Mengenal Istilah Internet Marketing dari Basic5 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing đź”— & Master Facebook Ads đź”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Internet Marketing
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketing. Founder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Sudah lebih dari 5 tahun belakangan ini, brand serta bisnis-bisnis UKM mengenal model pemasaran lewat internet. Model ini lebih sering disebut dengan nama Internet Marketing, yang praktisinya disebut Internet Marketer.

ADS:

Tapi meski sudah lama aktivitas ini berlangsung, masih ada saja beberapa pengusaha yang belum familiar dengan istilah ini. Maka dari itu, saya akan kembali lagi dari basic menjelaskan apa sih internet marketing itu?

Penjelasan Umum dari Internet Marketing

[img.2] Pemasaran Internet Online
Courtesy of Pixabay.com
Pada dasarnya, jika ilihat dari kalimatnya saja ada dua kata yang saling melengkapi disitu.

Pertama ialah kata; Internet, lalu kedua kata; Marketing.

Penekanan inti kalimat sebetulnya berfokus pada kata ‘Internet’. Mengapa? Karena kata ini menggambarkan sebuah medium yang berbeda dari medium era sebelumnya.

Jika kata marketing sebenarnya sudah dikenal lama di dunia Bisnis, yaitu dalam bahasa Indonesia ialah Pemasaran. Maka dengan tambahan Internet, ia menjadi hal baru di era perkembangan teknologi sekarang.

Sehingga, arti umum dari Internet Marketing ialah sebuah model pemasaran atau aktivitas pemasaran, yang menggunakan media internet dalam pelaksanaannya.

Orang sering salah mengerti, bahwa internet marketing ialah sama dengan digital marketing. Padahal beda!

Lalu apa bedanya? Akan saya bahas di sub-judul berikutnya.

BACA JUGA: Strategi Bisnis Online yang Saya Pelajari dari Denny Santoso

Apa Saja Cakupan Aktivitas Pemasaran lewat Internet?

[img.3] Aktivitas Pemasaran
Courtesy of Pixabay.com
Munculnya model pemasaran baru, tentu dibarengi dengan aktivitas-aktivitas yang mengikutinya. Aktivitas ini berbeda sekali dengan aktivitas pada model pemasaran jaman dahulu.

Jika dulu, sebuah peluncuran produk kita perlu mempersiapkan ribuan flyer, ratusan poster & puluhan spanduk, di era internet marketing itu semua bisa dilakukan lebih murah & efisien.

Lalu apa saja aktivitas dari model pemasaran internet?

Sebelumnya, ada pertanyaan yang terbesit di pembahasan di atas. Yaitu dimana pembeda antara internet marketing dengan digital marketing?

Jawabannya adalah, bahwa Internet Marketing adalah salah satu bagian dari model Digital Marketing.

Digital Marketing sendiri adalah proses marketing yang muncul sebelum internet marketing, atau hampir berbarengan. Model ini muncul setelah Conventional Marketing hadir, yaitu poster dan selebaran.

Apa bentuk dari digital marketing? Salah satu yang paling awal ialah, iklan di televisi. Sebelum internet ditemukan, iklan televisi adalah salah satu bentuk pemasaran digital di Dunia, karena merubah bentuk fisik (poster & flyer) menjadi format digital.

Digital Marketing tidak selalu berupa Internet Marketing, karena iklan lewat layar Baliho (Videotron, dan lain-lain) yang tidak terkoneksi internet juga merupakan sebuah Digital Marketing.

Oke! Sekarang setelah Anda memahami perbedaan antara keduanya, saya akan menjabarkan beberapa aktivitas Internet Marketing yang bisa dilakukan untuk bisnis Anda.

1. Website

Media pemasaran lewat Internet pertama yang perlu menjadi dasar pondasi Bisnis Online adalah Website.

Loading...

Website kita perlukan untuk pemasaran Internet, untuk menjadi rumah kita dan produk-produk kita. Disana calon buyer akan melihat bagaimana sleuk-beluk bisnis kita mulai dari histori Bisnis, hingga Product Knowledge sesuai informasi yang kita cantumkan.

Tapi perlu diketahui, agar calon buyer bisa menemukan website kita… kita perlu menggiring traffic menuju website kita.

Caranya? Lewat poin ke-dua.

2. Social-Media Marketing

Poin ke-dua ini merupakan cabang aktivitas dari model pemasaran Internet atau Internet Marketing. Aktivitas Social-Media Marketing menggunakan social-media untuk memasarkan produk atau website Bisnis kita.

Melihat pengguna media sosial di seluruh Dunia yang makin berkembang, maka channel ini menjadi sumber traffic yang potensial untuk bisa digarap menjadi penggiring calon buyer.

3. E-Mail Marketing

Poin ke-tiga ini juga merupakan opsi channel traffic menuju website kita. Meski pengguna e-mail segmentasinya terbatas, namun bisa dikatakan pengguna e-mail merupakan calon buyer yang sudah tech savvy atau melek teknologi.

Sehingga akan tentu lebih mudah memasarkan produk yang high-tech lewat channel e-mail ini.

Namun meski begitu, hampir semua bisnis menggunakan ini sebagai media komunikasi kepada customernya. Karena e-mail merupakan saluran komunikasi tertua setelah telepon.

Coba pikirkan, bisnis mana yang tidak punya e-mail? Pasti di setiap business card, akan ada alamat e-mail disana.

Meski belum tentu sering dibuka, e-mail tetap jadi channel yang relevan untuk bisa dimiliki setiap bisnis di era Internet Marketing sekarang.

BACA JUGA: Apa Saja Update Fitur Social-Media Terbesar Dunia di Tahun 2016

4. Aplikasi Chat/ Messenger Marketing

Di poin ke-empat ini, ada media yang jadi ‘penggusur’ SMS di aktivitas komunikasi sehari-hari. Namanya aplikasi chat atau messenger.

Menyaingi jumlah pengguna media sosial, aplikasi chat atau messenger seperti WhatsApp, FB Messenger, Telegram, LINE, dan lain-lain juga menjadi channel yang sangat potensial untuk digunakan.

Terlebih dalam hal komunikasi kepada customer atau calon buyer.

Media ini menjadi andalan karena kemudahan pengoperasiannya, murah biayanya, dan banyak fitur-fiturnya seperti mengirimkan Audio, Gambar hingga Video.

Meski begitu, channel ini terbilang private karena langsung menyasar ke gadget pengguna. Maka harus hati-hati menggunakannya, salah-salah calon buyer bisa jadi terganggu.

5. Marketplace

Terakhir, ada Marketplace.

Media ini sedang booming-boomingnya digunakan pada pelaku UKM untuk memasarkan produk-produknya.

Hal ini disebabkan kemudahan penggunaannya, serta potensi traffic yang sangat besar ke produk jualan Anda.

Jika di offline, marketplace ibarat pasar. Maka tentu akan banyak calon buyer yang berkeliaran disana.

Dan itu semua, didapatkan cukup dengan pasif saja tanpa perlu aktif berpromosi! (pasang foto produk, isi info harga & deskripsi, selesai.)

Menarik bukan? Maka model ke-lima ini bisa Anda coba untuk bisnis Anda.

Internet Marketing, Era Kemudahan Membangun Bisnis secara Online

[img.4] Pemasaran Bisnis Online
Courtesy of Pixabay.com
Munculnya model ini sangat membantu sebuah bisnis muncul, bahkan ada banyak Solopreneur lahir dari sini. (solopreneur: entrepreneur yang menjalankan bisnisnya sendiri)

Untuk bisnis yang sudah berjalan, model pemasaran ini bisa lebih mengembangkan lagi besaran Bisnisnya.

Maka dari itu, sekarang adalah saat paling tepat bagi semua orang untuk memulai bisnisnya lewat Internet!

Lalu, tunggu apa lagi?

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.