Pelajari Bagaimana AppSumo Memulai Bisnisnya dengan $50

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!

Anda mengenal “AppSumo”? Para pebisnis online yang aktif membeli produk digital pasti mengenalnya atau minimal pernah mendengar website tersebut. Saya beberapa bulan lalu berlangganan newsletter dari web tersebut, beberapa hari minggu setelah register, saya mendapatkan e-mail yang berjudul “How AppSumo was Built for 50$”. Karena menurut saya menarik, maka saya membuka dan membacanya.

Untuk Anda yang belum mengenal apa itu “AppSumo”, mereka adalah website yang menawarkan website apps atau aplikasi web yang premium dengan harga diskon yang tidak main-main, hingga 70%. Salah satu diantaranya ialah Trello, imgur premium (yang juga menjadi awal mula terjadinya website ini), dan penawaran lainnya.

Menarik bagaimana kisah Noah Kagan memulai bisnisnya di “AppSumo”. Berawal dari aktivitasnya di Reddit, ia menemukan peluang dengan bertanya kepada insting bisnisnya, “Apa hal yang bisa saya jual kepada user di Reddit?”

Baca juga: Pelajari Hal ini Sebelum Memulai Bisnis

Melihat banyak pengguna Reddit yang menggunakan website berbasis foto imgur, maka Noah Kagan mendapatkan sebuah ide bagaimana jika ia menawarkan versi Pro imgur kepada pengguna Reddit dengan diskon besar. Tapi bagaimana itu semua bisa dilakukan? Langkahnya ini akan mengejutkan Anda.

Keberaniannya mengontak Alan, founder imgur tidak bisa diremehkan, Noah dengan luwes mengirimkan email kepada Alan untuk kerjasama promosi dan berharap penawarannya diterima. Ternyata apa yang jadi pikirannya betul terjadi, Berikut emailnya kepada Alan:

1

Dan setelah beberapa kali berbalas email, Alan menyetujui akan dibayar seharga $7 untuk setiap Pro Version imgur yang dijual Noah yang biasanya seharga $29, dan Noah akan mendapat seluruh sisa dari profitnya.

Noah berpikir, jika ia bisa menjualnya kira-kira kepada 200 customer, maka ini bisa benar-benar jadi bisnis! Tapi ia menemukan rintangan, ia memiliki produk untuk dijual namun tanpa customer maupun website.

Maka ia mencoba untuk mengontak salah satu founder Reddit lewat email dengan “pe-de” dan mengundangnya sarapan.

Noah membicarakan rencananya untuk menawarkan suatu produk yang bernilai untuk para user Reddit (atau sering disebut ‘Reddit-tor’), dan meminta space iklan yang gratis yang bisa menampilkannya di website Reddit, dan dia dengan senang menyetujuinya.

Ini tampilan iklannya:

2

Pelajaran yang dapat diambil ialah: Bahwa dalam dunia entrepreneurs, sharing kerjasama dan komunikasi sangatlah kuat. Maka meminta bantuan kepada entrepreneurs lainnya bukanlah hal yang tabu.

Namun Noah menyadari, iklan yang ditampilkan takkan lengkap tanpa website atau landing page. Mungkin ia bisa mengarahkannya ke akun PayPal namun hal itu tidaklah cool. Maka Noah mengontak salah satu web developer kenalannya, Muhammad. Ia meminta Muhammad untuk mengkoneksi kode PHP yang ia temukan ke PayPal. Berikut email Noah kepada Muhammad:

3

Muhammad pun menyetujuinya dengan harga $50 untuk pekerjaan web developer selama 2/3 jam. Itulah biaya yang dikeluarkan Noah untuk proses awal bisnis “AppSumo” ini. Namun Noah menyarankan, sebelum menyewa web developer, lakukan validasi terhadap bisnis yang akan dilakukan. Karena hal itu akan menghemat waktu, tenaga dan tentunya uang.

Inilah landing page yang ia buat:

4

Iklan Reddit pun aktif dan dollar pertamanya mendarat!

5

Lalu Noah pun secara manual mengirimkan kode versi Pro Imgur ke email customernya.

6

Setelah Noah mencapai 200 sales pertamanya, maka ia berpikir bahwa bisnis ini potensial! Akhirnya “AppSumo” pun lahir.

Baca juga: Ini Kiat Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Apa yang dilakukan Noah merupakan sebuah penemuan formula bisnis yang semua pebisnis sukses lakukan. Mereka melakukan hal itu untuk mendapatkan potensi repeatable dari customer agar bisnis mereka long-lasting dan dapat bersaing dengan yang lain. Satu hal lagi yang dilakukan Noah adalah “Validasi Bisnis”, yaitu dimana sebelum memulai bisnis ada hal yang perlu dipastikan apakah bisnis ini merugikan atau menguntungkan?

Pengalaman Noah bisa jadi pelajaran sekaligus ide bisnis baru bagi Anda pebinsis pemula, terlebih dijaman serba cepat dan chaos ini bisnis tak ada yang bisa terus menjadi raja, maupun terus menjadi pecundang. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI YA! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)