Kisah Sinta yang Sukses Membuka Toko Online Baju

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Toko online baju
Courtesy of grosirhijab.org

Memulai bisnis baru di internet memang punya sensasi tersendiri. Ada keraguan,¬†deg-deg-an memikirkan akan ada pembeli atau tidak dan berbagai ketidak‚ÄĒpastian lainnya. Namun tidak jarang juga hal tersebut memberikan kesan yang luar biasa lantaran mendapatkan¬†order pertama lewat¬†online‚ÄĒshop¬†baru kita, atau istilahnya:¬†pecah telor!

Dalam memulai bisnis baru, disadari memang kita belum memiliki pengalaman yang menjamin kesuksesan. Maka yang diperlukan adalah sebuah action atau praktek, yang darisana kita akan mendapatkan pengalaman bisnis untuk dapat dievaluasi kedepannya.

Sinta merupakan satu dari beberapa orang yang berani bereksperimen membuka toko online dengan segmen baju atau¬†fashion. Langkahnya awal mula cukup sederhana, ia hanya membuka toko online baju miliknya tanpa memiliki strategi apa pun alias “asal buka saja”.

Courtesy of studentpreneur.co

Kisah Sinta berawal dari pengalamannya mencari kerja selepas ia lulus sarjana di sebuah Universitas terkemuka. Melihat ketatnya persaingan dalam mencari kerja, membuat Sinta lebih berminat untuk membuka sebuah usaha.

Baca Juga: Usaha Modal Kecil Untung Besar: Belajar dari Pak Junaidi

Sebelumnya Sinta sudah beberapa kali melakukan kerja serabutan, darisana ia mengumpulkan uang tabungan sekedar untuk membantu orang tua dan biaya hidupnya. Namun lambat laun tabungannya habis, hal itu yang membuat Sinta putar otak untuk membuka sebuah usaha toko online.

Berbekal Tabungan Sekedarnya, Toko Online Baju Sinta Bermula

[img.2] Toko online baju Sinta dimulai
Courtesy of k-princess.com
Pengembaraannya pun dimulai dari Pasar Tanah Abang, disana ia melakukan survei baju apa saja yang laris dipasaran serta terjangkau. Tidak hanya itu, Sinta juga melakukan survei kualitas baju yang unggul agar toko online baju miliknya dapat memberikan yang terbaik untuk konsumen.

Awal mula pemasaran ia lakukan dengan mengambil gambar baju-baju yang dijual disana, tentunya dengan izin si penjual toko. Lalu Sinta melakukan posting di media sosial pribadinya untuk menarik minat teman-temannya di dunia maya, hal ini efektif terlebih untuk orang yang aktif di media sosial karena selain promosi juga sekaligus riset apakah banyak peminatnya atau tidak.

Tapi perlu diketahui, memposting produk perlu cara tersendiri agar informasi yang kita berikan dapat menarik pelanggan dan berujung pada penjualan. Detail produk, variasi warna, ukuran dan bahan jadi elemen penting agar produk kita memberikan informasi yang maksimal untuk konsumen.

Baca Juga: Kisah Sukses Pengusaha Modal Nol

Lama kelamaan order pun berdatangan, Sinta mulai berkenalan dengan jasa pengiriman dan kurir dan keuntungan pun ia raih sedikit demi sedikit. Memang disadari omzet penjualan kadang naik, kadang turun disebabkan trend pakaian yang berubah-ubah, namun hal itu tidak menyurutkan semangat Sinta untuk terus memberikan variasi baju untuk para konsumennya.

Bisnis toko online yang awal mulanya hanya bermodal sekedarnya, kini sudah dapat mendapat keuntungan hingga 30 juta rupiah per bulannya .

Kegigihan Membangun Toko Online Jadi Kunci

Kisah Sinta merupakan sebuah pembelajaran bahwa usaha dapat membedakan mana ide yang berhasil dan mana yang tidak, usaha Sinta membesarkan toko online bajunya membuahkan hasil yang tidak sembarangan. Optimis dalam mengerjakan sebuah aktivitas, ditambah passion akan membuahkan sukses dalam aktivitas tersebut.

Sebagai sarjana, sudah wajar jika Sinta bersikukuh untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji 3-5 juta perbulan. Namun mindset sebagai seorang entrepreneur mengalahkan pola pikir kebanyakan sarjana untuk melamar kerja, ia lebih suka berjuang dari bawah dengan membangun bisnis toko online miliknya sendiri.

Jika dikumpulkan, mungkin banyak anak-anak muda seperti Sinta ini yang sukses membangun toko online. Tapi dibandingkan yang banyak tersebut, terbukti lebih banyak lagi anak-anak muda selepas sarjana yang mengejar pekerjaan dengan gaji yang cukup.

Padahal menurut saya, mencoba berbisnis online itu perlu dicoba walaupun kita masih dalam status bekerja. Kita bisa memanfaatkan waktu malam atau pagi hari sebelum bekerja. Setelah sudah¬†settle baru bisa nyaman untuk “banting setir” menjadi¬†entrepreneur.

Semoga kisah ini dapat menginspirasi, bahwa kegigihan untuk sukses dan konsisten dapat mengantarkan seseorang kearah sukses. (Raf/trainingtokoonline)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ūüôā

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)