Kerja Keras, Impian dan 6 Jalan Menuju Sukses dari Arnold

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Jalan Menuju Sukses Kehidupan
Courtesy of lifehack.org

Bagaimana meniti jalan menuju sukses hingga kesuksesan itu sendiri sudah berulang kali menjadi topik yang tidak kunjung habis dibahas secara terperinci. Lewat pendekatan pshycology, agama hingga science.

Advertisement

Namun kesuksesan adalah hal yang abstrak, sesuatu yang didapatkan seseorang dari perpaduan serta kombinasi antara kerja keras, kepercayaan di dalam hati (have a faith) dan elemen di luar kuasa manusia.

Kerja Keras, Awal Jalan Menuju Sukses Anda

Dari semua pembahasan dan analisa manusia, mungkin formula kerja keras adalah yang paling mudah dipraktekkan. Dengan bekerja keras dan ikhtiar yang tidak main-main, maka kesuksesan yang diimpikan akan menghampiri disadari atau tidak.

Kepercayaan di Dalam Hati

Setelah kerja keras, manusia dihadapkan oleh level yang lebih tinggi lagi, elemen yang nyata namun tak tersentuh fisik, yaitu spiritualitas. Ketika keinginan menjadi sukses kian hadir di dalam jiwa, maka menjadi percaya adalah langkah kedua.

Sulit mewujudkan impian sukses jika diri anda saja tidak mempercayai bahwa anda akan sukses. Bagaimanapun kerja keras anda, diujung akan ada batu besar yang menghalangi bertuliskan “Tidak Mungkin Sukses”. Maka menjadi PR tersendiri bagaimana percaya itu dilatih.

Elemen di Luar Kuasa Manusia

Di atas semua, anda tidak bisa memungkiri ada sesuatu diluar kuasa manusia yang ‘mempersilakan’ anda sukses dalam kehidupan. Hal tersebut adalah takdir dari Tuhan Yang Maha Esa, ridho yang Ia berikan terhadap aktivitas-aktivitas anda.

Maka dari itu, lakukan aktivitas yang bermanfaat agar semua yang anda lakukan menjadi bekal anda untuk sukses. Beberapa orang percaya, apa yang anda lakukan akan kembali kepada diri anda masing-masing. Tidak jarang hal tersebut jadi jalan menuju sukses mereka.

Maka bisa anda lihat orang-orang yang gemar membantu orang lain, biasanya akan diikuti kesuksesan dikemudian hari.

[img] Meniti Jalan Menuju Sukses
Courtesy of mattgdawson.com

Rumus Sukses dari Orang Sukses

3 elemen diatas adalah analisa pribadi saya atas sebuah hal yang anda sebut kesuksesan, namun ada baiknya anda mengambil pesan-pesan dari seseorang yang memang sudah sukses melalui perjuangan yang tidak mudah.

Orang tersebut adalah Arnold Schwarzenegger.

Beredar sebuah video yang menampilkan orasi dari sang mantan binaragawan ini. Disana ia menyampaikan ‘6 Rules of Success’ kepada ribuan hadirin yang datang. 6 aturan tersebut adalah intisari dari jalan menuju sukses yang ia lakukan, dan Ia yakini akan membawa seseorang menuju kesuksesan asalkan dilakukan dengan konsisten dan komitmen.

‘6 Rules of Succes’ Tersebut Adalah


1. Percaya Terhadap Diri Anda Sendiri

Andalah yang seharusnya mempunyai visi akan kesuksesan yang anda impikan. Dari pemikiran diri sendiri akan tercipta langkah-langkah bagaimana anda mewujudkan impian anda tersebut.

Bukan orang lain, bukan sahabat anda, pasangan anda, bahkan orang tua anda.

Anda sendirilah yang mengetahui potensi dan kapasitas diri anda. Maka mempercayai diri sendiri akan jadi jalan menuju sukses yang tak bisa digantikan oleh yang lainnya.

Arnold ingin menjadi binaragawan yang terhebat, ‘The Greatest Body-builder’, namun orang tuanya memiliki visi tersendiri untuk Arnold. Mereka menginginkan ia untuk menjadi Polisi seperti ayahnya, menikahi seseorang bernama Heidi dan memiliki banyak anak.

Namun Arnold memutuskan untuk keluar dari Austria, datang ke Amerika dan menjadi Juara. Saat itu ia sangat yakin atas keputusannya, keputusan yang tidak akan ia sesali seumur hidup.

BACA JUGA: 9 Tips Menumbuhkan Bisnis yang Sukses

2. Patahkan Aturan (Break Rules!)

[img.2] Jalan Menuju Sukses Seorang Franco
Courtesy of bodybuilding.com
Sebuah pesan Arnold dapatkan dari rekan binaragawannya, yaitu Franco Columbu. Pria bertinggi ‘5 kaki-5 inchi’ ini pernah dicibir karena bermimpi untuk menjuarai kontes Mr. Universe karena ukuran tubuhnya yang pendek. Namun Franco tidak bergeming.

‘Aturan’ berkata hanya orang-orang tinggi yang dapat memenangkan kontes Mr. Universe, Mr. Olympia dan Mr. World. Tapi Franco menabrak ‘Aturan’ tersebut, ia menjadi kesatria.

Ia memenangkan Mr. Universe tiga kali, memenangkan Mr.World. Ia bahkan juga memenangkan Mr. Olympia dua kali!

Begitu pula dengan Arnold, ia ingin menjadi aktor ternama di Hollywood. Semua orang mengejeknya, mengatakan bahwa seseorang dengan ‘aksen’ yang kental tidak akan bisa berhasil.

Maka Arnold ‘Menabrak Aturan’ itu, ia mengambil kelas peran, kelas menghilangkan aksen dan kelas bahasa Inggris. Ia bekerja keras, akhirnya Ia pun berhasil.

3. Jangan Takut untuk Gagal!

Kegagalan merupakan musuh sebenarnya. Ia datang dari tempat yang tidak disangka-sangka sebelumnya, yaitu diri sendiri.

Saat anda takut untuk gagal, maka otomatis anda akan takut pula untuk mencoba dan jalan menuju sukses pun tertutup. Impian yang anda coba raih akan makin menjauh, bahkan menjadi trauma sehingga diri anda tidak akan mampun menggapai mimpi tersebut.

Lihat bukan? Karena siapa itu semua? Yap! Karna anda sendiri!

Misalnya, saat anda telah melakukan Push-Up sebanyak 300 kali dan menginginkan lebih yaitu 330 kali, namun anda takut untuk gagal, maka anda tidak akan mencapai angka 330 tersebut.

Advertisement

Semua orang mengambil apa yang dinamakan resiko, orang sukses telah merasakan kegagalan sebelumnya, namun kegagalan tersebut membuat mereka ingin bangkit lebih keras lagi. Sehingga tujuan sebelumnya tetap tercapai, bahkan makin dekat karena dilakukan dengan semangat yang lebih besar.

4. Tak Usah Perdulikan Para ‘NaySayers’

Siapa itu ‘NaySayer’? Mereka adalah orang-orang yang meragukan kemampuan anda, potensi tertinggi anda untuk mencapai kesuksesan yang anda impikan.

Arnold pernah menemui orang-orang seperti ini. Saat berumur 15 tahun, di daerahnya Austria, ia mengungkapkan impiannya untuk menjadi ‘Body Builder Champion’. Segera setelah itu, mereka meragukan impian Arnold tersebut.

Mereka bilang bahwa, “Body-Builder adalah olah raga Amerika. Di Austria mungkin engkau bisa menjadi pemain ski, pesepeda, dan lain-lain”

Tapi Arnold tidak mendengarkan mereka, ia tetap pergi ke Amerika untuk mewujudkan impiannya, membuat jalan menuju sukses nya sendiri, berlatih diri, menjadi Body-Builder, dan sisanya adalah sejarah.

[img.2] Arnold Meniti Jalan Menuju Sukses
Courtesy of bodybuilding.com
Hal ini juga terjadi saat Arnold mencalonkan diri menjadi Governor. Mereka berkata bahwa itu adalah hal yang tidak mungkin, “Anda pertama harus menjadi major, city council, state senator dan akhirnya mungkin saja anda akan menjadi Governor.”

Tapi Arnold tidak mendengarkan mereka. Ia passionate tentang pelayanan publik,tentang memberikan sesuatu kembali kepada masyarakat. Ia ingin menjadi governor, maka dari itu ia mencalonkan diri, dan dua bulan kemudian ia menjadi seorang Governor.

5. Bekerja Keraslah!

Kerja keras, seperti elemen pertama yang saya sampaikan diatas, merupakan formula yang tidak akan diragukan lagi keberhasilannya. Orang-orang sukses bekerja dengan sangat keras!

Ingat Colonel Sanders yang baru berhasil mempromosikan resep ayam gorengnya di umur 65? Dengan sebelumnya mengalami penolakan dari puluhan restoran?

Atau Walt Disney yang baru berhasil membangun Disneyland (setelah hamper bangkrut) diumur yang juga sudah lanjut?

Maka kerja keras adalah jaminan mutu terhebat dan bergaransi agar seseorang ingin sukses.

Lalu bagaimana parameter bekerja keras itu? Yaitu bekerjalah hingga anda benar-benar berhasil! Titik!

[img.3] Kerja Keras Rumus dan Jalan Menuju Sukses
Courtesy of bodybuilding.com
Arnold benci saat seseorang berkata mereka tidak memilki waktu. Itu hal gila baginya. Kita masing-masing memiliki waktu 24 jam, tidur selama 6 jam maka anda masih memiliki 18 jam sisanya. Lakukan pekerjaanmu 8-10 jam, maka kita masih memiliki 10 jam lagi.

Lalu dikemanakan sisa waktu tersebut?

Bacalah banyak buku, cari pengetahuan sebanyak mungkin, perhatikan lingkungan sekitar dan keluargamu, serta lakukan 30-45 menit untuk berlatih. Itu waktu minimum bagi Arnold!

Satu hari memiliki 24 jam, anda tidak boleh dengan kaku memetakan waktu yang sedikit tersebut. Bekerja keraslah dengan maksimal! Efektifkan waktu anda untuk berlatih, dan singkirkan waktu untuk bersantai-santai.

BACA JUGA: Mindset Pebisnis: Bagaimana Memupuk Pola Pikir yang Sukses!

6. Berikan Sesuatu Kembali

Kita tidak disini sekarang ini tanpa bantuan siapapun.

Bahkan untuk hadir di dunia ini, kita masih membutuhkan seorang dokter, perawat, hingga bidan. Maka memberikan sesuatu kembali jadi sesuatu yang seharusnya kita yakini menjadi jalan menuju sukses kita.

Kesuksesan Arnold dalam bisnis enternainment, body-builder, politik, foundation miliknya, organisasi lingkungan, tidak lepas dari campur-tangan orang lain. Akan selalu ada orang yang membantunya.

Maka dari itu, Ia berkata bahwa Ia harus memberikan kembali pada orang lain! Masih banyak hal-hal yang harus kita lakukan untuk lingkungan kita.

Bantu anak-anak kecil yang kelaparan, bantu lingkungan agar terus lestari untuk anak-cucu kita, lakukan perbaikan moral dan akhlak di lingkungan kita. Karena sesungguhnya memberikan sesuatu adalah cara agar warisan kita tetap ada, dan kebaikan tidak hanya berhenti pada diri kita. (referensi: Arnold Schwarzenegger’s 6 Rules For Success)

Maka berbuatlah untuk orang lain. Yakinlah bahwa perbuatan itu sebetulnya bukan hanya untuk orang lain saja, perbuatan itu untuk diri kita sendiri.

Berikut adalah Video pidato yang beliau lakukan saat running menjadi Governor

Itulah pesan dari Arnold Scharzenegger, seorang Body-Builder, Aktor Professional, Politikus hingga Filantropis yang harus anda serap dan praktekkan. Karena jalan menuju sukses tidak akan muncul begitu saja, perlu pengorbanan dan komitmen dalam melaksanakannya.

Sehingga kesuksesan bisa bersama anda dimasa yang akan datang. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:
Loading...

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)