Mengenal Apa Saja Fungsi, Tugas & Pekerjaan Marketing4 min read

[img.1] Pekerjaan Marketing
Courtesy of Pixabay.com

Sebuah bisnis akan terus bisa menjual selama ada 2 elemen utama di dalamnya, yaitu produk dan promosi bahkan jika tidak ada divisi lainnya. Itulah sebuah contoh pentingnya pekerjaan marketing dalam suatu bisnis atau perusahaan.

Maka tak heran jika beberapa perusahaan memberikan insentif kepada divisi marketing jika berhasil mencapai target yang ditentukan sang owner. Belum lagi ketua atau lead marketing, akan ada ragam insentif lain dari sang owner.

Fungsi Marketing untuk Bisnis

[img.2] Fungsi Pekerjaan Marketing
Courtesy of Pixabay.com
Bisnis yang baik akan memperhatikan elemen-elemen marketingnya, mulai dari tehniknya, strategi, hingga tim SDM-nya. Ia akan terus meng-upgrade fasilitas dan kemampuan tim, sehingga target sales terus tercapai bahkan melampaui.

Begitu pentingnya marketing bagi bisnis, maka untuk Anda yang memahami konsep tersebut serta yang berkecimpun di pekerjaan marketing harus memahami posisi mereka akan menentukan keberlangsungan bisnis.

Jadi apa sebenarnya fungsi pekerjaan Marketing pada Bisnis? Apa perbedaannya dengan Sales?

Masih banyak sekali yang menyalah-artikan bahwa pekerjaan Marketing sama dengan Sales, padahal ada perbedaan besar di bagian cakupan pekerjaan, Bahkan perusahaan-perusahaan besar masih memiliki miskonsepsi ini.

Tugas seorang marketing secara umum adalah untuk membuat terjadinya penjualan tanpa secara langsung ia menjual, berbeda dengan sales.

Perbedaan Marketing dan Sales mungkin tidak besar, karena sales adalah bagian dari marketing itu sendiri.

Sales hanya fokus bertugas untuk menghasilkan penjualan saja, cakupannya langsung ke konsumen tanpa memikirkan strateginya. Mereka cukup bertanggung jawab atas terjadinya sales atau tidak, medianya mungkin berupa pertemuan langsung ke konsumen, telepon (telemarketing) dan semua hal yang sifatnya direct.

Berbeda dengan Marketing. Pekerjaan marketing memikirkan strategi yang lebih menyeluruh, mulai dari sebelum eksekusi promosi hingga pasca-promosi untuk jangka panjang. Marketing bertanggung jawab atas keberlangsungan bisnis kedepannya, citra bisnis di mata konsumen, hingga loyalitas konsumen kepada produk.

BACA JUGA: Mengenal Istilah Internet Marketing dari Basic

Beberapa Tugas Pekerjaan Marketing dalam sebuah Bisnis

[img.3] Tugas-tugas Marketing Officer
Courtesy of Pixabay.com
Jika sebelumnya saya jelaskan bahwa marketing befungsi untuk menjamin keberlangsungan bisnis, kini ada beberapa tugas dari pekerjaan marketing yang bisa jadi referensi Anda sebelum mulai terjun di dunia marketing.

1. Menyusun & Menyiapkan Strategi sebelum Eksekusi Promosi

Sebelum promosi berlangsung, marketing harus menyusun bagaimana strategi yang tepat bagi bisnis dalam melakukan promosi sesuai target market yang bisa membeli produk kita.

Hal-hal itu seperti menentukan media mana yang akan digunakan; socialmedia, website, reklame, iklan baris dan seterusnya, bagaimana konsep pemasarannya; web series, youtube series, tv show, celebrity endorsement, dan seterusnya, hingga pendekatan design yang harus dilakukan.

2. Konsep Pemasaran ketika Eksekusi Promosi Berjalan

Setelah mempersiapkan pre-promotion, pekerjaan marketing juga mencakup bagaimana konsep eksekusi di lapangan ketika promosi berlangsung.

Apakah modelnya akan berbentuk booth, activation berupa event, door-to-door bekerja sama dengan lingkungan warga, dan seterusnya.

3. Mengevaluasi Eksekusi Promosi dan Konsep Promosi Jangka Panjang

Terakhir, setelah semua itu berlangsung divisi marketing harus melakukan evaluasi tentang apa yang dilakukan dan bagaimana konsep marketing jangka panjang selanjutnya agar penjualan terus terjadi tanpa perlu eksekusi promosi terus-menerus seperti event dan door-to-door marketing.

Beberapa pekerjaannya mungkin seperti iklan di social-media, search engine, beberapa situs besar, kerja sama berkelanjutan dengan badan pemerintahan, dan lain sebagainya yang merupakan tugas Marketing Officer.

BACA JUGA: Strategi Marketing & Studi Kasus para Guru Marketing Meningkatkan Sales dengan ‘Kolam Bisnis’

Karakter Manusia atau SDM yang dibutuhkan dalam Pekerjaan Marketing

Courtesy of Pixabay.com

Jika Anda masih mengerjakan aktivitas pemasaran sendiri dalam bisnis, maka karakter ini bisa Anda adopsi sendiri. Tetapi jika kini Anda sudah sebagai pemilik bisnis, karakter ini bisa Anda tularkan dan ajarkan kepada tim Anda.

– Selalu Menawarkan Solusi

Produk dalam sebuah pemasaran sebenarnya hanyalah media bagi sebuah bisnis untuk menawarkan solusi kepada konsumennya. Produk itu bisa berupa barang atau jasa.

Maka marketing yang baik adalah seseorang yang memberikan solusi kepada konsumennya dengan mencari tahu apa kebutuhan konsumen sebenarnya.

– Mengutamakan Konsumen

Meski pekerjaan marketing sudah pasti untuk perusahaan atau bisnisnya, tetapi dalam hal niat haruslah mengutamakan konsumen. Karena tanpa konsumen maka sebuah bisnis tak akan berjalan dan menghidupi tim-tim di dalamnya.

– Bekerja Efisien

Selain tentang konsumen, marketing yang exellent akan bekerja secara efisien dengan tools yang tersedia. Efisien maksudnya menghasilkan yang maksimal, dengan sumber daya yang cukup.

Marketing Alat Hidup sebuah Bisnis

[img.5] Hidup Bisnis pada Marketing
Courtesy of Pixabay.com
Berkembangnya kemampuan sebuah bisnis memasarkan sebuah produk, menjadi kebutuhan juga sebuah bisnis untuk menguasainya. Karena jika tidak ia akan tertinggal diantara kompetitor-kompetitor lainnya.

Untuk itu tim marketing harus selalu menjadi bagian utama bisnis yang diperhatikan dan dikembangkan sesuai perkembangan zaman.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Riant Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.