Cara Mengetahui Kecepatan Website dan Bagaimana Memperbaikinya4 min read


[img.1] Optimasi Website
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Memiliki sebuah Website untuk memasarkan produk atau Bisnis kita terbukti sangat efektif di Dunia Digital sekarang ini. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya brandbrand besar menggunakannya untuk menjangkau calon customer yang berada di luar domisilinya.

Terlihat perusahaan-perusahaan besar Amerika seperti Apple, Microsoft, Nike, Adidas, dan sejenisnya menggunakan website untuk memasarkan produk-produknya ke luar Amerika Serikat. Tentu dengan kemudahan pembayaran dan pengiriman ke seluruh Dunia.

Tetapi, ada hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memasarkan produk menggunakan website.

Salah satu yang paling penting adalah Anda harus me-maintain kecepatan Web Anda agar tidak terlalu lambat diakses oleh pengunjung di seluruh Dunia.

Mengidentifikasi Kecepatan Website dengan Tools Gratis

Ada banyak tools dengan basis Website yang beredar di Internet dan menjadi acuan cepat-tidaknya sebuah website di seluruh Dunia.

Dengan bantuan tools ini, Anda jadi lebih mudah menemukan letak hal-hal yang harus dioptimasi agar website Anda cepat.

Saya beberapa kali mencoba juga untuk website Plaza Bisnis, dan ternyata… website ini cukup lambat diantara banyak website yang ada.

[img.2] Hasil Test Kecepatan
Private Courtesy
Mohon maaf ya para pembaca. 😀

BACA JUGA: Tips Membuat Konten Terbaik dari Blogger SEO Terbaik Dunia

Beberapa Tools untuk Test Kecepatan Website

Courtesy of Unsplash.com

Saya yakin ada banyak tools yang tersedia di internet untuk melakukan ini, tapi hanya beberapa yang sering dipakai dan kebetulan saya pakai juga.

Berikut adalah listnya.

1. Pingdom Test

Mungkin Pingdom adalah salah satu website paling sering dipakai oleh para Webmaster, karena memuat cukup banyak detail tentang apa saja yang harus dioptimasi.

Anda cukup memasukkan link atau url website Anda ke kolom yang tersedia, pilih server test (bebas), lalu jalankan test dengan ‘Start Test‘.

2. GTmetrix

GTmetrix menampilkan huruf sebagai grade kecepatan web. A untuk yang paling cepat, B sedikit lambat, C, D, E dan selanjutnya menjadi paling lambat.

GTmetrix setingkat lebih lengkap menampilkan grade dari beberapa standard, yaitu Pagespeed dari Google, dan YSlow dari Yahoo.

3. Pagespeed Insight

Terakhir, adalah Pagespeed Insight dari Google. Mungkin ini adalah tools berbasis web yang wajib dipercaya hasilnya, karena tool ini berasal dari empunya search-engine yaitu Google.

Dimana kecepatan website juga jadi acuan suatu web ‘nangkring’ atau juara di mesin pencari.

Berkebalikan dari GTmetrix, Pagespeed Insight memberikan score 1-100 dimana makin tinggi score-nya berarti makin cepat website Anda.

Pada Pagespeed Insight ini Anda juga bisa melihat poin-poin rekomendasi dari Google bagaimana Anda bisa mengoptimasi website Anda agar lebih cepat.

Tips & Cara-cara Agar Website Anda Lebih Cepat

Ada beberapa cara agar website Anda bisa lebih cepat, atau lebih teknis yaitu cara untuk mendapatkan score lebih baik di tooltool di atas.

1. Optimalkan Ukuran Gambar

Terkadang, kita mengupload gambar-gambar yang terlalu besar ukurannya ke dalam konten kita. Padahal sebenarnya, dengan ukuran lebih kecil pembaca juga masih bisa melihat gambar tersebut dengan baik.

Untungnya bagi Anda yang menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan beberapa plugin Gratis ataupun berbayar yang bisa ditemukan disini.

BACA JUGA: Mengenal Jenis-jenis Website Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

2. Kurangi Script-script yang Tak Perlu

Seperti orang yang baru memiliki rumah atau kamar, pasti begitu bersemangat menghiasnya dengan dekorasi-dekorasi yang bahkan tanpa konsep. Begitu juga saya waktu dahulu baru memiliki website.

Saya begitu bersemangat menaruh beberapa pernak-pernik seperti Facebook Fanpages widget, Like Facebook widget, Pop-up berlebihan dan lain-lain.

Padahal hal tersebut akan memperlambat website Anda, yang nantinya akan merugikan visitor dan membuat calon pembeli ‘lari’ keluar website Anda.

3. Pakai versi HTML Website

Sebuah Website bisa dibangun dari berbagai macam dan jenis elemen, dan WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang dapat membangun sebuah Website tersebut.

Tapi terkadang, beberapa theme atau design WordPress memiliki banyak beban yang membuat website lambat.

Untuk itu, Anda bisa memakai elemen HTML yang bukan berupa CMS. HTML ini ibarat sebuah lembaran-lembaran halaman yang bisa Anda tautkan satu sama lainnya.

Sehingga pengunjung akan tetap merasakan pengalaman website yang normal, namun dengan waktu loading yang lebih cepat.

Waktu Loading yang Cepat dapat Meningkatkan Waktu Kunjungan, serta Kemungkinan Sales yang Tinggi

[img.4] Waktu Loading
Courtesy of Pixabay.com
Mengapa kecepatan harus menjadi concern Anda dalam membangun sebuah website? Karena hal ini akan berpengaruh dalam kemungkinan terjadinya sales.

Coba bayangkan, antara pengunjung yang berada di web selama 5 menit dengan 10 menit, mana yang lebih mungkin membeli produk Anda?

Begitulah pentingnya kecepatan Website Anda.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.