Kelebihan Google Plus dalam Meningkatkan Hasil SERP Website Anda

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Keuntungan Memakai Google Plus
Courtesy of thesearchengineshop.com

Setiap social-media yang dibuat tentunya memiliki fitur dan kelebihan masing-masing. Termasuk google+, yaitu social-media besutan Google yang akhir-akhir ini mulai ramai penggunanya. Meskipun sempat dipandang sebelah mata, kini google+ mulai banyak peminatnya karena terdapat kelebihan yang berguna terutama untuk pelaku bisnis.

Mungkin bagi anda memiliki google+ kurang bonafid, karena selain masih asing dimata pengguna internet, masih banyak fitur yang tidak diketahui netizen di seluruh dunia.

Dilansir oleh sosmedtoday.com, pengguna Google+ ternyata cukup banyak. Hasil olahan data globalwebindex di tahun 2014 menunjukkan angka 54% pengguna internet di dunia memiliki akun Google+. Namun keaktifan mereka di dalam Google+ masih diragukan, pasalnya akun tersebut memang otomatis terbuat saat seseorang membuat akun Gmail, atau akun Google lainnya.

[img.2] Pengguna Google=
Copyright of globalwebindex.net

Baca Juga: 5 Aturan Optimasi Social Media untuk Usaha Kecil Rumahan

Hasil Pencarian Tinggi, Salah Satu Keuntungan Memakai Google+

Tidak banyak yang tahu, bahwa meningkatkan hasil pencarian di Google atau SERP (Search Engine Result Page) sebenarnya bisa dilakukan dengan cara lain selain SEO, yaitu dengan mengoptimasi Google+ anda.

Bahkan jika memang anda bisa menggunakannya dengan efektif, maka SEO tidak perlu anda lakukan sama sekali. Mengapa bisa begitu?

Hal ini disebabkan Google+ adalah platform social-media yang dimiliki oleh Google sendiri, yang memiliki mesin pencari Google juga. Maka tentu pasti ada keuntungan saat kita memakai Google+ yang berkaitan dengan produk Google lainnya (search engine salah satunya).

Kita ketahui apabila kita melakukan pencarian di Google, maka Google akan memberikan hasil sesuai dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Website yang relevan dengan keyword (kata kunci) yang diketikkan pengguna.
  2. Website yang memiliki kualitas konten diatas rata-rata website lainnya.
  3. Website yang memiliki authority terhadap media miliknya, misalnya jelas jadi rujukan orang banyak dan terdaftar.

Tapi ternyata, Google juga akan memberikan hasil sesuai dengan lingkar pertemanan kita di Google+. Mengapa bisa begitu?

Ibaratkan seperti ini:

Si A membutuhkan informasi terkait ‘mesin jahit murah’ di internet, maka ia akan melakukan pencarian dengan keyword tersebut. Selain itu, Si A juga memiliki akun Google+ dan berteman dengan Si B disana. Kebetulan, di Google+ Si B men-share artikel website yang berisi info tentang mesin jahit yang terjangkau harganya.

Hal tersebut akan menyebabkan ketika Si A mencari artikel ‘mesin jahit murah’, maka Google akan menampilkan akun Google+ Si B yang telah share berita tentang mesin jahit tersebut. Hal itu akan menyebabkan pemilik website dengan konten mesin jahit kedatagan traffic dari hasil share link Si B.

Sudah mengerti cara kerjanya? Begitulah bagaimana Google memanjakan pengguna produknya. Ini bisa jadi salah satu strategi Google untuk menarik minta netizen aktif di akun socia-media Google+ milik mereka.

Baca Juga: Logo Terbaru Google Jadi Perubahan Terbesar Sejak 1999

Tips Agar Hasil Share Link Anda Ditemukan Pengguna Search Engine Google+

Setelah anda mengetahui cara kerja Google+ dari penjelasan diatas, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimasinya.

Dengan cara apa?

Oke, jika seseorang yang memiliki akun Google+ akan mendapatkan hasil search dari lingkarannya di Google+, lantas bagaimana agar hasil link-share kita ditemukan orang banyak? Jawabannya adalah jalinlah pertemanan dengan orang sebanyak-banyaknya d Google+!

Dengan meng-‘Add to Circle’ banyak orang, maka ketika mereka melakukan pencarian link-share anda akan muncul di halaman pertama. Entah urutan berapa, tapi potensi klik akan sangat tinggi, mengapa?

  • Satu: Karena ada di halaman 1
  • Dua: Karena mereka kenal dengan Anda

Itu saja? Ya, itu saja!

Berarti PR-nya adalah meng-‘Add to Circle’ orang-orang yang aktif di Google+.

[img.3] Fitur Add to Circle dari Gogle+
Courtesy of martinshervington.com

Kesimpulan

Setiap social-media memiliki kemampuan khas yang tidak dimiliki social-media lainnya, contohnya adalah Google+ ini. Memaksimalkan semua social-media, adalah cara yang tepat agar traffic anda meningkat tajam.

Tapi sebelumnya, pastikan bahwa adan menguasai terlebih dahulu salah satunya. Karena mempelajari setengah-setengah sama dengan tidak mempelajari apa pun. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

2 Comments

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)