[Promotional] Langkah Membangun Bisnis Jasa Pembuatan Website dari Kamar Tidur Anda3 min read

[img.1] Membangun Jasa Pembuatan Website
Courtesy of Pixabay.com

Mebangun bisnis di era teknologi ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan beberapa era sebelumnya. Internet serta gadget memungkinkan setiap orang memulai bisnis tanpa tim sekalipun, istilahnya solopreneur. Tak terkecuali dengan bisnis jasa marketing, salah satunya adalah membangun bisnis website atau jasa pembuatan website.

Bisnis jasa—seperti yang pernah saya sebutkan sebelumnya—memiliki perlakuan yang berbeda dari bisnis yang menjual produk, baik perlakuan ketika membangunnya maupun ketika menjalaninya.

Hal-hal yang Harus diperhatikan Saat Memulai Bisnis Website

[img.2] Hal-hal dalam Membangun bisnis Jasa Website
Courtesy of Pixabay.com
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini. Hal inilah yang juga saya alami ketika memulai bisnis website dengan nama DETER.MARK.

Memang cukup unik sekarang, ketika seseorang membocorkan ‘dapur’ bisnisnya dengan atas nama ‘sharing’. Tapi saya selalu percaya, berbagi itu seperti benih baik yang kita tanam dan akan kita tuai nanti, rezeki tidak akan tertukar.

Maka sekarang ini, saya akan sharing-kan kepada Anda bagaimana memulainya. Meski ada beberapa yang tentu tidak saya buka, beberapa tips dan langkah-langkah ini tetap bisa Anda gunakan ketika membangun jasa pembuatan website ini.

BACA JUGA: 7 Strategi Pemasaran Jasa yang Pas dilakukan di Era Digital Sekarang Ini

1. Mengetahui apa itu Hosting, Domain, serta CMS dan turunannya.

Website adalah perpaduan dari berbagai elemen menjadi satu-kesatuan yang kita kenal dengan, website atau situs web.

Elemen-elemen besar yang ada disana paling tidak ada 3, yaitu:

Hosting
Domain, serta
CMS

Ketiga elemen ini, saya jelaskan panjang lebar di artikel terpisah. Anda bisa baca disini.

2. Memahami Cara mengkoneksikan Ketiga Elemen Tersebut

Setelah mengetahui elemen-elemennya, Anda harus mengetahui langkah-langkah agar ketiganya bisa terkoneksi membuat 1 kesatuan yang bernama website.

Seperti memasak, selain mengetahui apa saja bahan-bahannya Anda juga harus memahami cara memasaknya agar sebuah masakan berhasil dibuat. Begitu juga dengan bisnis website.

Lalu apa yang membuat ketiga hal tersebut terkoneksi, satu kata yaitu: Nameserver

Nameserver dari sebuah domain, harus ditautkan pada hosting yang ingin dipakai.

Anda bisa pelajari lebih jauh tentang konektivitas ketiga ini di salah satu kursus online yang akan saya adakan secepatnya.

3. Modal, berup biaya Hosting, Domain & Template Premium

Ketiga, memulai sebuah jasa pembuatan website sama dengan bisnis-bisnis lainnya. Ia memerlukan modal juga, tetapi tidak sebesar modal toko offline seperti ruko, stok barang, gaji, dan lain-lain.

Modal yang perlu Anda keluarkan berkisar di 3 hal. Pertama Hosting, bisa bulanan, tahunan, bahkan hingga per 3 tahun.

Kedua yaitu domain sesuai permintaan client, domain .com berbeda harga dengan .id. Maka Anda harus punya strategi untuk pricing disini.

Ketiga, yaitu Template Premium baik untuk WordPress, Blogspot, Joomla, dan berbagai CMS lainnya.

3 modal tersebut sudah memberikan Anda kemampuan untuk membuat sebuah website, yang bisa ditawarkan kepada teman-teman hingga klien Anda.

4. Promosikan Bisnis Website Anda di berbagai Platform

Terakhir, pada poin ke-4 ini saya mengajak Anda untuk tidak malu-malu mempromosikan bisnisnya di berbagai link platform.

Anda bisa mulai berpromosi di social-media, posting di Facebook, Twitter & Instagram baik dengan caption model softselling (tidak terlalu berjualan) hingga hardselling (langsung berjualan).

Melakukan blast dengan WhatsApp ke beberapa teman dekat hingga kenalan yang memiliki bisnis, menginfokan jasa atau bisnis website Anda siapa tahu tertarik.

BACA JUGA: Trik WhatsApp Sehari-hari untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Nah, sekarang melihat perkembangan marketplace.. kini ada juga marketplace jasa yang bisa Anda pakai juga untuk berpromosi.

Namanya adalah Fastwork. Jika Anda ingin melihat beberapa orang yang juga memasarkan jasa pembuatan website disana, silahkan kunjungi halaman ini: https://fastwork.id/web-development/

Fastwork adalah platform dimana Anda bisa menawarkan jasa apapun, juga mencari jasa yang Anda butuhkan.

Sebagai freelancer atau penyedia jasa, fastwork memberikan kemudahan bagi Anda menemukan klien. Begitu juga kebalikannya, jika Anda pemilik bisnis yang tidak ingin repot membuat website maka fastwork bisa memberikan Anda beragam Web Developer berkualitas dengan harga bersaing.

Membangun Bisnis Jasa, Memerlukan Kualitas Pengetahuan dan Kemampuan Melayani

[img.3] Bisnis Jasa tentang Solusi & Support
Courtesy of Pixabay.com
Pada dasarnya bisnis jasa adalah bisnis yang menawarkan solusi atas kesulitan kliennya, ditambah dengan support yang sepenuh hati.

Lewat 2 hal itu saja, bisnis jasa apapun bisa Anda mulai. Tidak hanya di ranah marketing atau digital, skill atau solusi apapun yang Anda miliki pantas untuk dicoba dan tawarkan.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Riant Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.