Naikkan Omzet 100% dengan Strategi Bisnis Properti Jitu

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Strategi Bisnis Properti
Courtesy of teropongbisnis.com

Bisnis properti di Indonesia jadi bisnis yang sangat basah dengan segudang potensinya. Tidak jarang karena besarnya potensi keuntungan, banyak yang berlaku curang dalam hal perizinan peruntukan lahan.

Tapi disini saya tidak akan membahas tentang berbagai kerumitan perizinan diatas, lagipula bisnis apapun yang dilakukan dengan kecurangan akan mengundang hal negatif terhadap bisnis dan harta yang diperolah.

Properti jadi barang menarik karena hal itu adalah salah satu dari 3 kebutuhan pokok manusia, yaitu papan. Sama seperti kuliner, bisnis properti tampaknya tidak akan mati selama manusia masih membutuhkan tempat tinggal.

Peluang Bisnis Properti di Indonesia

[img.2] Potensi Properti di Indonesia
Courtesy of sunrisebaliproperty.com
Mengetahui peluang bisnis disini tampaknya tidak akan sulit, melihat pameran properti yang sering diadakan, spanduk berjejer sepanjang jalan padat kendaraan, hingga pengusaha kaya raya dari luar Indonesia yang berinvestasi sudah jadi pertanda ‘manis’-nya bisnis ini.

Belum lagi Kompas.com mengatakan bahwa klimaks sektor properti akan sangat naik ditahun 2015 ini. Maka kesempatan yang bagus bagi anda mulai berpikir untuk investasi di sektor ini.

BACA JUGA: 9 Tips Memulai Bisnis Baru ala Safir Senduk

Jika Anda Developer, Penting Untuk Melakukan Strategi Bisnis Properti yang Tepat!

Bagi anda yang seorang developer, atau minimal pemborong, maka strategi bisnis properti yang baik akan melesatkan omzet properti anda hingga 100%. Bukan tidak mungkin bukan, dengan strategi tersebut dan potensi klimaks sektor ditahun 2015 ini bisa menaikkan omzet anda?

Berikut 5 Strategi dalam bisnis properti yang bisa anda lakukan.

Strategi Bisnis Properti 1:  Hier Tenaga Ahli di Bidang Konstruksi & Desain

[img.3] Merekrut Arsitek atau Engineer adalah Strategi Bisnis Properti yang Baik
Courtesy of jakartaarchitect.wordpress.com
Sebagai developer atau pemborong, mungkin anda adalah seseorang yang sudah akrab dengan dunia realty atau pembangunan. Namun hal itu akan menambah beban anda selaku owner yang harusnya lebih sering berinteraksi dengan klien atau pembeli.

Merekrut tenaga ahli baik seorang Arsitektur ataupun Engineer Sipil bisa jadi cara terbaik untuk membagi tugas yang banyak agar fokus anda terjaga dan kinerja maksimal. Rekrutlah orang yang sudah dikenal sebelumnya, yang anda tahu treck record dan kinerjanya agar tidak ada penyesalan nanti.

Strategi Bisnis Properti 2: Lakukan Promosi di Mall-mall Ramai Pengunjung

[img.4] Strategi Promosi Properti di Mall
Courtesy of kepri.travel
Sudah bukan hal yang aneh melakukan promosi di pusat perbelanjaan. Jika anda memiliki uang lebih, maka menyewa space untuk melakukan promosi bisa jadi pilihan utama selain menyebarkan brosur di tempat-tempat hilir mudiknya pengunjung.

Namun jika budget terbatas, cukup minta izin kepada petugas satpam untuk menyebarkan flyer atau brosur perumahan besar atau cluster anda.

Jika anda termasuk orang yang out-of-the-box, ada strategi promosi yang terbilang tidak biasa. Carilah orang-orang yang potensial menjadi pasar properti anda, misalnya yang memiliki arloji mahal, tas bagus, atau memakai jas, maka dekati dan ajak ngobrol dengan natural.

Disela-sela percakapan, pura-puralah bertanya tentang perumahan baru di daerah mall tersebut, yang sebenarnya adalah bisnis properti anda. Bertanyalah dengan antusias, pertanyaan tersebut akan mengundang rasa penasaran orang tadi, maka bisa jadi dilain waktu ia yang akan mencari tahu atau menawarkan properti anda kepada kenalannya.

Strategi Bisnis Properti 3: Cari Broker Properti untuk Dapat Mempromosikannya lewat Marketplace Online

[img.5] Promosi Properti di Marketplace
Courtesy of ismilatifah.wordpress.com
Dunia penjualan online makin marak dengan hadirnya marketplace, dari yang menampung berbagai macam produk seperti tokopedia.com, BukaLapak.com, Olx.id, hingga yang menampung khusus jenis produk tertentu seperti Urbanindo.com, rumahdijual.com, rumah123.com dan lain-lain untuk jenis properti.

Carilah orang yang bersedia untuk mengiklankan produk properti kita pada marketplace tadi, ia akan mengatur penyebaran properti kita melalui pemasaran online. Adakan kerjasama dalam bentuk fee komisi beberapa persen sesuai dengan kesepakatan antara anda dan sang broker.

Ini jadi strategi bisnis property online yang sering dilakukan para developer kecil hingga besar sekarang.

BACA JUGA: 8 Langkah Membuat Strategi Marketing Promosi Sukses

Strategi Bisnis Properti 4: Jadi Peserta Pameran Properti Besar

[img.6] Pameran Properti Indonesia
Courtesy of seputarmalang.com
Langkah ini bisa anda lakukan jika memang properti anda memiliki modal yang besar, menyasar target konsumen kelas atas dan bermargin yang tidak sedikit. Karena sebenarnya selain memasarkan properti, pameran besar seperti BTN Properti Expo, REI Expo, Indonesia Properti Expo dan semacamnya merupakan ajang memperkenalkan perusahaan anda.

Dengan trust antara perusahaan dengan target konsumen akan terjalin lewat pameran ini. Dan bonusnya, anda akan mengenali karakter pesaing bisnis anda lewat pameran tersebut.

Strategi Bisnis Properti 5: Jika Anda Seorang Public Speaker, Jual Properti Anda lewat Seminar

[img.7] Memasarkan Properti lewat Seminar
Courtesy of ajtpweb.org
Dalam hal bisnis, siapa kita akan sangat menentukan pembeli yang datang. Hal ini saya bahas juga dalam tema strategi bisnis melalui personal branding.

Seorang artis, tokoh ternama, termasuk public speaker adalah orang-orang yang berpengaruh bagi setiap pengagumnya. Jika anda public speaker, maka lakukan seminar seperti yang biasa anda lakukan lalu diakhir sesi tawarkan investasi menguntungkan lewat property anda.

Tapi ingat, property yang anda tawarkan haruslah bernilai jual tinggi dalam segi kualitas dan return-nya jika akan dijual kembali dalam jangka waktu tertentu. Ketertarikan pengagum kepada anda akan jadi magnet tersendiri bagi anda.

Ini bukanlah hal tabu lho, jika seorang artis bisa menafaatkan ketenarannya untuk bisnis, mengapa public speaker tidak? 🙂

Potensi Keuntungan Besar, Potensi Kerugian Juga

Sebelum masuk ke bisnis properti, perlu diketahui bahwa dibalik potensi besar pasti ada potensi kerugian yang tidak sedikit. Banyak saya lihat properti-properti yang berhenti pembangunannya karena investor yang macet, ataupun si pemborong yang tidak sanggup melaksanakan pembangunan.

Maka sebelum masuk ke sektor properti dalam bentuk pembangun, ada baiknya anda melakukan strategi bisnis properti secara jual-beli. Anda tinggal mencari properti dengan harga dibawah pasar, lalu jual kembali dengan keuntungan yang anda inginkan, ini seringkali disebut sebagai “Twister”.

Tapi apapun itu, sebuah bisnis tidak akan berjalan jika terlalu banyak mengkaji. Jadi, siap untuk mulai bisnis properti? (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

2 Comments

  1. Bisnis properti memang bagus buat masa depan, bisa belajar banyak hal sekaligus dan hasilnya sebanding dengan usaha kita bahkan bisa berkali kali lipat.
    Salam..
    Andra Panangian School of Properti.
    PropertiPortal.com

  2. Artikel yang sangat menarik. Terima kasih informasi yang sudah diberikan.
    Saya juga mempunyai link berita terkini yang mungkin bermanfaat.
    Silahkan kunjungi Warta Warga

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)