7 Jualan yang Menguntungkan dilakukan di Awal-awal Tahun4 min read

 

[img.1] Jualan yang Menguntungkan
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Tahun 2019 sudah tiba, bahkan sudah lewat seminggu setelah countdown kemarin dilakukan. Menurut kacamata bisnis, momen awal tahun ini bisa jadi peluang untuk menawarkan produk tertentu. Pada artikel sekarang ini, saya akan membahas 7 produk atau jualan yang menguntungkan untuk Anda tawarkan di momen awal tahun ini.

Mengapa sebagai pebisnis kita harus ‘peka’ terhadap momen-momen seperti ini? Karena namanya bisnis atau jualan seringkali naik dan turun, dengan memanfaatkan momentum maka kita bisa mempertahankan agar penjualan kita tetap berada di grafik yang tinggi.

Pedoman Memilih Produk atau Jualan yang Menguntungkan

[img.2] Panduan Memilih Produk Jualan yang Menguntungkan
Courtesy of Pixabay.com
Memang di bawah nanti saya akan infokan beberapa produk yang mungkin laris di awal tahun ini, tapi mungkin saja produk ini berbeda di daerah Anda.

Untuk itu, saya akan memberikan beberapa pedoman umum dalam memilih produk yang akan laris di momen-momen tertentu.

Pilih Produk yang Dibutuhkan Konsumen di Waktu Tersebut

Agar produk Anda diburu di saat-saat tertentu, maka pastinya Anda harus menyediakan produk yang konsumen perlu saat itu.

Maka dari itu, lakukanlah riset sebelum momen tersebut hadir. Survey-lah lingkungan Anda, keluarga & kerabat agar mendapatkan data-data valid.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Online yang Komperhensif untuk Newbie Sekalipun

Cari Produk yang Membuat Konsumen Menjadi Lebih Baik dari Dirinya

Salah satu keinginan konsumen saat membeli produk adalah agar dirinya menjadi lebih baik. Maka agar mendapat jenis jualan yang menguntungkan tawarkanlah produk yang memberikan benefit konsumen Anda.

Tawarkan Produk yang Memberikan Kesan

Terakhir, promosikanlah produk yang berkesan di momen tersebut. Entah untuk konsumen itu sendiri, atau bagi orang terdekat mereka agar brand Anda diingat dengan baik.

7 Produk yang Menguntungkan dijual di Awal Tahun

[img.3] Produk Laris Awal Tahun
Courtesy of Pixabay.com
Setelah mengetahui pedoman-pedoman di atas, mari kita lihat produk apa saja yang mungkin laris Anda jual di awal Tahun ini.

Pastinya, 7 produk ini mengandung 3 kaidah di atas.

1. Book Planner

Pernah mendengar istilah ini? Produk ini sangat trend ketika memasuki awal-awal tahun apalagi diantara millenial.

Apa itu Book Planner?

Book Planner adalah sebuah buku tulis yang didesign agar bisa berfungsi untuk menulis rencana-rencana hidup kita ke depan.

Umumnya memilik nama-nama hari hingga tanggalnya, berbentuk kolom-kolom yang bisa kita isi dengan kegiatan-kegiatan dan to-do-list untuk kita lakukan nanti.

Diantara lembar-lembar planner tersebut, diselipkan quotes atau kata-kata mutiara agar kita bisa bersemangat melakukan planningplanning tersebut.

Meski begitu, Anda bisa memilih produk lain yang related (berhubungan) dengan book planner sebagai jualan yang menguntungkan di awal tahun ini.

2. Alat-alat Olahraga & Gym

Awal tahun semua orang suka sekali membuat resolusi bagaimana agar semuanya menjadi lebih baik di tahun ini.

Salah satunya yang ramai adalah resolusi agar bisa lebih sehat di tahun ini. Dengan begitu, produk olahraga atau Gym jadi melejit permintaannya diawal tahun.

Tapi mungkin alat olahraga membutuhkan modal besar, untuk Anda yang UKM bisa mencoba menawarkan produk sampingannya seperti makanan supplemen untuk kesehatan.

BACA JUGA: Resolusi Tahun Baru: Sudahkan Anda Membuatnya?

3. Event Edukasi, Training & Bimbingan

Sejalan dengan 2 poin di atas, poin ke-3 ini juga menawarkan benefit yang sama yaitu self development untuk menjadi lebih baik.

Awal tahun acara-acara training menjadi jualan yang menguntungkan bagi para motivator & trainer. Karena biasanya banyak orang ingin mencoba hal baru di tahun yang baru pula.

4. Produk Perawatan Diri

Melengkapi keinginan untuk bisa lebih baik di tahun yang baru, maka produk perawatan juga banyak dicari pada momen awal tahun.

Mulai dari produk kecantikan hingga produk perawatan bahkan untuk Pria juga. Tapi meski begitu produk ini sebenarnya juga contoh jualan yang laku setiap hari kalau kita sudah menangkap pasarnya.

5. Accesoris Gadget

Gadget yang lekat dengan kehidupan kita rasanya tak adil jika tidak dimasukkan di list kali ini. Tapi biasanya gadget bisa bertahan lebih dari setahun, tapi orang sulit untuk menahan diri membeli accesoris pendukungnya.

Maka produk accesoris inilah yang menjadi jualan yang menguntungkan dan laris di awal tahun, baik accesoris HP, PC atau gadget lainnya.

6. Paket Tour & Travel

Kita sama-sama ketahui peningkatan minat traveller di Indonesia cukup pesat beberapa tahun terakhir ini. Hal ini tidak lain dan tak bukan karena harga tiket atau paket tour yang makin murah makin kesini.

Tapi mohon diingat, paket tour murah ini diberlakukan travel dengan rentang book yang panjang, paling cepat yaitu 1 tahun sebelumnya.

Maka kebiasaan traveller yang bepergian di akhir tahun, membuat waktu booking paling pas adalah di awal tahun! Silahkan para travel mencobanya dan liat traffic peminat yang datang. 😉

7. Buku-buku Self Development & Bisnis

Para public figure dan entrepreneur adalah orang-orang yang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik tiap waktunya, termasuk saat pergantian tahun.

Maka mereka-mereka di atas akan berburu buku-buku bertemakan self development dan insight bisnis terbaru di tahun tersebut.

Ini jadi peluang Anda yang berjualan buku untuk mempromosikan koleksi buku Anda, bahkan momen terbaik untuk membuka bisnis buku Anda menjadi usaha yang cepat laku dan menguntungkan! 😀

Seorang Entrepreneur perlu Mengetahui Momen-momen Menguntungkan Sebagai Peluang

[img.4] Momen & Peluang
Courtesy of Pixabay.com
Insting sangat penting diandalkan oleh pebisnis untuk mengetahui saat-saat yang berpeluang menghadirkan profit besar, hanya pebisnis berpengalaman yang handal melakukannya.

Tapi jangan ‘minder’, karna jika Anda masih pemula lama-kelamaan Anda pun bisa membaca tanda-tanda tersebut dan menemukan produk jualan yang menguntungkan versi Anda.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.