Kiat-kiat Berbisnis ala Dahlan Iskan

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
kiat-kiat berbisnis

Kenal dengan seorang Dahlan Iskan? Jika tidak berarti anda perlu mengupdate pengetahuan umum anda. 🙂

Selain sebagai menteri BUMN dan dikenal sederhana, beliau ternyata juga seorang pengusaha sukses. Dalam pencapaiannya menuju kesuksesan dalam berbisnis, ternyata beliau memiliki kiat-kiat yang ia jalani hingga mencapai kesuksesan sekarang.

Kiat-kiat Berbisnis Apa Saja yang ‘DI’ pegang?

Mencapai kesuksesan, Dahlan Iskan bukannya tidak memegang prinsip agar hal itu tercapai. Ia memiliki kiat-kiat berbisnis yang ia memiliki untuk menjalankan bisnisnya. Apa saja itu?

Berikut adalah kiat-kiat berbisnis ala Dahlan Iskan:

1. Mulai Berbisnis Sejak Dini

Menurutnya usia 25 tahun adalah usia paling ideal untuk memulai sebuah usaha. Mengapa? Karena sebaagi pengusaha, pasti ada kalanya bisnis kita jatuh dan gagal. Dalam usia seperti ini, jiwa berjuang seseorang masih sangat tinggi serta memiliki kesempatan untuk mencoba lagi hingga berhasil. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai pengalaman untuk bisnis kedepannya agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang telah lampau. “Fail Sooner, Success Sooner!”, kata seorang entrepreneur dunia.

Baca juga: Sebelum Belajar Berbisnis, Perbaiki Mental dan Mindset Pebisnis Diri Anda Dulu!

Memulai bisnis diusia 25 tahun, menjadikan saat berumur 30 tahun kita sudah matang dan mapan untuk memegang tanggung jawab sebagai pebisnis sukses. Karena pastinya sebagai pemimpin bisnis, akan banyak pihak yang akan dipimpin seperti bawahan, rekan kerja, dan lain-lain.

2. Fokus dengan Bisnis yang Kita Geluti

Untuk seseorang yang baru mulai terjun di dunia bisnis, mungkin akan sulit fokus pada bisnisnya. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya peluang yang ‘dirasa’ bisa dijadikan bisnis, terlebih melihat begitu banyak pebisnis yang sukses disana-sini. Maka disini, harus ada pola piker baru bahwa peluang yang banyak belum tentu bisa diambil semuanya. Perlu fokus untuk dapat berhasil dulu disatu bidang bisnis, jika sudah settle baru silahkan untuk mencoba bisnis lain.

3. Kerja Keras kunci Sukses

Tentu sudah harus kita ketahui bahwa kerja keras adalah rumus sukses dibidang apapun, terutama berbisnis. Situasi yang tidak menentu dalam berbisnis akan menggoncang mental kita jika perilaku bekerja-keras tidak ditanamkan. Namun terkadang bekerja-keras saja tidak cukup, ada yang namanya Kerja Cerdas. Ini menyeimbangkan agar usaha yang kita lakukan, memberikan hasil yang maksimal.

4. Risk Taker

Salah satu yang Dahlan Iskan dan banyak entrepreneur dunia sarankan adalah berani mengambil resiko. Saya pernah membaca sebuah Infographic bahwa, “Berani mengambil resiko adalah jalan pintas!”. Maksudnya bagaimana? Jika seorang pengusaha mencoba maka ia layaknya berjalan kaki dalam berbisnis, saat ia belajar dari orang maka ia layaknya naik kendaraan menuju kesuksesan bisnis. Sedangkan jika pebisnis berani mengambil resiko, maka ia layaknya naik roket melesat menuju kesuksesannya.

Baca juga: 9 Tips Memulai Bisnis Baru ala Safir Senduk

Tentunya dalam mengambil sebuah resiko harus ada perhitungan bisnis yang dilakukan, untung-ruginya. Jika tidak maka bukan mengambil resiko namanya tapi “bunuh diri”. Seorang pebisnis yang takut mengambil resiko akan terus berada dizona nyaman, tanpa inovasi, hal itu selain menghilangkan momentum kesuksesan, tapi juga dapat membunuh bisnis mereka pelan-pelan. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI YA! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)