Panduan Kerja Online dan 17 Situs Lowongan Freelance

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Panduan Kerja Online
Courtesy of pexels.com

Makin bermacam saja cara orang-orang mencari uang di era millenials ini, trend menunjukkan salah satunya ialah aktivitas kerja online yang kini sedang populer di kalangan anak muda.

Satu hal yang menyebabkan aktivitas kerja online bisa populer di kalangan anak muda tidak lain adalah karena fleksibilitas waktu dalam melakukan pekerjaan. Dengan bekerja secara online—atau bisa juga disebut sebagai freelancer—, anak muda bisa mengatur seberapa lama waktu mereka bekerja per harinya.

Selain itu, banyak juga ternyata anak muda yang konsisten melakukan aktivitas kerja online menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit.

Petinggi Freelancer.com dalam interviewnya di NET Tv mengungkapkan ada anak muda Indonesia yang berhasil mengumpulkan sekian Milyar Rupiah dalam satu tahun ia bekerja secara online atau freelance.

Persiapan dalam Melakukan Kerja Online

[img.2] Persiapan Memulai Kerja Online
Courtesy of Pixabay.com
Jika pembukaan diatas sudah membuat anda tertarik untuk terjun ke dalam aktivitas kerja online, maka ada persiapan yang perlu anda lakukan sebelum memulainya.

Persiapan yang pertama ialah Mindset!

Berbeda dengan pekerja kantoran, menjadi freelancer baik itu online maupun offline tidak serta-merta bisa menghasilkan pendapatan yang rutin dan stabil. Kebanyakan orang enggan memulai kerja online karena diliputi rasa khawatir akan ketidakpastian income mereka.

Walaupun, bagi pekerja online hal ini tentu sudah mereka persiapkan serta hitung-hitung kemungkinannya. Maka jika dalam sebulan seorang pekerja online tidak mendapatkan pemasukan atau order apapun, itu hal yang biasa.

Tapi tentunya ia punya strategi tersendiri dalam menghadapinya.

Persiapan Kedua ialah Mental!

Jika mindset anda sudah dibenahi, bahwa ketidakpastian itu akan selalu saja ada dalam aktivitas kerja online. Kini giliran untuk melengkapi diri anda dengan ‘Mental Pejuang yang Tak Patah Arang!’

Menjadi pekerja online, anda tidak bisa diam saja lalu ujug-ujug mendapatkan order. Ada kerja keras yang harus dilakukan untuk mempromosikan produk anda baik itu barang maupun jasa.

Dan dalam mempromosikan produk, pasti ada saja kegagalan yang dihadapi. Disinilah ‘Mental Pejuang’ anda butuhkan. Jangan sampai kegagalan tadi mengentikan Perjuangan anda, evaluasi kinerjanya, tutup celah atau lubang-lubang kekurangan dan eksekusi berdasarkan evaluasi tadi untuk selanjutnya.

Modal

[img.3] Modal Kerja Online Sukses
Courtesy of Unsplash.com
Bekerja secara online bukan tanpa modal. Setiap bisnis se-sederhana apapun dapat dipastikan membutuhkan apa yang namanya Modal.

Di dunia Kerja Online, modal yang paling dibutuhkan seseorang ialah Skill atau Kemampuan yang dapat ditawarkan kepada pembeli dengan sejumlah uang.

Beberapa Skill yang bisa anda tawarkan di dunia Online dan laris adalah sebagai berikut:

  • Skill menulis dan copywriting
  • Skill menerjemahkan tulisan
  • Skill mengajar berbagai pelajaran/ Ilmu
  • Skill meningkatkan bisnis atau sesuatu (seperti SEO, digital marketing, promosi med-sos)
  • Skill membuat sebuah program
  • Skill mendesign
  • Skill mengatur layout dan membangun website
  • Dan sebagainya.

Anda bisa mulai menawarkan jasa jika anda memiliki salah satu dari skill yang sudah disebutkan diatas.

Walaupun, masih begitu banyak kesempatan bagi anda apabila tidak ada satupun skill diatas yang anda bisa. Coba cari kelebihan pada diri anda, lalu tawarkan dulu ke teman-teman anda untuk mengetest respon pasar.

Karena sepengetahuan saya, ada seorang freelancer yang menawarkan suara latar atau Voice Over di internet dan ia laris mendapatkan order dari berbagai penjuru negara.

BACA JUGA: Begini Cara Mengatur Target Omset Bisnis Online Anda!

Hal Lain yang Perlu Anda Miliki & Persiapkan

[img.4] Persiapan Lain
Courtesy of Gratisography.com
Langkah-langkah diatas sepertinya cukup bagi anda untuk memulai aktivitas kerja online secepatnya. Namun, orang-orang membutuhkan sebuah bukti atau kredibilitas penyedia jasa untuk mengukuhkan niatnya dalam memakai jasa anda.

Maka ada beberapa hal lain yang perlu anda lakukan dan persiapkan untuk mendapatkan kredibilitas tersebut. Beberapa diantaranya adalah:

  • Akun Social-Media yang Kredibel

Kredibel dalam hal ini adalah penting bagi netizen. Mereka tidak akan mau memakai jasa dari orang yang tidak jelas asal-usulnya. Maka melengkapi akun social-media dengan keterangan-keterangan yang lengkap harus anda lakukan.

Selain itu, design social-media anda juga sangat berpengaruh bagi netizen. Mereka tentu akan kepo-in social-media anda sebelum mengontak dan memakai jasa anda. Maka lengkapi dengan design yang unik, khas dan mudah diingat.

Terakhir, netizen akan melihat seberapa banyak orang percaya kepada anda lewat followers yang anda miliki. Maka mencari followers bisa jadi pilihan jika anda ingin benar-benar unggul, walaupun bukan prioritas.

  • Website Portofolio

Jika anda memiliki modal lebih, anda dapat membuat portofolio sebagai bentuk keseriusan anda dalam terjun di dunia kerja online. Disini anda bisa menempatkan hasil-hasil karya anda sebelumnya, entah itu design produk, design layout, program yang telah dibuat, klien-klien yang sudah bekerja sama, hingga testimoni dari klien anda.

Ini akan sangat berguna untuk anda, mengingat social-proof sangat dibutuhkan dalam menawarkan jasa untuk kerja online anda. Karena makin banyak penipu di internet sekarang ini.

Daftar Tempat Freelance & Kerja Online

[img.5] Daftar Peluang Kerja Online
Courtesy of startupstockphotos.com
Setelah melakukan semua hal diatas, maka kini akan saya sampaikan tempat-tempat dimana anda bisa praktek untuk kerja online.

Mulailah dari sekarang! Mulai dari registrasi dan buat akun disana, lalu coba-coba apply pekerjaan atau job, tidak perlu muluk-muluk harus dapat kerja.

Hal yang perlu diperhatikan:

Dalam melengkapi registrasti untuk melakukan aktivitas kerja online, anda harus memberikan informasi selengkap-lengkapnya. Mulai dari data diri anda harus terlihat kredibel, sama seperti poin akun social-media diatas, lalu dilanjutkan dengan penyebutan hasil karya atau penghargaan-penghargaan.

Atau jika anda tidak mau repot, anda tinggal berikan alamat social-media dan website portofolio anda. Itulah kegunaan 2 hal tadi diatas.

Berikut adalah 17 tempat kerja online yang bisa anda coba:

Kerja Online sebagai Freelancer

[img.6] Freelance
Courtesy of startupstockphotos.com

1. Freelancer.com

Situs ini menawarkan berbagai pekerjaan dari berbagai penjuru dunia dan berbagai variasi pekerjaan, mulai dari menulis, web developer, pembuat tema wordpress, dan lain-lain. Jumlah bayaran ditetapkan oleh si pemilik pekerjaan, mulai dari ratusan ribu untuk pekerjaan sederhana, hingga puluhan juta untuk pekerjaan yang kompleks.

Namun jika anda ingin mencari pekerjaan khusus di Indonesia, anda bisa mengunjungi Freelancer.co.id saja.

2. Fiverr.com

Hampir sama dengan Freelancer, perbedaannya disini adalah Fiverr memberikan bayaran minimal 50 ribu rupiah. Sehingga pencari jasa dapat mendapatkan jasa apa saja dengan harga minimal tersebut.

Namun, ada beberapa ‘UpGrade’ yang disediakan oleh pemilik jasa dengan tambahan harga tertentu. UpGrade tersebut bermacam-macam, mulai dari kecepatan pekerjaan, tambahan revisi untuk design, atau hak cipta.

3. Goban.com

Sama seperti Fiverr yang memberikan harga minimal jasa sebesar 50 ribu. Perbedaannya, jika Fiverr dimiliki oleh orang luar negeri dan memerlukan pembayaran dengan Paypal, Goban.com dimiliki oleh anak Indonesia serta pembayaran dapat dilakukan oleh Bank Transfer.

ADVERTISEMENT

4. serba50ribu.com

Kurang lebih sama dengan Fiverr dan Goban.com, perbedaannya hanya pada merek atau brand.

5. Sribulancer.com

Jika Freelancer merupakan perusahaan yang berasal dari luar negeri, Sribulancer merupakan hasil karya anak bangsa. Serta disini jasa terbatas hanya untuk yang ingin dibuatkan design seperti banner, poster atau pamflet, dan lain-lain.

6. Odesk.com

Sama seperti beberapa situs freelance sebelumnya.

Mengajar Online

[img.7] Tutor Online
Courtesy of raumrot.com
Jika anda senang untuk mengajar, apapun bentuknya, berikut adalah situs-situs yang memerlukan jasa anda

BACA JUGA: Strategi Bisnis Online yang Saya Pelajari dari Denny Santoso

7. Lifecoach.com

Jika anda memiliki kemampuan mengajar dan mengetahui sediki sisi-sisi psikologi dan pengembangan diri, di Lifecoach anda dapat melakukan apply untuk menjadi coach disana.

Caranya ialah anda tinggal menuju link berikut ini: lifecoach.com/become-life-coach, lalu mendaftar atau mengontak pemilik websitenya.

8. Udemy.com

Situs ini merupakan tempat untuk mempelajari Ilmu apapun, disana tersedia tutor online untuk membimbing anda sesuai spesialis masing-masing.

Tentu mereka membutuhkan pengajar bukan? Jika anda merasa memiliki skill yang dapat diajarkan ke orang banyak, maka anda salah satu tutor yang dicari. Tinggal menuju ke link ini: teach.udemy.com, lalu ikuti petunjuk disana.

9. Zenius.net

Zenius kabarnya meraup keuntungan hingga 5,8 Milyar sepanjang 2013 dan 2014. Itu artinya banyak sekali orang yang menggunakan jasa mereka.

Dengan banyaknya permintaan, sudah tentu bayak dibutuhkan tenaga pengajar atau video designer. Anda bisa coba untuk mengontak mereka melalui e-mail di [email protected].

10. Tutor.co.id

Sama seperti Zenius, website ini menyediakan berbagai tutor online di berbagai bidang. Anda dapat melakukan apply untuk menjadi salah satu tutor melalu link ini: tutor.co.id/browsewanted

Menulis Online

[img.8] Menulis Online
Courtesy of splitshire.com
Setiap orang bisa menulis, beberapa orang ahli dalam melakukannya. Jika menulis menjadi Hobi anda dan anda ingin membuatnya menghasilkan, maka anda bisa mencobanya di situs berikut ini:

11. Write.com

Situs ini menyediakan layanan jasa penyedia konten untuk perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan konten untuk pemasarannya. Misal, sebuah perusahaan Yoga membutuhkan penulis ahli yang dapat menjawab berbagai pertanyaan dari klien-kliennya.

Disini peran Write.com untuk menyediakan konten yang berkualitas, berasal dari para expert yang terpilih. Jika anda merasa expert dalam suatu hal, anda dapat meng-apply untuk jadi penyedia konten lewat link ini: write.com/become-an-expert/

12. freelancewriting.com

Situs ini mengklaim dirinya telah membantu para Freelance writer untuk sukses sejak 1997. Setelah dilihat-lihat, ternyata situs ini menghimpun berbagai tempat untuk mencari pekerjaan menulis freelance.

Anda boleh mencobanya, job untuk menulis dapat anda lihat di link ini: freelancewriting.com/freelance-writing-jobs.php

13. Kontenesia.com

Website ini paling saya rekomendasi untuk mencari job menulis secara online. Mengapa? Karena situs ini milik beberapa kenalan saya pribadi. Mereka memiliki team yang komitmen mengurus website ini.

Seperti Write.com, website ini menawarkan jasa penulisan konten mulai dari Blog, panduan, Artikel majalah dan sebagainya untuk keperluan konten perusahaan atau pribadi.

Jika anda berminat, anda bisa melihat info untuk menjadi penulis disana pada laman ini: kontenesia.com/mau-jadi-penulis/

Mengisi Survey Online

[im.9] Survey dapet Duit
Courtesy of splitshire.com
Banyak perusahaan yang membutuhkan feedback customer atau calon customernya. Disinilah peran situs-situs penyedia survey online dibutuhkan.

Hanya ada satu yang saya rasa cukup kredibel untuk anda mencobanya.

14. Id.Ipanelonline.com

Di situs ini akan ada penawaran survey setiap waktunya lewat email anda, disana anda bisa menerima atau menolaknya. Beberapa survey memiliki limitnya masing-masing, jadi anda bisa saja tidak mendapatkan giliran untuk memberikan survey.

Setiap survey yang anda lakukan, akan ada poin yang diberikan. Uang atau cash hanya akan dapat diberikan jika poin mencapai jumlah tertentu.

Menjadi Translator Online

[img.10] Survey Online
Courtesy of splitshire.com
Kemampuan menerjemahkan bahasa ternyata juga dibutuhkan di dunia Online. Beberapa adalah situs pencari jasa penerjemah yang dapat anda coba.

15. TranslationDirectory.com

Situs ini ialah semacam forum yang menyatukan berbagai penerjemah di seluruh dunia. Disana terdapat berbagai artikel dan tips bagaimana menjadi penerjemah yang baik.

Nah, beberapa orang disana memposting pekerjaan untuk menjadi penerjemah. Berikut adalah salah satu pekerjaan yang menurut seorang blogger kredibel: translationdirectory.com/translation_jobs/indonesian_english_translation_jobs.php

16. ProZ.com

Seperti TranslationDirectory.com, situs ini merupakan wadah dimana berbagai translator bisa menjalin hubungan dan tentunya berbagi job sebagai penerjemah.

Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk jadi membernya. Tenang saja, semua Gratis.

Setelah itu, anda bisa masuk ke halaman ini untuk mencari job sebagai penerjemah: proz.com/indonesian-translation-jobs

17. HPI.or.id

Untuk yang terakhir ini, merupakan himpunan resmi seluruh penerjemah di Indonesia dan anda bisa menjadi anggota dan tentunya mendapatkan sertifikat sebagai penerjemah. Hal ini tentunya untuk membangun kredibilitas sebagai seorang penerjemah yang handal.

Jika anda tertarik meningkatkan keseriusan anda dalam menjadi penerjemah, maka anda bisa mendaftar di laman berikut ini: hpi.or.id/keanggotaan

Potensi Kerja Online yang Besar dan Gurih

Sebagai pekerja profesional, walaupun anda bekerja secara online tanpa tatap muka, tetaplah berikan service yang terbaik untuk klien anda. Karena mereka bukanlah iseng-iseng saja dalam memakai jasa anda.

Bukan tidak mungkin jika pelayanan anda kepada klien bagus, klien tersebut akan memberikan kesempatan kepada anda untuk mengerjakan proyek bernilai ratusan juta rupiah. Walau tentu jika ini terjadi, tetap diperlukan tatap muka untuk kepercayaan.

Melakukan aktivitas kerja online sangatlah berpeluang menjanjikan income besar jika dilakukan secara serius.

Perlakukanlah klien anda laksana raja dan sahabat yang memerlukan pertolongan anda. Jika hal itu anda lakukan, nilai uang yang diberikan sebenarnya tidaklah penting. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:
Loading...

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)