Langkah-langkah membangun Usaha Jasa & Service yang Otoritatif6 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Usaha Jasa
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Ada beragam cara kita bisa memanfaatkan internet untuk kepentingan diri kita sendiri, salah satunya adalah membangun usaha dibidang jasa atau service. Dijaman kemudahan teknologi, membangun bisnis jenis ini menurut saya cukup berpotensi tinggi dengan memanfaatkan jaringan perkenalan kita pada social-media yang kita miliki.

Usaha Jasa & Service sendiri adalah usaha yang mengandalkan skill, jaringan, kemampuan, kompetensi dan yang tak ketinggalan yaitu ‘trust‘ dari customer ke kita sebagai penyedia jasa.

Modal Awal dalam Membangun Bisnis Jasa

[img.2] Modal Usaha Jasa
Courtesy of Pixabay.com
Memulai bisnis, selalu saya katakan sudah sangat pasti akan memerlukan modal baik itu materiil maupun imateriil. Maka begitu pula dengan bisnis jasa ini, Anda sudah dapat dipastikan harus memiliki 2 modal berikut ini.

Diantaranya adalah:

  • Skill atau Kemampuan, dan
  • Jaringan atau Network

Saya coba ingin membagikan jenis-jenis usaha jasa berdasarkan ‘modal awal’ yang harus dimiliki si penyedia jasa lewat 2 poin di atas.

BACA JUGA: 9 Jenis Usaha yang Bagus dikerjakan untuk Anak Muda Era Millenials!

Bisnis Jasa yang diawali dengan Modal Skill

Beberapa bisnis ini sangat mengandalkan kemampuan atau skill si penyedia jasa, kemampuan yang unik atau bahkan efisien bisa menjadi nilai jual tinggi yang bisa ditawarkan ke calon customer Anda nantinya.

1. Desain Grafis

[img.3] Design Grafis
Courtesy of Pixabay.com
Jasa desain mungkin tak asing lagi di mata Anda, pasalnya lewat ‘booming‘-nya keperluan visual apalagi untuk brand & business, maka skill ini sangat diperlukan. Dari sinilah para pemilik skill design (designer) mulai membuka usaha jasanya masing-masing dari yang menawarkan pembuatan logo saja, hingga yang menawarkan ‘One-Stop-Design Service‘.

2. Design Product

Jika di atas penyedia jasa berkutat diranah design 2D (dua dimensi), design product hadir untuk klien yang menginginkan hasil outputnya berupa gambar 3D yang dibuat semirip mungkin seperti produk sudah dijual nantinya.

3. Digital Marketing Service

[img.4] Usaha Jasa Digital Marketing
Courtesy of Pixabay.com
Penyedia usaha jasa ini memerlukan skill dalam pengoperasian hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran Digital, mulai dari socialmedia, website, buying ads, search-engine optimization, dll.

Bahkan inilah jasa yang kini mulai saya tawarkan ke para pelaku bisnis yang menggunakan social-media untuk memasarkan produknya.

4. Design Engineering

Biasanya ini diperlukan untuk keperluan-keperluan engineering, penggunaan tools atau software-nya pun berbeda dengan poin 1 & 2.

5. Jasa Rias & Make-up

Jangan salah, skill yang satu ini sangat diperlukan oleh setiap orang yang mau menikah! Anda salah satunya kan? 😀

Tak perlu macam-macam, ibu-ibu di komplek saja bisa membuka usaha ini. Atau bahkan lewat ‘word of mouth’ seseorang sudah bisa menawarkan service ini.

Bisnis Jasa yang diawali dengan Modal Jaringan

Bagian kedua ini, adalah beberapa bisnis yang mengandalkan jaringan si penyedia jasa. Pemilik usaha bahkan tidak perlu memiliki skill yang cukup, namun dengan jaringannya ia punya peluang membuka usaha jasa yang potensial.

1. Jasa Pemborong Bangunan

[img.5] Jasa Pemborong
Courtesy of Pixabay.com
Usaha jasa yang satu ini cukup bermodalkan kenalan yang ingin dibuatkan bangunan (klien), toko material langganan yang terpercaya serta tenaga kerja berkualitas untuk membangun bangunan.

Namun meski begitu, skill komunikasi Anda haruslah baik untuk mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak. Disinilah faktor ‘trust’ bermain.

2. Jasa Wedding & Event Organizer

Tak jauh berbeda dengan poin 1, Anda cukup mencari klien yang ingin dibuatkan event, vendor yang berkualitas & terpercaya, serta crew saat acara akan berlangsung.

3. Dan lain-lain

Apa maksudnya? Maksudnya sebenarnya dengan jaringan Anda pun bisa membangun bisnis berbasis skill, asalkan Anda bisa mendapatkan klien yang membutuhkan dan tenaga dengan skill mumpuni untuk mengeksekusi pekerjaannya.

BACA JUGA: Order Laris dengan 3 Strategi Pemasaran Produk Jasa Ini!

Langkah Membangun Usaha Jasa yang Otoritatif

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis jasa berdasarkan modal awal yang diperlukan, sekarang saatnya saya jelaskan bagaimana sih caranya membangun usaha jasa yang kredibel (otoritatif)?

Loading...

Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan untuk membangun usaha jasa.

1. Membuat Portofolio Bisnis

[img.6] Portofolio Usaha Jasa
Courtesy of Pixabay.com
Mulai masuk ke dunia Jasa & Service tidak bisa langsung begitu saja tanpa persiapan. Salah satu persiapan paling umum bagi pasa penyedia jasa adalah Portofolio yang cukup terpercaya bagi calon klien.

Anda bisa membuatnya sesederhana 1 bundle jilid A4 yang merangkum hasil dari skillskill yang akan Anda tawarkan, hingga Portofolio berbentuk website yang lebih ‘catchy’ dan menarik.

Contohnya adalah apa yang saya tampilkan di halaman Jasa Social-Media dari Plaza Bisnis ini, disana saya sertai juga akun-akun yang saya manage agar calon klien percaya dengan skill saya.

Mulai bangun Website untuk Portofolio Anda, saya pribadi merekomendasikan layanan Web Hosting & Domain milik Niagahoster penyedia layanan lokal.

Saya sendiri adalah customer dari Niagahoster untuk beberapa domain saya. Mengapa saya memakai serta merekomendasikan Niagahoster?

Hal ini karena produk yang mereka tawarkan sangat bervariatif, sehingga dengan budget murah pun Anda sudah bisa berlangganan hostingdomain disana, yaitu mulai dari Rp 19,800,- per bulan saja!

Selain itu, Niagahoster menyediakan Server Indonesia dan Server Singapura.

Server Indonesia berada di Data Center Indonesia (DCI) Tier 4. Jika Anda ingin websitenya sangat cepat diakses dari Indonesia saja, maka sangat disarankan untuk menggunakan Server yang berada di Indonesia.

Sedangkan untuk klien yang menginginkan akses cepat dari Indonesia dan luar negeri, maka sangat disarankan untuk menggunakan server yang berada di Singapura. Server Singapura memiliki akses yang cepat baik dari dalam maupun luar negeri.

Untuk Order Hosting minimal paket Pelajar (di atas Rp 19,800 per bulan) durasi 1 tahun, Anda sudah langsung mendapatkan free domain setiap kali Anda membayar biaya paket hosting tersebut. Additional feature-nya, Anda juga akan mendapatkan free 3 bulan berlangganan Weebly paket Basic disana.

2. Mulai Tawarkan Jasa Anda

[img.7] Menawarkan Jasa
Courtesy of Pixabay.com
Meskipun Portofolio Anda sudah jadi yang cukup menarik, hal itu tidak serta merta akan membuat usaha jasa Anda dipakai.

Mengapa?

Ingat bukan, bahwa salah satu patokan usaha jasa adalah adanya ‘trust’ antara calon klien dan kita si penyedia jasa?

Maka dari itu, sudah pasti calon klien Anda harus punya rasa percaya (trust) ke Anda sebagai penyedia jasa.

Lantas bagaimana membangun trust ke klien?

Cara paling sederhana adalah dengan menawarkan layanan Gratis (trial) ke calon klien selama rentang waktu tertentu. Jangan terlalu panjang, namun cukup bisa membuktikan jasa milik Anda kredibel dan berkualitas.

Atau jika Anda ingin sedikit rumit namun berdampak besar, Anda bisa mulai membangun Personal Branding selaras dengan jasa Anda di social-media.

3. Beri pelayanan Terbaik kepada klien & Jaga Relasi

Ini mungkin jadi hal yang dilupakan pada penyedia usaha Jasa & Service, yaitu memberikan pelayanan terbaik & menjada relasi.

2 hal ini tidak boleh hanya seadanya saja, karena sumber cash terbaik bisnis Anda nantinya seringkali adalah klien yang terus-menerus memakai usaha jasa Anda karena pelayanan & relasi yang baik.

Berbeda dengan usaha produk fisik, saat customer membeli produk maka terputuslah hubungan Anda dengan customer, kehadiran Anda digantikan dengan produk tersebut.

4. Tingkatkan Skill untuk Meningkatnya Kualitas Layanan

[img.8] Tingkatkan Skill & Layanan
Courtesy of Pixabay.com
Terakhir, skill yang Anda tawarkan jangan sampai berhenti di satu titik atau level saja.

Jika usaha Jasa & Service Anda ingin berkembang, mulailah belajar skill tersebut lebih dalam lagi atau perlebar ke layanan lain agar cakupan jasa Anda pun ikut berkembang.

Bisnis Adalah tentang Bagaimana Orangnya

Pada akhirnya, memang sebuah bisnis adalah tentang bagaimana orangnya. Apalagi untuk usaha Jasa & Service, hubungan yang direct antara manusia dan manusia memberikan ruang dampak yang lebih dalam penilaian dari segi faktor manusianya.

Maka berikanlah yang terbaik bagi layanan Anda, lewat skill dan tentunya hati yang tulus. 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.