Order Laris dengan 3 Strategi Pemasaran Produk Jasa ini!

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Strategi Pemasaran Produk Jasa
Courtesy of viva.co.id

Kegiatan promosi dalam setiap produk jadi peranan yang sangat krusial, tanpa hal itu produk Bisnis anda tidak akan mendapatkan customer atau pelanggan. Selain aktivitas promosi, harus ada penerapan strategi pemasaran dalam penerapannya.

Salah satu produk bisnis yang akan dibahas kali ini adalah produk jasa.

Bisnis Jasa, Salah Satu Jenis Bisnis yang Banyak Lahan Garapannya

Setiap orang pasti memiliki keahlian, kadang bahkan kita tidak menyadari kalau kita memiliki sebuah keahlian. Di Jepang ada seseorang yang dibayar ratusan juta per bulannya hanya dengan me-review sebuah Game sebelum ia diluncurkan dipasaran. Namanya Moru-Chan.

Ia bekerja untuk bermain game selama 3 bulan di apartemennya dan dibayar sebesar USD10.000 atau sekitar Rp115 juta (Rp11.507 per USD).

Moru akan memberikan feedback yang profesional kepada Developer Game tersebut tentang apa yang kurang dan perlu diperbaiki.

Bahkan saya pernah juga membaca pekerjaan untuk mencoba sebuah kasur. Bayangkan! Anda tidur dan dibayar!

Maka tidaklah salah jika saya bilang Bisnis Jasa adalah salah satu produk bisnis yang digemari orang banyak. Bagaimana tidak, keahlian anda dapat menghasilkan uang dan itu berarti tidak mengeluarkan modal sama sekali.

Kecuali jika anda berniat untuk mengupgrade diri dengan mengambil kelas-kelas, workshop dan sebagainya.

Baca Juga: Mengetahui Jenis Bisnis Sebelum Memulainya

[img.2] Penyedia Jasa Design Grafis melakukan Strategi Pemasaran Produk Jasa
Courtesy of bandungdesign.com

Strategi Pemasaran Produk Jasa yang Berbeda

Berbeda dengan kebanyakan produk fisik maupun digital, produk jasa membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda.

Anda akan dianggap sebagai Professional yang ahli oleh klien anda, maka bekerjalah dengan profesional. Strategi pemasaran produk jasa juga menuntut waktu anda sebagai penyedia, sehingga klien sebenarnya sedang menukarkan uang mereka dengan waktu dan skill anda.

3 Tips Pemasaran Produk Jasa yang Harus Diketahui agar Order Langsung Berdatangan

Saya yakin setiap orang yang menerapkan strategi yang benar dalam produknya, pasti akan mendapatkan order. Termasuk dengan produk jasa.

Berikut adalah 3 tips sederhana yang bisa anda lakukan saat membuka sebuah jasa, dan langsung mendapatkan order!

1. Promosikan Kepada Teman Dekat

Sahabat adalah tempat paling tepat untuk mencari pendapat jujur, termasuk pendapat untuk Jasa kita. Jika anda memiliki seorang teman dan sahabat yang kenal betul skill anda, maka anda bisa menawarkannya kepada mereka, siapa tau order pertama justru dari mereka.

2. Promosi di Grup & Forum Komunitas

Grup atau komunitas yang sesuai dengan target jasa mu akan jadi tempat lumbung order jasa anda, bukan se-niche dengan jasa anda.

Misalnya; Saat anda memiliki jasa desaign grafis, maka promosikanlah jasa anda disebuah grup & forum bisnis, lalu tawarkan adakah yang mau mendesign banner digital, spanduk atau kemasan produk? Berikan contohnya, lalu anda tinggal panen raya.

3. Beri Diskon untuk Klien pertama, atau malah Free Trial

Diskon atau potongan harga dan free trial untuk jasa jadi strategi paling menggiurkan buat sebagian besar penyedia bisnis jasa. Anda bisa memberikan potongan 50% bagi klien pertama, atau dalam rentang waktu yang adan tentukan.

Diskon atau potongan harus besar agar menarik, hal ini yang dilakukan Go-Jek dalam awal-awal masa pengenalannya ke customer. Namun entah sampai kapan ongkos Go-Jek yang hanya 10-15ribu itu berakhir.

Di luar negeri, layanan web aplikasi sering sekali menggunakan strategi¬†“7-Day Trial” hingga “30-Day Trial”. Seakan-akan ini jadi strategi pemasaran produk jasa web aplikasi yang baku untuk digunakan disana.

Atau ada juga pengklasifikasian Level Member. Jadi ada member Premium dan Free, yang dimana premium akan mendapatkan fitur yang lebih advance daripada member free.

Ini sejenis dengan strategi memberikan sampling makanan yang sering kita lihat di Mall-mall besar Ibukota.

Baca Juga: Sukses Promosi di Instagram dengan 17 Strategi Jitu Ini!

[img.3] Skill jadi Salah Satu Penentu Suksesnya Bisnis Jasa
Courtesy of onlinecollegecourses.com

Lakukan Peningkatan Skill Anda

Melakukan bisnis jasa berarti menjual kemampuan diri sendiri dan waktu untuk mengerjakan pekerjaan (keinginan) orang lain. Maka dari itu, sudah tentu anda wajib untuk meng-upgrade skill anda.

Hal ini bukan hanya untuk meningkatkan daya tawar anda kepada klien terhadap fee service anda, namun juga memberikan hasil terbaik yang bisa anda tawarkan kepada klien.

Tapi apapun itu, penyedia bisnis jasa harusnya berpegangan pada kepuasan klien daripada kepuasan kanting lebih diatas segalanya. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ūüôā

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)