Peluang Bisnis Baru yang Lagi Nge-Hits itu bernama Youtube Reviewer!

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Peluang Bisnis dari Youtube
Courtesy of skolmarketing.com

“Dimana ada orang yang cukup ‘gila’ untuk membayar sejumlah uang kepada kita agar melakukan sesuatu, disitulah potensi Bisnis tercipta.” – Raafi,¬†Plaza Bisnis

Mungkin itulah yang menyebabkan lahirnya peluang bisnis baru bernama: Youtube Reviewer

3 sampai 5 tahun belakangan ini mungkin peluang menjadikan hobi narsis ini untuk menjadi uang tidak terpikirkan oleh penggunanya kebanyakan. Mereka-mereka yang mampir di situs Youtube.com kebanyakan hanya ingin melihat-lihat Video yang di upload para pelaku Industri kelas kakap.

Seperti dari Industri music ada Vimeo, Vevo, MTV, Billboard, SONY Music Indonesia, dan lain sebagainya.

[img.2] Contoh Peluang Bisnis Baru lewat Channel Youtube
Courtesy of digitaltveurope.net
Namun 2 tahun setelah situs itu ‘lahir’, mulai bermunculan orang-orang yang cukup serius membangun brand personality-nya lewat situs tersebut.

Seperti¬†Matt Harding yang menghebohkan Youtube di kisaran tahun 2000-an dengan tarian ‘aneh’-nya dalam “Where the Hell is Matt?“, hingga ilmuwan gila (Mad Scientists)¬†Stephen Voltz yang¬†diawal¬†terkenal akibat video¬†“Extreme Diet Coke & Mentos Experiments

Kini, trend tersebut tetap dilanjutkan oleh Youtuber-youtuber muda yang makin banyak dan makin kreatif!

Maka menjadikannya sebagai peluang bisnis baru di era internet ini sangatlah mungkin.

BACA JUGA: Panduan Kerja Online dan 17 Situs Lowongan Freelance

Youtube Sebagai Peluang Bisnis Baru yang Mewabah

[img.3] Mengincar Peluang Bisnis Baru Youtube
Courtesy of pixabay.com
Kemajuan teknologi mengikis batas-batas antara manusia satu dengan manusia yang lainnya. Peluang-peluang pun tercipta satu demi satu dengan adanya perubahan ini, mulai dari pekerjaan berupa karir, hingga bisnis lewat media online yang bahkan dapat dimulai secara gratis!

Hal inilah yang menjadikan anak muda sekarang lebih memanfaatkan teknologi untuk keuntungan bisnis. Memang mungkin diawal mereka menggunakannya sekedar untuk hobi atau iseng.

Tapi siapa tahu, keisengan Video “Keong Racun” dari Sinta-Jojo justru membuatnya muncul di layar TV setiap malam pada acara Kuis atau Talkshow. Kini video tersebut sudah mencapai 9 juta view selama 10 tahun.

Atau sensasi dunia Yotube sekarang yang bernama Pew Die Pie. Menurut DailyMail, pada akhir tahun 2014 saja ia dapat menghasilkan ¬£2.6m setahun ‘hanya’ dengan memainkan Video game dengan kekasihnya dan menguploadnya di Youtube!

Jika anda belum mengetahui siapa Pew Die Pie itu, sebaiknya anda membaca artikel ini.

Membangun channel dengan subscriber sebanyak artis Youtube di atas memang tidak mudah, kesuksesan lain apapun tidak akan dapat dieksekusi dengan mudah. Ingat! anda tidak serta-merta dapat men-download duit dari Internet secepat anda mencari jawaban lewat Google.

Rumus sukses dari para artis Youtube adalah konsistensi terhadap apa yang mereka kerjakan (posting video) dan tema yang mereka ambil.

Jika Pew menjadikan tema Game Review sebagai tema channel Youtube-nya, Ryan yang masih kecil menjadikan tema Toys Review sebagai tema channel Youtube-nya.

Mengawali Kesuksesan dari Youtube

[img.4] Artis Youtube Indonesia
Courtesy of muvila.com
Jika sebelumnya saya mengulas tentang orang-orang luar negeri yang berhasil di Youtube, di tanah air juga sudah banyak yang serius menggunakan Youtube sebagai awal karir maupun peluang bisnis baru yang menghasilkan.

Sebutlah Aaron Ashab lewat video Remix-nya yang berjudul “Sayur Lodeh“, lalu Sinta & Jojo dengan Keong Racunnya yang diawal artikel sudah saya sebutkan.

Siapa saja orang-orang yang mulai sukses dari Youtube lebih lengkapnya anda bisa lihat disini.

Jenis Review yang Bisa Dilakukan di Youtube

[img.5] Jenis Review Gadget di Youtube
Courtesy of kliknklik.com
Agar channel Youtube anda dapat menghasilkan uang, anda dapat menggunakan 2 cara yang cukup dikenal.

Pertama yaitu dengan mengaktifkan iklan adsense di setiap video Youtube anda. Detailnya akan saya jelaskan pada artikel lain kapan-kapan.

Cara kedua, dan yang kali ini akan saya bahas adalah dengan me-review produk yang menjadi sponsor channel kita.

Inilah cara yang digunakan oleh kebanyakan para artis Youtube dengan subscriber banyak, dengan harapan produk mereka akan dilihat oleh pemirsa subscriber.

Lalu jenis review apa saja yang bisa kamu lakukan di Youtube? Berikut diantaranya:

BACA JUGA: Inilah Beberapa Bisnis Online yang Bisa Anda Lakukan dengan Gratis

1. Game

Baik game pada gadget (Android, Iphone, dll) maupun game PC atau console lainnya. Target viewer video ini adalah orang-orang yang menyukai game dan fanatik terhadap cerita (story) pada game tersebut.

2. Produk Kecantikan

Jenis produk ini biasa di review oleh beauty blogger yang membuat Vlog mereka lewat Youtube.

Review seperti ini ditunggu-tunggu karena banyak perempuan-perempuan yang ingin membeli produk kecantikan, namun meragukan kualitasnya. Disinilah peran para Youtuber dalam mengulas kualitas produknya.

3. Produk Mainan

Seperti ‘Ryan Toy’s Review’ yang¬†subscriber-nya sudah mencapai 1 juta sekarang ini.

Produk mainan memang kerap memiliki view banyak di Youtube. Menurut pengalaman saya, hal tersebut disebabkan oleh anak-anak yang meminja gadget orang-tua mereka untuk melihat Youtube, dan mendarat ke video review mainan karena menariknya warna, atau lucunya animasi.

4. Tempat Wisata

Referensi untuk jalan-jalan terkadang bisa lebih menarik, karena membuat pemirsanya dapat menikmati wisata walau hanya lewat layar laptop.

Anda bisa meniru bagaimana serial ‘My Trip My Adventure’ hadir di televisi, dan membawanya ke¬†channel¬†Youtube.

Internet Melahirkan Peluang-peluang Baru

Dengan bermunculannya berbagai website, social-media, hingga platform-platform lain makin melahirkan berbagai peluang-peluang baru di dunia bisnis.

Bagi para penikmat, mungkin hanya sebagai extras saja. Namun bagi orang-orang yang aktif mencari peluang-peluang bisnis baru, kesempatan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Anda orang yang berperan sebagai penikmat saja atau yang aktif mencari peluang? Berikan jawabannya di komentar ya ūüėČ

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ūüôā
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

2 Comments

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)