Ini 5 Fitur dari Facebook yang Tidak Semua Orang Tahu

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Fitur Facebook yang Jarang Diketahui
Courtesy of engadget.com

Menggunakan social-media Facebook dalam keseharian kita memang tak dapat dihindari. Selain sebagian besar orang kini pasti memiliki akun Facebook, social-media tersebut juga berfungsi sebagai penyambung diri kita dengan orang lain diluar sana mulai dari Keluarga, teman dekat, komunitas, hingga para tokoh-tokoh.

Semua orang pasti sudah mahir dong memakai Facebook baik lewat Desktop ataupun smartphone, tapi mungkin Anda dan beberapa orang diluar sana tidak semuanya mengetahui dan jarang menggunakan 5 fitur dari Facebook berikut ini.

1. Memilih ‘Friend’ di Facebook yang Jarang Berinteraksi dengan Kita, dan meng-‘Un-Friend’-nya

Facebook memiliki kapasitas pertemanan hingga 5000 teman, tapi siapa yang benar-benar memiliki sebegitu banyak teman? Kalaupun memang mereka semua benar-benar teman kita, dapat dipastikan kita tidak selalu berinteraksi dengan mereka setiap hari bukan?

Maka dari itu Facebook menyediakan ‘Facebook Friend Organizer’. Anda tinggal masuk ke link ini—tentunya setelah anda login akun Facebook anda—lalu anda bisa melihat beberapa teman anda yang jarang melakukan interaksi dengan anda di Facebook.

[img.2] Fitur Organize Pertemanan
Courtesyof Gawker Media
Pilih beberapa atau semuanya, lalu klik ‘unfriend’. Lalu anda dapat mengundang teman anda lainnya yang tertarik untuk benar-benar berteman dan berinteraksi dengan Anda.

BACA JUGA: 10 Tips Social Media untuk Bisnis

2. Mini Movie Profile, Foto Profile yang Bergerak

[img.3] Fitur Video Gifs untuk Profile Facebook
Courtesy of timedotcom
Belum lama ini, Facebook memberitahu fitur terbaru mereka agar profle Facebook anda lebih ‘stand-out’ diantara yang lainnya.

Fitur tersebut adalah para user dapat mengganti foto profile mereka dengan gambar GIF, yaitu semacam mini-video yang berdurasi pendek.

Caranya, anda tinggal masuk ke Profile Facebook anda dengan menggunakan aplikasi Facebook anda di iPhone, lalu tekan Foto Profil anda maka akan ada pilihan “Take a New Profile Video” disana.

Selanjutnya anda tinggal merekam beberapa detik dengan kamera iPhone anda yang nantinya akan ter-convert menjadi gambar GIF.

Oya, apa saya menyebutkan Android sebelumnya? Tidak? Karena memang fitur ini baru tersedia pada aplikasi iPhone. Jadi para pengguna Android bersabar ya. 😀

3. Kirim Pesan pada Komentar

Fitur ini sebenarnya sudah lama muncul, tapi tidak selalu digunakan banyak orang.

Saat anda membuat status di Facebook dan mengundang orang berkomentar, maka anda dapat membalasnya lewat ‘Pesan Pribadi’ atau Private Message.

[img.4] Fitur Private Message dari Komentar
Courtesy of adigitalboom.com
Mungkin ini terlihat tidak terlalu berguna, tapi bayangkan jika anda sedang membutuhkan sesuatu misalnya tempat pijat yang recommended, lalu saat beberapa teman Facebook anda membalasnya anda dapat membalas komentar mereka lewat Message untuk follow-up lebih lanjut bukan?

BACA JUGA: Cara Membuat Fanspage Facebook untuk Pebisnis

4. Fitur ‘Service’ pada Fanspage

Beberapa orang di Facebook mungkin saja memiliki sebuah organisasi sosial, komunitas atau bisnis. Maka dari itu mereka membuat sebuah Fanspages.

Baru-baru ini, tepatnya tahun 2015 Facebook memberikan fitur ‘Service’ dimana admin dapat memperlihatkan service apa saja yang mereka miliki beserta gambar dan harganya.

Service tersebut akan muncul pada kolom Timeline pertama di Facebook Fanspage, seperti ‘Pinned Post’ namun diatasnya.

[img.4] Klik on Service Tab
Courtesy of Personal Documentation
Hal ini akan memudahkan pengunjung Facebook mengetahui Service apa saja yang Page tersebut miliki. Tapi tidak semua pengguna dapat membuatnya, Facebook tampaknya masih dalam proses mengupdate layanannya.

Langkah-langkah membuatnya dapat dilihat diartikel saya sebelumnya berjudul Memperkenalkan Fitur Add’Service’ Pada Facebook.

5. Auto-reply pada Pesan yang Menuju Fanspage

Pelaku bisnis yang menggunakan Facebook untuk pemasaran bisnisnya menyambut baik fitur terbaru dari Facebook ini.

Pasalnya kini sudah banyak pelanggan yang mengirimkan pesan ke Fanspage untuk bertanya-tanya tentang produk, tapi kebanyakan admin tidak dapat selalu online.

Maka, dengan fitur ‘Auto-reply’ ini admin dapat sedikit bersantai karena pertanyaan pelanggan yang dikirimkan ke Fanspage akan terjawab otomatis.

[img.6] Fitur Facebook Fanpages Auto-Reply
Courtesy of Google Images
Anda pun dapat merubah bagaimana pesan auto-reply yang nanti akan dikirimkan ke pelanggan anda. Sementara Facebook baru dapat memberikan 1 tipe respon tanpa, mudah-mudahan kedepan Facebook bisa mengembangkan fitur auto-reply ini dengan menambah jenis pesan yang kita kirimkan ke pelanggan. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)