Cara Memilih Lokasi Usaha yang Tepat agar Bisnis Laris3 min read

[img.1] Lokasi Usaha
Courtesy of Pixabay.com

Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015.

Menurut teori 4P, salah satu elemen yang harus diperhatikan seorang pengusaha adalah lokasi usaha yang tepat. Hal itu diperlihatkan dalam poin ‘Place’ atau tempat.

Mengapa perlu diperhatikan? Karena dengan memilih lokasi yang tepat, sebuah bisnis memiliki potensi traffic customer yang tinggi sehingga memberikan sales yang tinggi.

Sales yang tinggi, akan berdampak pada pekembangan bisnis atau growth. Itulah dampak berkesinambungan dari lokasi usaha yang tepat.

Beberapa Kriteria Lokasi Usaha yang Bagus dipilih

[img.2] Kriteria Lokasi Usaha yang Bagus
Courtesy of Pixabay.com
Bagus tidaknya penjualan dari sebuah bisnis memang banyak faktornya, tetapi salah satu yang bisa diadopsi & dipraktekkan adalah memilih lokasi usaha dengan kriteria yang tepat.

Beberapa kriteria basic yang bisa Anda jadikan guidelines adalah berikut ini.

BACA JUGA: Simak Bagaimana Sebuah Produsen atau Supplier Melipat-gandakan Penjualannya

1. Kawasan Pendidikan

Sering bukan melihat banyak macam-macam pedagang gerobakan di Sekolah-sekolah mulai dari SD hingga Kuliah? Itu bukti nyata bahwa kawasan pendidikan bisa dijadikan lokasi potensial untuk membuka dagangan.

Model dagangannya bukan hanya gerobakan, jika punya modal cukup Anda bisa membuka usaha dengan toko yang menjual berbagai perlengkapan sekolah, atau snacksnack untuk para murid hingga mahasiswa.

Tetapi berbisnis di kawasan ini mungkin memiliki range harga yang rendah hingga menengah, karena kalau tidak para siswa hingga mahasiswa tidak akan tertarik karena mahal.

2. Kawasan Perkantoran

[img.3] Kawasan Perkantoran
Courtesy of Pixabay.com
Berikutnya lokasi usaha yang bisa Anda pilih adalah lokasi yang berdekatan dengan kantor, atau kawasan perkantoran.

Di kawasan ini Anda bisa mulai mematok harga yang sedang karena target pasarnya adalah orang-orang kantor yang loyal. Mulai dari Rumah Makan & Warteg untuk makan siang, hingga Snack Booth dengan makanan ringan seperti sandwich atau beverages untuk cemilan.

Loading...

Tapi memang, dengan berjualan di lokasi ini Anda mungkin perlu mengeluarkan biaya sewa yang tinggi. Maka itu wajar jika makanan yang dijual bisa dipatok agak tinggi.

Tapi ada lagi. Salah satu strategi agar mendapatkan customer yang laris tanpa banyak saingan adalah dengan menemukan kantor yang tersembunyi, model seperti ini banyak di komplek-komplek dekat jalan utama. Jika Anda bisa menemukannya, sajikan masakan terbaik!

BACA JUGA: Cara Cerdas Memilih Mitra Usaha Bisnis Tanpa Resiko Sama Sekali

3. Kawasan Perumahan Premium

Lokasi usaha perlu disadari harus memperhatikan target market yang kita tuju, apakah pasarnya Umum atau Premium.

Nah jika kebetulan Anda berencana untuk memulai usaha dengan produk yang harganya premium, maka Anda harus membuka usaha di kawasan perumahan yang Premium. Seperti Pondok Indah, BSD, Menteng, dan sejenisnya.

Tapi perhatikan, apakah diperbolehkan berjualan di kawasan perumahan. Jika tidak, biasanya perumahan seperti itu punya spot-spot Ruko yang bisa Anda manfaatkan.

4. Kawasan Liburan atau Wisata

[img.4] Kawasan Wisata
Courtesy of Pixabay.com
Terakhir, lokasi usaha yang perlu Anda bidik adalah kawasan dimana orang-orang menghabiskan liburan atau weekend mereka. Kawasan wisata!

Lokasi ini sangat potensial melihat yang lalu-lalang disana adalah mereka-mereka yang memang siap untuk mengeluarkan uang.

Tapi sering kita lihat pedagang-pedagang atau bisnis di sekitar wisata menawarkan kualitas produk yang buruk atau rata-rata. Untuk memberikan diferensiasi, tawarkanlah produk yang kualitasnya bagus tetapi dengan harga terjangkau.

Anda bisa melakukannya dengan mengurangi ukuran produk, tetapi tetap mempertahankan kualitas.

Lokasi dulu Mungkin Satu-satunya, Kini hanya Salah Satunya…

Meski lokasi usaha bisa punya peranan penting sukses-tidaknya sebuah Bisnis. Tapi di jaman sekarang, hal tersebut hanyalah salah satu dari faktor-faktor lain keberhasilan bisnis.

Mungkin ada juga relevansinya sekarang, tetapi berubah platform atau medium. Kini, posisi tersebut bukan hanya offline… tapi juga ‘posisi’ pada media online seperti iklan, endorsement, berita, dan sebagainya.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Loading...

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.