Membangun List harus dengan Website? Salah Besar!

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] List Building tanpa Website
Courtesy of Pixabay.com

Lebih dari setahun ke belakang, saya mencoba berbagai channel marketing terbaik dalam membangun bisnis saya. Mulai dari website untuk produk Digital & Adsense, Social-Media Marketing untuk produk retail, hingga pernah beberapa kali mencoba dropship meski belum serius.

Kesimpulan dari beberapa percobaan setahun lebih tersebut adalah, email marketing menjadi channel paling juara untuk membangun relasi dengan customer.

Selain karena Kata-kata (words) kita masuk ke ranah private para customer: e-mail. Lewat e-mail kita sebagai Brand Owner juga lebih leluasa berbagi dengan subscriber lewat sapaan-sapaan yang personal, seperti menyebutkan nama mereka.

Ini sangat bisa dilakukan karena pada Software email service provider yang kita gunakan, nama subscriber kita bisa di-record oleh Software tersebut.

Apakah Membangun List perlu Website?

Memang normal dan idealnya untuk membangun list kita perlu website agar kredibel. Tapi kini, ada channel yang bisa kita manfaatkan untuk membangun list tanpa perlu website.

Channel tersebut adalah Facebook Lead Ads.

Facebook Lead Ads ini adalah fitur baru yang diluncurkan Facebook, berfungsi untuk menangkap email prospek (leads) yang mengklik iklan kita di Facebook.

Tentu, untuk bisa melakukan ini anda perlu terlebih dahulu mengetahui dasar-dasar Facebook Ads. Anda bisa mempelajarinya lewat e-course yang saya sediakan disini.

Dalam membangun list dengan Facebook Lead Ads, anda bisa menawarkan item-item yang menarik calon leads anda. Seperti kursus Online 7 hari, e-book Prinsip-prinsip Marketing, free Gift, Voucher, Tester produk, dll.

Pada lead Ads tersebut anda bisa mengatur data apa saja yang ingin anda ‘tangkap’ dari prospek anda, yang nantinya bisa di follow-up menjadi customer loyal nantinya.

BACA JUGA: 5 Layanan Penyingkat Alamat URL agar Link Affiliasi Anda Tersembunyi

Bagaimana langkah membuat Facebook Lead Ads?

Seperti saya bilang sebelumnya, membuat Facebook Lead Ads harus didasari dengan pengetahuan dasar Facebook Ads.

Pada opsinya di Ads Manager, anda bisa pilih ‘Lead Ads’. Lalu atur audience targeting yang anda inginkan: Lokasi, umur, interest, dll. Ini tahap yang perlu ketepatan, karena audience yang tidak relevan tidak akan tertarik dengan penawaran anda.

Saya rekomendasikan untuk gunakan InsightZilla milik mas Nofi Bayu seorang FB Marketer. Dengan InsightZilla kita tidak perlu susah payah mencari interesr yang relevan, InsightZilla akan dengan sendirinya mencari lewat keyword yang diinginkan.

Langkah selanjutnya, tinggal atur data apa saja yang harus dimasukkan leads anda nantinya.

Bisa format standar, yaitu Nama dan e-mail,

[img.2] Kolom Nama & email
Courtesy of adroll.com
Atau untuk mempermudah leads, cukup setting kolom e-mail saja,

[img.3] Kolom email saja
Courtesy of wavefunnels.com
Anda pun bisa menambahkan menu tambahan pada halaman terakhir (Thank You Page).

[img.4] Opsi tambahan di Akhir Lead Ads
Courtesy of adamdince.com

BACA JUGA: Waktu-waktu Tepat Mengirimkan Email Marketing

Lalu dimana anda bisa melihat hasil lead Anda?

Anda bisa menuju ke halaman berikut ini → [url Facebook Pages anda]/publishing_tools/?refSource=pages_manager_bar&section=LEAD_ADS_FORMS. Disana akan terdata prospek-prospek yang berhasil anda ambil dengan barter terhadap e-book, kursus online, dan lain-lain.

Lalu bagaimana cara mengirimkan barter yang kita janjikan? Ini yang sedikit tricky. 😀

Karena Facebook Lead Ads tidak menyediakan fitur Autoresponder (entah tidak atau belum, atau saya yang belum tahu), anda bisa menyebutkan di iklan anda bahwa produk akan di e-mailkan setiap pukul 9 Pagi.

Maka setiap pukul 9 pagi, anda me-recap e-mail-email yang masuk kemarin dan melakukan e-mail blast. Gunakan Software email service provider yang berkualitas dengan delivery 100%, 2 diantaranya saya rekomendasikan disini.

Tapi jika anda tidak ingin repot mengirimkan barternya lewat e-mail, anda bisa berikan link downloadnya di halaman ‘Thank You’ seperti iklan Lead Ads dibawah ini.

[img.5] Klik ke website download
Courtesy of socialmediaexaminer.com

List boleh Banyak, tapi jika tak Berkualitas Percuma

Terakhir dari saya, memiliki list dengan jumlah yang massive (banyak) memang memuaskan sebagai seorang Internet Marketer. Tapi hal tersebut tidak akan ada artinya jika list tersebut tidak tertarget atau berkualitas, artinya tak akan ada konversi sales di dalamnya.

Maka, ada baiknya sebelum memikirkan barter apa yang akan dipersiapkan, pikirkan dulu siapa target market anda.

Lalu persiapkan barter yang cocok untuk mereka, tentunya yang mereka butuhkan untuk mengembangkan bisnis atau kehidupannya. Selamat mencoba! 😉 (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)