Apa Saja Jenis Usaha Kecil Menengah yang Berpotensi Milyaran?

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Jenis Usaha Kecil Rumahan
Courtesy of swa.co.id

Berbagai macam bentuk bisnis yang digeluti masyarakat dunia, dari bisnis jasa, produksi barang, bisnis kuliner, garmen, retail, fashion, dan banyak lagi macamnya. Dari setiap bentuk bisnis tersebut, ada lagi pembagian level-level bisnis tergantung skala omzet yang didapatkan dari mereka para pelaku bisnis.

Pembagian tersebut yang saya ketahui ada beberapa yaitu; Usaha Mikro, Kecil & Menengah yang tergabung dalam UKM (Usaha Kecil Menengah) dan Bisnis Corporate baik itu Group Bisnis maupun bukan.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas tentang hal-hal yang berkaitan dalam ragam jenis Usaha Kecil Menengah.

Arti Usaha Kecil Menengah Menurut Wikipedia

Usaha Kecil dan Menengah atau disingkat UKM menurut Wikipedia adalah sebuah jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih (asset) paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Sedangkan menurut Keppres RI No. 99 Tahun 1998 Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Tapi deskripsi yang paling mudah, UKM adalah jenis usaha yang merupakan skala kecil yang dimiliki oleh perseorangan maupun terdiri dari berbagai orang/ team.

Dalam UU No. 9 Tahun 1995 ada kriteria Usaha Kecil yang diatur, diantaranya adalah:

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah)
  3. Milik Warga Negara Indonesia
  4. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar
  5. Berbentuk usaha orang perorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.

UKM memang tergolong usaha atau Bisnis berskala kecil jika dibandingkan dengan bisnis yang sudah settle terlebih jika dibandingkan dengan Group bisnis. Namun potensi UKM tidak bisa dianggap sebelah mata, terbukti UKM adalah aset yang penting bagi bangsa untuk menjalankan roda Ekonomi.

[img.2] Berbagai Jenis Usaha Kecil Menengah di Indonesia
Courtesy of dwgwisnu.wordpress.com
Pasar Tanah Abang yang disana terdapat macam kumpulan penjual dan pedagang berskala kecil, ternyata dinobatkan sebagai Pusat Tekstil Terbesar di Asia Tenggara! Bahkan beberapa tanhun ini Pasar Tanah Abang sudah disulap menjadi lebih modern dibandingkan sebelumnya.

Dirjen Kemendag, Srie Agustina dalam statementnya mengungkapkan bahwa, “UKM merupakan pilar penggerak ekonomi nasional. Saya yakin setiap kesulitan di situ ada peluang,” disela-sela pembukaan Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional (PPDNR), di Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (10/9/2015).

Baca Juga: 10 Cara Memulai UKM yang Sukses!

Jenis-Jenis Usaha Kecil Menengah

Dalam kenyataannya, berbagai bisnis yang cukup dikenal dan menguasai pasar spesifik di masyarakat adalah pelaku bisnis UKM. Lantas apa saja jenis usaha kecil menengah yang potensial untuk dapat digarap di Indonesia? Berikut beberapa diantaranya.

1. Bisnis Kerajinan Tangan

bisnis kerajinan tangan
Courtesy of babbaco.com – Kerajinan Tangan Unik

Siapa sih yang masa kecilnya berlum pernah bereksperimen dengan kertas lipat? Atau mengolah bentuk-bentuk dari lilin & tanah liat? Jika anda semua pernah melakukannya, maka anda punya potensi untuk membuka bisnis kerajinan tangan.

Di Indonesia sendiri, saking besarnya potensi bisnis disini, kita sering mengadakan pameran Kerajinan Tangan setahun sekalinya yang bernama INACRAFT. Bahkan pameran ini tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat Indonesia sendiri, tidak jarang orang-orang penikmat kerajinan tangan juga berdatangan dari luar negeri.

2. Bisnis Kuliner

bisnis kuliner
Courtesy of kamarberita.com – Kuliner khas Bali

Jika bisnis kerajinan tangan bisa anda geluti selama pernah bereksperiman semasa kecil, maka bisnis kuliner akan terus langgeng saat manusia masih tetap harus makan. Ya, betul!

Berbagai macam kuliner yang menghiasi Nusantara dari Sabang hingga Merauke ini menjadi pasar strategis dalam menarik wisatawan dan devisa ke dalam negeri. Anda pun tidak boleh ketinggalan dalam mencoba berbisnis disini.

Jika orang-orang tua memulai bisnis kuliner dengan penampilan ala kadarnya namun khas, kini anak muda sudah bisa mengkreasikannya agar lebih terlihat kreatif dimana target pasarnya. Maka tak heran ilmu penerapan packaging sedang digalakkan pemerintah Indonesia agar bisa memasuki pasa kreatif Internasional.

Baca Juga: 5 Aturan Optimasi Social Media untuk Usaha Kecil Rumahan

3. Bisnis Kain Tenun

Bisnis kain tenun
Courtesy of Kompasiana.com – Ragam Kain Tenun Indoneisa

Berbagai macam ciri khas pola yang diberikan oleh setiap daerah di Indonesia. Jika kain tenun daerah NTB berbentuk goemetris, bentuk hewan; seperti burung merak, katak, cecak, kuda dan lain sebagainya, Kain tenun songket Sumatera Barat lebih menonjolkan bentuk ajaran dan kearifan filosofi.

Pasar yang menjadi incaran bisnis ini tak hanya lokal, bahkan tak jarang yang memiliki kesenangan disini lebih banyak berasal dari luar negeri. Kebanyakan memang orang-orang yang menyukai ragam kebudayaan di Dunia.

4. Bisnis Gamis & Jilbab

Bisnis gamis & jilbab
Courtesy of grosirbajuku.com – Gamis Tanah Abang

Hal ini patut disyukuri, lantaran selain menyebarkan nilai-nilai kebaikan Islam, hal ini juga memanfaatkan pasar muslim Indonesia yang merupakan terbesar di Dunia. Dimulai sejak beberapa tahun lalu saat artis ibukota mulai banyak yang mengenakan jilbab, tak tanggung-tanggung saat itu sedang marak film bioskop yang pemeran utamanya mengenakan jilbab lebar.

Ternyata hal tersebut jadi faktor penting naiknya trend perempuan berjilbab. Jelas hal tersebut disambut dengan pasar yang subur dalam mem-provide kebutuhan tersebut.

Nama-nama pemain besar dalam bisnis ini antara lain: Zoya, Kerudung Rabbani, KeKe Busana, dan lain-lain. Namun tak sedikit pula pemain UKM didalamnya yang menggunakan media promosi social-media dalam memasarkannya.

5. Bisnis Elektronik & Gadget

Bisnis elektronik dan gadget
Courtesy of bisnisukm.com – Elektronik & Gadget

Memasuki era informasi digital menentukan berkembangnya pasar gadget & elektronik. Jika beberapa tahun lalu Indonesia diserbu pasar laptop & notebook, tampaknya sekarang kini kita sudah mulai diserbu oleh barang-barang elektronik berupa gadget atau Smartphone.

Mulai dari yang murah-meriah, hingga mahal sekali masyarakat Indonesia terus saja meresponnya dengan positif. Maka peluang sukses memasuki bisnis gadget dan accessoris-nya jadi sangat besar. Beberapa pegiat pasar yang sering sharing strategi bisnisnya adalah Rico Huang admin dari @BisnisAnakMuda.

Memahami Potensi Jenis Usaha Kecil Menengah yang Menggeliat

[img.3] Potensi Jenis Usaha Kecil Menengah Indonesia
Courtesy of id.techinasia.com
Perlu diketahui, potensi usaha kecil menengah di Indonesia sangatlah besar. Jika anda berencana memasukinya sekarang, mulailah bersiap diri karena jumlah para pemain di Indonesia merupakan yang terbesar di Dunia, yaitu 57,9 juta bisnis. Dengan jumlah seperti itu berarti setiap bisnis memperebutkan  5-6 orang saja.

Namun tak perlu khawatir, kebutuhan orang Indonesia sangatlah banyak. Terutama di ibukota yang memiliki penghasilan diatas rata-rata daerah lain di Indonesia, mereka adalah pembeli yang sangat loyal. Di Jakarta saja pelaku bisnis UKM rumahan dapat menjual sebuah barang kebutuhan non-primer hingga omzet puluhan hingga ratusan juta rupiah sebulannya.

Maka dari itu, tidak ada alasan untuk takut dalam memulai sebuah bisnis UKM di Indonesia. Mari tingkatkan geliat ekonomi bisnis di Indonesia! (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)