Komplit! Koleksi Efek Suara & Backsound untuk Video Promosi Anda4 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
Courtsey of Pixabay.com
Loading...

Elemen-elemen multimedia makin banyak saja dicari-cari untuk bermacam kebutuhan, mulai dari VloggingVideo PromotionTeaser dan sebagainya. Elemen tersebut termasuk stock photos, stock videos, hingga efek suara & backsound yang mengundang nuansa tertentu.

Meningkatnya kebutuhan multimedia, tidak lepas dari sudah terlalu banyaknya konten yang berbentuk artikel (tulisan). Hal ini berdampak pada persaingan yang makin sengit antar satu writer dengan writer lainnya.

Maka itu, para writer pun memutar otak dengan membuat bentuk konten lainnya seperti Video & Graphic yang dapat bersaing dengan konten artikel biasa lainnya.

Membuat Video Promosi dengan Nuansa yang Membangun Memakai Efek Suara

[img.1] Efek Suara Bernuansa
Courtsey of Pexels.com
Keputusan ini membuahkan hasil, konten video ternyata lebih disukai netizen atau pengguna social-media lainnya. Shifting ini pun akhirnya ‘melahirkan’ para creator-creator baru, lebih kreatif, unik & menarik.

Diantara elemen-elemen multimedia tersebut, ada beberapa yang tidak semua orang bisa. Jika dalam multimedia tersebut ada paling tidak 3 elemen, yaitu:

  • Video Footage: Video berbentuk rekaman biasa, bisa diambil dengan kamera professional atau kamera HP
  • Branding Layout: Berupa grafis yang menjadi layer kedua sebuah video seperti blok nama pada pembawa berita, atau berdiri sendiri seperti intro & outro pada pembuka dan penutup video
  • Backsound & Effect: Berupa efek suara dan backsound untuk membangun suasana video

Kali ini, saya akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan beberapa backsound & efek suara untuk video Anda secara GRATIS!

Berikut tempat-tempat dimana Anda bisa mendownloadnya.

1. Incompetech.com

Situs ini adalah salah satu dimana Anda bisa mendownload efek suara secara Gratis!

Bahkan disini, Anda juga bisa mendapatkan Graph Paper. Graph Paper adalah semacam kertas dengan garis-garis yang sudah tergenerate sendiri dengan bervariasi bentuk

[img.2] Incompetech screenshots
Private Courtesy

BACA JUGA: Cara buat Video Perannya dalam Meningkatkan CTR Iklan Promosi Anda

2. Joshwoodward.com

Situs kedua ini adalah milik seorang musisi yang sering merekam backsound hasil kreasi pribadinya. Di situsnya ini ia mengizinkan siapapun untuk mendownload hasil karyanya untuk keperluan backsound video apapun, perlu diketahui genrenya kebanyakan adalah akustik.

Beberapa diantaranya terdapat pula efek suara akustik yang menenangkan.

[Img.3] Joshwoodward screenshots
Private Courtesy

3. Bensound.com

Sebuah situs yang memuat ratusan bahkan ribuan Royalti Free Music dengan berbagai jenis, mulai dari akustik, technifolk, Jazz, Rock, dan sebagainya. Efek suara sebanyak ini akan membuat video promosi atau Vlog Anda makin meriah sesuai yang Anda inginkan.

[img.4] Bensound screenshots
Private Courtesy

4. Audiojungle.net

Mungkin Anda sudah pernah mendengar situs ini, sebuah situs koleksi musik & efek suara terbesar di dunia ini memiliki Puluhan Ribu musik-musik yang FREE! Meski begitu, ada juga berbagai pilihan musik & suara yang Premium atau berbayar, sesuai selera Anda.

Loading...

Selain itu, di audiojungle.net ini Anda juga bisa membuat akun disini, lalu menjual musik hasil kreasi pribadi Anda sebagai sebuah produk digital.

[img.5] Audiojungle screenshots
Private Courtesy

BACA JUGA: Menggunakan Video dapat Meningkatkan ROI hingga 2 kali Lipat!

5. Audiomicro.com

Satu lagi koleksi audio berupa backsound & efek suara dari situs audiomicro.com, sebuah marketplace suara yang juga menyediakan audio Gratis di salah satu section-nya.

Silahkan mengexplore banyaknya koleksi audio disini

[img.6] Audiomicro screenshot
Private Courtesy

6. NoCopyrightSounds

Ini bukanlah sebuah situs atau marketplace audio seperti list-list sebelumnya, ini adalah sebuah channel Youtube yang memuat banyak audio dengan opsi download di setiap videonya.

Anda bisa mendapatkan banyak pilihan efek suara untuk video Anda, caranya cukup klik salah satu videonya, lalu lihat ‘Bio’ yang ada di bawah video. Disana pemilik channel menyertakan link untuk bisa Anda download.

[img.7] NoCopyrigth screenshots
Private Courtesy

7. Music for Creator

Seperti poin ke-6, list ini juga merupakan sebuah channel Youtube yang memuat banyak audio musik & efek suara pada setiap videonya. Setiap video tersebut disisipkan link tempat mendownload audio atau backsound tersebut.

[img.8] Music for Creator screenshots
Private Courtesy

Menjadi Creator Video yang Profesional, juga harus Mendidik

Demikianlah list dari tempat download audio musik atau efek suara. Sebenarnya masih ada banyak channel dan situs yang menyediakan opsi seperti ini, namun 7 list diatas adalah tempat yang saya dapatkan dari rekomendasi orang-orang terpercaya.

Menjadi seorang creator di jaman sekarang akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan pengetahuan & wawasan anak muda. Hal yang paling penting, adalah bagaimana Anda bisa memberikan konten yang bermanfaat sekaligus mendidik & memotivasi anak-anak muda untuk berbuat positif!

Selamat menjadi creator ulung!

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.