bisnis pribadi

2. Tetapkan Nilainya

Tidak sedikit ‘para pembuat’ resolusi meremehkan nilai pencapaian resolusi tahun baru mereka, padahal dengan adanya nilai kita bisa membandingkan perubahan antara tahun nanti dan tahun yang sudah dilewati.

Contohnya, jika bisnis anda ingin berhasil dan jadi pemasukan utama, tulislah; Berhasil membukukan profit bulanan senilai 5 Juta rupiah

3. Buat Poin yang belum pernah pada Resolusi Sebelumnya

Jika biasanya resolusi tahun baru anda dibuat dengan hanya meningkatkan nilai dari resolusi sebelumnya, kali ini buatlah target baru. Jika sebelumnya anda biasa membuat; Tahun 2015 baca 5 buku per bulan, tahun 2016 10 buku, tulislah poin baru misalnya; Menulis sebuah buku antologi bersama komunitas penulis.

4. Pilihlah 3 Resolusi Terbaik, jalankan di 2 bulan pertama

Untuk melatih konsistensi, anda bisa mengetes seberapa bagus komitmen terhadap resolusi tahun baru anda. Yaitu bisa dengan memilih 3 poin terbaik, lalu jalankan pada 2 bulan pertama Tahun berikutnya.

Apakah anda bisa komitmen melakukannya? Jika ya, maka lanjutkan poin resolusi tersebut, jika tidak langsung coret saja!

5. Terus Berusaha dengan Tetap Menyerahkan Segalanya kepada-Nya

Dalam kehidupan, sudah pasti ada yang lebih tinggi mengatur nasib kita nanti. Maka menyerahkan seluruh keputusan kepada-Nya dengan dibantu ikhtiar kita, insya Allah yang terbaik akan datang pada anda.

BACA JUGA: Mindset Pebisnis: Bagaimana Memupuk Pola Pikir yang Sukses!

Keep on the Track

Ketika sebuab resolusi tahun baru selesai disusun, ujian berikutnya adalah agar tetap ‘Keep on the Right Track’ pada resolusi tersebut. Ini mungkin juga adalah ujian setiap hari-hari kita, agar tetap konsisten terhadap apa yang kita percaya dalam lubuk hati.

Memperjuangkan sebuah mimpi kadang tidak dapat dimengerti banyak orang, tapi satu hal yang pasti, kita mengerti atas apa yang kita perjuangkan. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)