17 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Anda Kerjakan Meski Masih ‘Ngantor’

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Pekerjaan Sampingan
Courtsey of Pixabay.com

‘Feeling’ dalam menentukan produk unggulan memang tidak dimiliki oleh semua orang. Namun itu bukan berarti tidak semua orang bisa membangun Bisnis yang sederhana, Anda bisa mulai membangunnya lewat pekerjaan sampingan yang bisa Anda kerjakan.

Kebutuhan ini bukan semata-mata karena materi saja, namun potensi lain diri seperti hobi terkadang juga perlu disalurkan agar tidak tertahan. Dan apa salahnya jika hal tersebut juga bisa jadi sumber pendapatan kedua? 😉

Potensi Penghasilan dari Pekerjaan Sampingan

[img.2] Potensi Penghasilan Pekerjaan Sampingan
Courtsey of Pixabay.com
Jika kita sudah mengetahui rumusan-rumusan dalam mengerjakan pekerjaan sampingan, sebenarnya potensi yang dimilikinya juga lumayan.

Sepengalaman saya, potensi income yang dimiliki bisa mencapai setara dengan gaji rutin bulanan.

Terbayang bukan jika misalnya kita bisa cosing 1 atau 2 klien tiap bulannya? Sudah setara 2x gaji.

Untuk Anda yang berniat untuk mengembangkan potensi sekaligus mendapatkan income tambahan yang lumayan, maka di bawah ini saya jabarkan 17 jenis side-job yang bisa Anda mulai geluti.

50 Daftar Pekerjaan Sampingan untuk Pekerja Harian

Berikut, adalah list-list side-job yang bisa Anda lakukan.

1. Online Shop

[img.3] Online Shop
Courtsey of Pixabay.com
Sudah bisa dipastikan kebanyakan pekerja kantoran, apalagi perempuan, memiliki akun di salah satu marketplace lokal Indonesia. Sayangnya mereka belum memaksimalkan potensi akun tersebut, yaitu untuk jualan!

Padahal memiliki akun di marketplace, otomatis Anda sudah bisa bikin ‘lapak’ untuk berjualan. Mulailah menjualkan barang-barang pribadi yang tak terpakai, jika sudah terbiasa mulai menjualkan produk-produk saudara, tetangga atau dari toko depan rumah. 🙂

2. Freelancer

Salah satu cara mendapatkan penghasilan yang mengandalkan keterampilan, adalah dengan menjadi freelancer.

Freelancer akan menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan kala hasil yang didapat cukup banyak, namun tidak terlalu mengganggu pekerjaan utama. Terlebih lagi jika sampingan yang dilakukan selaras dengan pekerjaan sekarang, ini akan mematangkan kemampuan dibidang yang sudah Anda tekuni sebelumnya.

3. Penulis Lepas

Jika kebetulan Anda punya kesukaan menulis, maka menjadi penulis adalah salah satu peluang Anda! Banyak aliran penulis yang bisa Anda coba, mulai dari Citizen Journalism, penulis Antologi (menulis ‘keroyokan’ dalam 1 buku), atau menjadi Publishist (pemberi materi ‘Post’ di social-media tokoh-tokoh atau artis).

Atau Anda juga bisa coba-coba mengirimkan cerpen ke majalah-majalah, koran atau Opini ke portal news lokal.

4. Blogger Review

[img.4] Blogger Review
Courtsey of Pixabay.com
Tidak jauh dari poin sebelumnya, namun kali ini kita memiliki sebuah Blog yang berisikan tulisan review produk dari sponsor. Jenis pekerjaan sampingan ini lebih fleksibel dan bebas daripada poin ke-3 yang mengharuskan kita mengirimkan cerpen ke majalah-majalah atau portal news.

Namun, ada tantangan yang perlu dilewati. Yaitu Anda masih harus membangun audience yang cocok dengan blog Anda, baru setelah ramai produk akan pasang sponsor di tulisan Anda.

BACA JUGA: Cara Buat Website Gratis dengan Langkah yang Praktis untuk Pemula

5. Publisher Adsense

Jenis ke-5 ini sama-sama mengandalkan Blog untuk bisa menghasilkan. Namun isinya bisa bermacam-macam, ada tulisan, gambar-gambar unik, video, software, dll.

Tapi ada kesamaan dari kesemuanya, yaitu Anda memerlukan sebuah konten yang bisa diisi ke dalam Blog Anda. Setelah itu, tinggal pikirkan bagaimana menggiring traffic ke blog atau website Adsense Anda. 😀

Lalu darimana income akan Anda dapatkan? Income akan didapat dari klik yang dilakukan pengunjung ke iklan adsense Anda. Lalu apa itu adsense? Singkatnya, itu adalah jaringan iklan yang dimiliki oleh Google. Dimana pengiklan membayar biaya iklan, sedang kita yang memasang akan mendapatkan bagi hasil atas biaya iklan vendor tersebut.

6. Konsultan

Untuk Anda yang biasanya ‘didengar’ di pekerjaan Anda, maka mungkin berbakat untuk menjadi konsultan. Disini Anda sebagai expert akan dimintai pendapatnya oleh klien Anda, sekaligus solusi terhadap permasalahan yang mereka alami.

Pekerjaan sampingan sebagai Konsultan, jika ingin diseriusi ternyata tidak harus full-time juga lho. Anda cukup menyisihkan waktu diantara waktu kosong pekerjaan, sembari menarik klien ke perusahaan Anda juga. 😀

Dengan ini, tentu Bos Anda akan senang dengan side-job yang mendukung bisnisnya bukan?

7. Project Hunter

[img.5] Project Hunter
Courtsey of Pixabay.com
Job ini sebenarnya unik, Anda hanya menyambungkan dua pihak yang sedang berkebutuhan, lalu mendapatkan komisi atas Jasa Anda tersebut. Saya tidak tahu apa nama resminya, tapi saya coba sebut dengan “Project Hunter”. 😛

Mengapa profesi ini potensial? Karena tidak semua orang punya koneksi yang ber-values tinggi dan kemampuan lobby yang bagus.

Nah, Anda yang ingin sukses disini perlu punya 2 hal tersebut. Sehingga ada yang ‘dijual’ saat ada permintaan kepada Anda.

Sebenarnya ini sama dengan Agen Realty, namun lebih ke perseorangan.

8. Trainer

Nah, jika Anda adalah seseorang yang suka menjadi pusat perhatian dan berbicara di depan orang banyak, maka menjadi trainer sangat cocok untuk Anda!

Namun menjalani pekerjaan sampingan ini menurut saya perlu effort lebih dan mungkin mengorbankan waktu kerja Anda sedikit. Karena boleh jadi, klien akan memanggil Anda saat waktu kerja dan Anda tidak bisa menolak.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa menawarkan event-event yang Anda adakan sendiri sehingga waktunya bisa disesuaikan.

9. Servicer

Saya ragu benar-tidaknya profesi ini saya namakan, namun sederhananya profesi ini menawarkan keahliannya dalam membetulkan barang-barang elektronik atau gadget, dan sejenisnya.

Banyak orang-orang yang tak paham bagaimana membetulkan barang-barangnya, bahkan banyak juga yang sudah tahu namun sekedar tidak sempat. Disinilah profesi ini dibutuhkan, peluang ini bisa Anda ambil untuk mencoba.

10. Pengajar Les

[img.6] Pengajar
Courtsey of Pixabay.com
Pekerjaan sampingan sebagai pengajar les sudah saya kenal sejak masa-masa kuliah. Biasanya pun memang yang melakukannya adalah para Mahasiswa yang perlu uang tambahan.

Untuk Anda yang pekerja kantoran, saya bisa sarankan untuk mengajar les yang sifatnya skill. Mengajar software misalnya, atau manajemen project, itu semua berpotensi menghasilkan.

BACA JUGA: Panduan Kerja Online dan 17 Situs Lowongan Freelance

11. Penjual Pulsa

Cukup dengan HP saja lalu mendaftarkan ke agen pulsa, Anda sudah bisa berjualan pulsa secara sederhana. Memang tidak sampai menjual perdana di outlet pingir jalan, namun jika pintar memasarkan Anda akan bisa melampaui mereka juga.

Anda bisa menawarkannya lewat forum-forum, marketplace, atau sekedar ke teman-teman kantor saja.

12. Ojek Online

Nah, yang satu ini adalah peluang yang sedang Booming di antara para pekerja harian, baik itu kantor ataupun toko-toko. Cukup dengan bermodal motor saja, Anda sudah bisa ikutan Ojek Online ini.

Untuk bisa mengikuti ini, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Bisa ke kantor pusat, atau ke agen biasa.

13. Taxi Online

[img.7] Driver Uber & Go Car
Courtsey of Pixabay.com
Masih sama dengan poin ke-12, pekerjaan sampingan model begini cukup bermodalkan kendaraan. Jika sebelumnya motor, sekarang Anda perlu mobil untuk melakukannya.

14. Franchise

Bertebaran peluang franchise atau waralaba sekarang ini, dengan modal kira-kira 5 jutaan Anda sudah bisa membuka sala satunya.

PR yang harus diselesaikan, karena Anda pekerja harian maka Anda perlu mencari pegawai yang dapat dipercaya serta fasilitas-fasilitas untuk pegawai Anda tersebut.

Itu pun akan menjadi cost tersendiri nantinya.

15. Investor

Di era menjamurnya bisnis yang dikerjakan anak muda, maka peluang untuk menjadi investor mereka terbuka luas. Para pekerja yang biasanya memiliki simpanan dana bisa memanfaatkan peluang ini, dengan deal saham atau bagi hasil misalnya, Anda bisa mendapatkan income sampingan.

Tapi memang ada resiko di model ke-15 ini, untuk menentukan sebuah bisnis layak diberikan dana memerlukan intuisi seorang Investor. Tak jarang justru dana yang ditanam menjadi hangus, gara-gara meruginya bisnis tersebut.

16. Pedagang Kuliner Malam

Industri Jajanan malam hari berkembang makin ‘liar’, ragam jajanan menghiasi malam-malam ibu kota. Bagi Anda yang penasaran ingin ikut disini, Anda bisa coba menjajalnya selepas kerja harian Anda.

Anda bisa mencoba untuk jual sosis bakar, gorengan cireng, pakaian-pakaian atau jilbab untuk anak-anak, aksesoris handphone dan lain sebagainya.

17. Catering Rumahan

Untuk ibu-ibu rumahan, bisa mencoba untuk menawarkan jasa catering harian sekitaran komplek. Karena biasanya ibu-ibu komplek itu loyal, maka rasanya Anda punya peluang besar untuk mulai usaha sampingan di rumah ini!

Tapi karena disini kita membahas tentang usaha yang bisa dikerjakan sembari ‘ngantor’, maka para ibu-ibu kantoran bisa menyiapkan masakannya malam hari, atau bermain di produk frozen food yang sedang hits!

Hobi jadi Bisnis Jadi, Mengapa Tidak?

[img.8] Hobi jadi Profesi
Courtsey of Pixabay.com
Ada 10+ model pekerjaan sampingan yang sudah dibahas di atas, sebagian besarnya bisa dikatakan adalah hobi orang sehari-hari.

Apakah dari sebuah hobi kita bisa menjadikannya profesi yang serius atau Bisnis?

Jawabannya mungkin saja, “Kenapa tidak?” 😉 (Raf)

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)