Serie Training Bisnis Online: Training ke-#4

= LAZADA BLOCK =

Mengetahui Jenis Bisnis Sebelum Memulainya

.

Mengetahui jenis bisnis merupakan bagian dalam langkah awal memulai menjadi entrepreneur. Hal ini jadi cara pertama para pengusaha yang dalam beberapa tahun ini trend-nya di Indonesia meningkat. Tahun 2014 kemarin, BPS mencatat bahwa jumlah wirausahawan per Februari 2014 mencapai 44,2 juta orang dari 118,17 juta orang penduduk Indonesia. Beberapa diantaranya mendapat peringkat yang tidak main-main dalam kancah businessman dunia.

.

Namun perlu diketahui, perjalanan mereka sukses dalam bisnis tidak datang dalam semalam. Langkah pertama yang mereka lakukan ialah memilih bisnis mana yang akan mereka jalankan. Maka dari itu, perlu kita ketahui apa saja jenis Bisnis yang bisa kita lakukan sebagai permulaan.

.

Mengetahui Jenis Bisnis awal Permulaan

Banyak pengusaha pemula hanya ikut-ikutan dalam berbisnis, saat sesuatu sedang trend maka bisnis itu pula yang mereka geluti. Namun tak banyak yang mencari tahu terlebih dahulu apa saja jenis-jenis Bisnis yang ada, padahal dengan mengetahui jenis bisnis seorang pengusaha dapat menentukan pasar mana yang mereka tuju, hingga target pencapaian yang mereka inginkan.

.

Beberapa jenis Bisnis tersedia di Dunia ini, namun pada dasarnya ada 3 yang paling umum untuk diketahui. Berikut adalah beberapa diantaranya:

.

1. Bisnis Toko

Mungkin ini jenis bisnis yang paling awal ditemukan manusia. Cara kerjanya simpel, kita cukup mencari supplier untuk toko kita yang sesuai dengan modal kita dan segmen toko kita, misalnya: toko elektronik, toko material, toko kelontong, toko busana, dll. Setelah mendapat supplier yang sesuai, kita bisa jual kembali di toko kita dengan margin keuntungan yang kita tetapkan. Ada cara menghitung margin kita agar tidak rugi, lain waktu akan dibahas.

.

Perlu diketahui bahwa bisnis ini memerlukan modal yang cukup besar. Karena kita akan menyetok barang dalam jumlah besar untuk bisa dipajang di toko kita, untuk para pebisnis bermodal kecil, jenis bisnis ini belum dianjurkan.

.

2. Bisnis Jasa

Jika anda ingin berbisnis, namun modal anda tidak begitu kuat, maka bisnis jasa bisa jadi jalan keluarnya. Banyak sekali macam-macam jasa yang bisa anda tawarkan ke klien anda, misalnya jasa tour & travel, event organiser, kontraktor rumah pribadi, dll. Sistemnya anda cukup menjual ide atau konsep yang ditawarkan kepada klien anda. Setelah deal harganya, anda bisa mulai menghubungi vendor-vendor yang diperlukan untuk pengerjaan tersebut.

.

Untuk menjalankan bisnis ini diperlukan database vendor yang baik dan lengkap. Dengan database ini, anda dapat dengan mudah melakukan perhitungan saat penawaran ke klien anda.

.

3. Bisnis Online

Ini merupakan bisnis yang sedang booming sekarang ini. Mengapa? Karena dengan nyaris bermodalkan 0,- rupiah, anda bisa dengan mudah mendapatkan revenue yang luar biasa. Pada dasarnya bisnis online ialah bisnis-bisnis yang pernah ada, yang dilakukan secara online; melalui web, socmed, dsb.

.

Saat anda melakukan bisnis secara online, anda tidak perlu membuat brosur, mencari tokok, mencetak segala keperluan promosi, anda hanya perlu konsisten mempelajari elemen-elemen penting dalam berbisnis online dan melakukannya didepan komputer anda. Tapi tentu semuanya ada proses, konsisten dan terus belajar adalah cara paling baik untuk mendapatkan keberhasilan.

.

♦ Jenis-jenis bisnis online

Selain membawa bisnis-bisnis offline ke ranah online, masih banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan disini. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Adsense: yaitu bisnis web yang dipasangkan iklan via Google sehingga memberikan keuntungan pada pemilik web.

  2. Affiliate: yaitu bisnis yang akan memberikan komisi kepada orang yang mempromosikan produk kepada orang lain.

  3. Survey: yaitu platform yang memberikan anda uang saat melakukan sebuah survey di internet, dan masih banyak lagi.

.

Pada dasarnya berbisnis ialah jalan panjang yang penuh proses. Saya menyebutnya sebagai business flow yaitu:

.

LEARN → ACTION → FAILURE → EVALUATE & LEARN → FIX → SUCCESS!!!

.

Maka dari itu, tak akan ada pebisnis yang bisa dengan cepat-kilan mendapatkan kesuksesan sebelum mengalami business flow tersebut.

.

Maka bersabarlah, dan berikan yang terbaik pada bisnis yang anda jalankan. Semoga bermanfaat, dan tetaplah berkarya. (Raf)

.

.


Selamat karena telah menyelesaikan Training ke-#4.
Cek email kamu kembali esok Hari ya! 😉

Training ke-#1 Training ke-#2 Training ke-#3 Training ke-#4 Training ke-#5

Loading...