Trend Berubah? Ini dia Inspirasi Bisnis 2017 yang Berpotensi Tinggi!

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Inspirasi-bisnis-2017
Courtsey of Pexels.com

Dari tahun-ke-tahun, perubahan selalu terjadi. Tidak hanya pada Bisnis, tapi juga hal lainnya seperti Ekonomi, Politik, hingga Sosial-Budaya. Untuk para Pengusaha, mungkin concern paling tinggi ada pada trend-inspirasi bisnis 2017 sekarang ini.

Memang 2017 sudah berjalan setengahnya, tapi perubahan pun akan terus terjadi dalam tahun tersebut. Perubahan trend yang cepat seakan ‘meminta’ para entrepreneurs terlebih lagi Start-Up untuk melakukan inovasi demi inovasi, bahkan hingga menduplikasi produk saingannya.

Masih ingat Instagram? 😉

Perusahaan dari induk yang lebih besar ini—yaitu Facebook—makin menjadi-jadi menduplikasi saingannya yaitu Snapchat.

Pada artikel kami sebelumnya, peristiwa ini dibahas dengan jelas.

Tapi bukan tentang Instagram yang akan saya bahas kali ini. Melihat trend yang berubah, saya akan membahas perubahan arah produk serta inspirasi Bisnis 2017 kini.

Dari Produk Fisik, ke Produk Digital

Salah satu trend yang saya soroti adalah bermunculannya produk Digital yang dulu mungkin belum dikenal banyak orang. Bahkan pebisnis Online pun baru-baru ini saja ‘ngeh’ dengan yang namanya ‘Produk Digital’.

Anda belum paham apa itu Produk Digital?

Singkatnya, produk digital adalah sebuah produk yang diperjual-belikan dalam format non-fisik. Tidak seperti produk lainnya yang bisa disentuh (fisik); baju, celana, jilbab, kaos, kemeja, dll, produk digital ini hanya dapat Anda nikmati dalam bentuk file.

Jenis file-nya pun berbeda-beda, ada yang berupa .pdf file, video filetemplate file mulai dari PowerPoint hingga Photoshop file. Semuanya diperjual-belikan dengan patokan harga yang kadang tidak baku standardnya, namun tentu harus masuk akal.

Inspirasi Bisnis 2017 yang bakal ‘Rame’

Masuk ke pembahasan, sekiranya ada 3 jenis bisnis yang dapat Anda coba di tahun ini. 3 hal ini saya ambil berdasarkan kepopuleran dan potensi mendapatkan pasarnya, tanpa perlu mengalami kerugian yang besar saat gagal.

Alias, low-risk business model.

Lalu apa saja itu?

1. Bisnis Dropship

Di tahun 2017 ini bisnis dropship makin meningkat tajam para ‘pemainnya’. Sebelum makin banyak dan ramai, sebaiknya Anda mulai ikut dalam trend ini.

Para ‘pemain’ mengambil deal terlebih dahulu dengan si pemilik produk (seringkali produk fisik), menetapkan margin harga, lalu baru memasarkan produk tersebut.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Baru yang Lagi Nge-Hits itu bernama Youtube Reviewer!

Dropship;

Adalah proses dimana Sang Penjual memasarkan produk tanpa harus menyetok produk terlebih dahulu. Si Penjual cukup melakukan deal saja dengan vendor, maka ketika ada penjualan penjual akan mengabarkan, dan vendor akan mengirimkan.

Kepopuleran sistem bisnis ini terlihat dari banyaknya workshop hingga buku Bisnis yang muncul oleh pakar-pakar Marketing dan menjadi inspirasi bisnis 2017 yang paling trend beberapa bulan ini.

Salah satunya adalah buku Dropship Mastery dari mas Rico Huang. Pada peluncurannya, buku tersebut terjual Ratusan copy! (*atau mungkin sampai ribuan, saya terlupa)

Sudah pasti kaan, kalau banyak yang beli berarti banyak yang ingin praktek juga! 😀

2. Bisnis Affiliate

Kata para Guru Marketing, atau akrabnya disapa ‘mastah’, affiliate marketing atau Bisnis Affiliate adalah salah satu bisnis yang cukup mudah untuk digeluti para pemula. Maka tak heran jika saya pun memperhatikan sekarang banyak bermunculan para affiliate marketer di Timeline Facebook saya. (*mungkin Anda juga? 😀 )

Mereka yang bahkan tidak punya website sekalipun bisa menjadi affiliate marketer dengan mengandalkan Facebook Profile saja.

Tapi hebatnya, mayoritas dari mereka tadi (para affiliates yang bermunculan) ternyata memiliki kemampuan memasarkan yang tinggi! Sehingga komisi yang mereka dapatkan bukan ‘ecek-ecek’.

Bahkan kang Dewa Eka Prayoga pun mengecap manisnya affiliate marketer awal-awal tahun 2016 kemarin.

Singkatnya affliate marketer adalah orang yang memasarkan sebuah produk (kebanyakan digital) dengan komisi per-sales yang telah ditentukan setelah mendapatkan pembeli.

Affiliate;

Proses kerjasama antar vendor dan Pemasar (marketer), dengan perjanjian bahwa sejumlah komisi-per-item akan didapatkan Pemasar ketika terjadi penjualan produk

Sebuah trend Bisnis terlihat ketika suatu hal/ sistem, sudah jamak yang memakainya. Melihat hal tersebut, maka bisnis Affliate pantas menjadi inspirasi Bisnis 2017  kali ini.

3. Google Adsense

Buat saya ini adalah bisnis yang kita sebenarnya tidak bisa secara langsung mengatur income dengan stabil. Karena bisnis adsense adalah bisnis partnering dengan Google, maka sewaktu-waktu perjanjian partner tersebut bisa ‘diputus’.

Dalam kata lain hal itu terjadi lewat di-banned-nya website Anda.

Adsense sendiri jika anda tidak begitu mengenal, adalah sebuah iklan yang muncul di website yang berpartner dengan Google. Untuk menjadi partner, Anda perlu mendaftarkan website anda disini.

Lalu melalui proses approval, baru website Anda diizinkan untuk menampilkan iklan dari para Google Advertiser.

Adsense;

Google melakukan partner dengan berbagai Advertiser, para Advertiser tersebut perlu website-website untuk menampilkan iklannya. Disinilah muncul para publisher yang menyediakan ruang pada websitenya untuk iklan tersebut, para publisher pun mendapatkan komisi per klik dari situ.

Meski dengan trend dan menggiurkan, untuk mendapatkan income yang lumayan Anda perlu membangun website dengan traffic besar! Dan ini memakan proses yang cukup lama.

Meski begitu, bisnis adsense tetap menjadi sebuah inspirasi bisnis 2017 yang makin naik-daun.

4. Produk Digital

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, produk digital kini mendapatkan pasar yang cukup luas daripada beberapa tahun kemarin.

Karena, pelaku bisnis yang konvensional pun memburu produk-produk digital ini lewat para Guru Marketing di social-media. Selain itu, sifat kemudahan distribusinya makin membuat produk digital ini ‘Di-Gila-i’ oleh banyak Internet Marketer.

Selain tentu, karena kebermanfaatannya bagi pembeli produk tersideebut.

Produk Digital;

Adalah sebuah produk non-fisik yang ditawarkan dalam bentuk soft-file dengan biasanya menggunakan distribusi download. Type produk digital ini bisa berupa document word, .pdf, video hingga template untuk keperluan Marketing.

BACA JUGA: Begini Cara Mengatur Target Omset Bisnis Online Anda!

Biasanya, keberhasilan produk digital ini juga disebabkan oleh andil affiliate marketer yang memasarkan produknya kepada list atau memberfans mereka, dengan opsi Bonus-bonus yang melimpah.

Tapi di ranah Produk Digital pun, trend kini mulai bergeser ke salah satu type produk. Ini bisa menjadi inspirasi bisnis 2017 yang potensial.

Trend tersebut adalah Produk Digital dengan type Software atau Web-based Software! Yaitu berupa alat atau tools marketing yang berguna untuk memudahkan Pebisnis Online menjalan bisnisnya.

Bahkan hingga berdampak pada meningkatnya omzet mereka daripada biasanya.

Diantaranya adalah tool manajemen social-mediatool untuk meng-analisa campaign Iklan, hingga yang terakhir ini yang sedang ramai tool berupa Bot Messenger yang bisa digunakan sebagai ‘Mesin Penjawab Otomatis’ pada Facebook Messenger.

Namanya adalah Storabot! Sang developer—Aditya Satriawan— mengklaim bahwa ini adalah Bot ‘Pertama di Dunia’ yang bisa membuat sebuah messenger menjadi ‘Marketplace’.

Anda bisa lihat beberapa marketplace hasil buatan Storabot dibawah ini;

Sebenarnya masih banyak contoh-contoh Marketplace’  kreasi Storabot, ingin tahu lebih Anda bisa KLIK DISINI

Anda bisa ambil kesempatan Disc.50%-nya dengan klik banner di atas ini. Selain itu ada 10 Bonus yang menunggu disana. 😉

Inspirasi & Ide akan Tetap Menjadi Ide, Kecuali…

Mengakhiri artikel ini, saya akan membuat kesimpulan bahwa inspirasi bisnis dan ide yang Anda dapatkan akan selamanya menjadi Inspirasi & Ide jika Anda tidak juga dengan segera mengaplikasikannya.

Dalam hal ini, adalah dengan mencari produk pilihan Anda dan memasarkannya!

Tidak perlu ambil pusing dengan website, cukup gunakan fitur Fanpages pada Facebook. Lalu upload dan promosikan lewat Facebook Profile anda.

Buat dulu satu Fanpages untuk satu produk dan aksesorisnya. Lalu saat sudah lumayan, tingkatkan profit dengan membuat Fanpagse lain yang berbeda niche. Buat hingga puluhan bahkan ratusan!

Tidak ingin dibuat ‘ribet’ menjawab banyak pertanyaan customer? Gunakan link messengerhttps://m.me/[url-fanpages-anda] agar pertanyaan muncul di messenger, lalu gunakan Storabot untuk Otomatisasi. 😉

Selamat meningkatkan profit! 😀

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)