Besarnya Peluang Usaha Makanan ‘Kekinian’ yang Trend diantara Anak Muda3 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing đź”— & Master Facebook Ads đź”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Peluang Usaha Makanan
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketing. Founder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Bermunculannya para travel Blogger dan social-media seleb menginspirasi anak-anak muda sekarang untuk berkeliling mencoba kuliner hasil rekomendasi mereka. Lewat fenomena ini, grafik peluang usaha makanan pun meningkat beberapa tahun terakhir.

Penetrasi social-media yang sudah bisa diakses hingga desa-desa dan perkampungan, makin membuat virus-virus kuliner ‘menjangkiti’ masyarakat desa. Terutama makanan ‘kekinian’ yang trend dimana-mana, misalnya ‘Coffee Shop’.

WarKop ‘kekinian’ pun makin bermunculan, dengan dekorasi yang di-upgrade seperti cafe kecil; papan tulis menu, meja & bangku kayu ekspose, ruang masak yang menyerupai gerobak hingga koneksi wifi untuk pengunjung, makin memanjakan anak-anak muda yang ingin nongkrong sekaligus foto-foto instagrammable.

Tapi, sebenarnya seberapa besar sih peluang usaha makanan ‘kekinian’ tersebut? Mari kita bahas selanjutnya.

Peluang Usaha Makanan ‘Keren’ Tinggi, karena anak muda Sekarang ‘doyan’ Nongkrong

[img.2] Kebiasaan Nongkrong Anak Muda
Courtesy of Pixabay.com
Makin tingginya penggunaan social-media, terutama Instagram memunculkan kebiasaan kulier yang dinamakan ‘Foodgraphy’. Artinya dimana seorang anak muda mencari jajanan kuliner selain enak, tapi juga indah dilihat atau unik untuk dipost di akun Instagram mereka.

Nah, makanan ‘keren’ inilah yang jadi tujuan mereka.

Mereka atau bisa kita sebut sebagai ‘Millenials’ menginginkan eksistensi di media social, dan eksistensi tersebut bisa mereka dapatkan lewat ‘jajan’ di tempat-tempat keren.

BACA JUGA: Perhatikan 3 Poin Penting Ini pada Strategi Pemasaran Produk Makanan

Tapi, kebanyakan cafecafe keren itu punya harga makanan & minuman yang cukup mahal untuk kantong rata-rata anak muda. Disinilah muncul alternatif para pengusaha yang memunculkan resto-resto & cafe yang murah dikantong, tapi unik dalam segi design.

Salah satunya yang saya sebut di awal artikel tadi, yaitu WarKop yang menggunakan dekorasi kekinian berikut Wifinya. Pengunjung bisa nongkrong dengan harga murah (meski belum tentu enak), sekaligus foto-foto Instagrammable dan upload memakai Wifi tadi.

Loading...

Jika sekilas peluang usaha makanan ‘kekininan’ memang menjanjikan, tapi apakah kalau ramai bisa dikategorikan dengan untung besar?

Sedikit Kalkulasi tentang Usaha ‘Kekinian’

[img.3] Kalkulasi & Peluang Usaha Makanan Kekinian
Courtesy of Pixabay.com
Dalam usaha kuliner atau Food and Beverages, ada 2 alokasi budget yang bisa kita sebut. Pertama yaitu seperti biasa, alokasi budget untuk bahan makanan dan gaji chef.. lalu yang kedua yaitu alokasi budget untuk dekorasi, aksesoris, biaya langganan wifi, dll untuk kepentingan nuansa ‘kekinian’ tadi.

Bahkan, beberapa restoran kuliner ‘kekinian’ sekarang juga menyediakan alat bermain seperti meja soccer, jenga, kartu uno, dan sebagainya dengan kisaran 200rb-an per 1 mainannya.

Beberapa diantaranya seperti Warunk Upnormal, Bakso Boedjangan, dll.

Jika dihitung, Anda bisa mengeluarkan budget dengan perbandingan alokasi 50:50. Atau jika dekorasi restaurant ingin lebih ‘stand-out’, bisa di perbandingan 60:40 untuk porsi dekorasi yang lebih besar.

Strategi pemberian harga bisa dilakukan dengan ‘high price‘ agar ROI lebih cepat dan cash flow tidak habis di tengah jalan.

Tapi jika khawatir tidak laku karena kemahalan, Anda bisa bermain di harga standard tapi dengan porsi lebih sedikit. Sehingga kualitas masakan tidak menurun supaya customer tidak kecewa dengan rasa.

BACA JUGA: 15 Usaha Makanan Paling Laris yang Mudah Anda Tiru

Bisnis Makanan akan Berkembang lewat Inovasi & Kreasi Varian

Dalam perkembangannya, bisnis makanan dan kuliner akan selalu punya pelanggan setia dari masa ke masa. Mereka akan saling mengisi satu-sama-lainnya melalui trend dan kebutuhan massa (audience).

Tetaplah berinovasi terhadap kreasi-kreasi makanan Anda, niscaya bisnis akan tetap ramai diminati para konsumen.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.