Ide Bisnis: 21+ Analisa Potensi Bisnis yang Terbukti Berhasil di Lapangan!22 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Ide Bisnis Kompilasi
Courtesy of pixabay.com
Loading...

Business Plan atau rencana bisnis merupakan hal yang fundamental bagi setiap orang yang ingin mengeksekusi sebuah ide bisnis. Lebih dari itu, business plan sekaligus dapat membantu agar bisnis kita lebih tahan lama (long—lasting) jika dibandingkan dengan orang yang berbisnis sekenanya saja.

Ide bisnis memang tidak selalu harus selalu benar-benar matang baru dikerjakan. Karena dalam dunia bisnis, siapa yang cepat (melakukan launch bisnisnya) maka ia yang akan mendapatkan pasar yang luas.

Namun kendala pada orang-orang yang berniat memulai sebuah bisnis ialah validitas bisnis tersebut. Apakah akan menjamin pasar menerima? Jangan-jangan setelah kita membuka bisnis, justru makin bangkrut karena bisnis tidak diterima pasar.

Bagaimana sebuah Ide Bisnis diterapkan menjadi Bisnis Real senilai Ratusan Juta Rupiah!

Artikel lain yang berisi tentang bagaimana melakukan validasi sebuah bisnis di internet dapat membantu anda dalam melakukan validasi bisnis anda. Namun kali ini, saya akan membahas 21+ ide bisnis yang terbukti berhasil sejak 2015 hingga kini, dan langsung bisa jadi referensi Anda.

Untuk info, 21+ bisnis berikut adalah bisnis yang telah valid! Mengapa saya bisa jamin begitu? Karena saya sendiri-lah yang menjadi saksi kesuksesan si pemilik usaha tersebut.

Beberapa usaha di bawah saya bagi per kategori, Anda cukup mengklik kategori yang diinginkan untuk langsung lompat ke kategori yang diinginkan.

Bisnis Fashion & Aksesoris | Bisnis Makanan & Minuman | Bisnis Jasa | Bisnis Desain | Bisnis Freelance

 

1. Bisnis Penyewaan Gaun Nikah, Jilbab dan Pembuatan Gamis

[img.2] Ide Bisnis Penyewaan Gaun
Courtesy of Pixabay.com
Ini adalah bisnis yang digawangi oleh istri saya sekaligus co-founder @Pedulijilbab sebuah komunitas yang concern terhadap penerapan jilbab yang syar’i pada muslimah.

Ide bisnis ini muncul kurang lebih beberapa bulan setelah saya dan istri menikah. Karena istri saya termasuk yang keukeuh untuk tidak dipakaikan jilbab yang membentuk leher, akhirnya saat dipelaminan jilbab istri berbentuk seperti jilbab biasanya sehari-hari yaitu melebar ke samping dan belakang.

Namun ke—keukeuh—an itu berbuah manis, ternyata banyak yang menyukai model jilbab seperti yang istri saya pakai. Pendapat ini dikemukakan oleh sahabat-sahabat istri yang juga mengeluhkan model jilbab yang tidak biasa mereka pakai, atau sederhananya tidak syar’i menurut mereka.

Dengan begitu, tercetuslah bisnis ini untuk membantu teman-teman yang ingin jilbabnya saat menikah berbentuk seperti biasa (syar’i). Brand yang istri saya berikan terhadap bisnis ini adalah Jilbab Walimah. Kami menggunakan kata “Walimah” daripada “Nikah” atau “Pernikahan”, disebabkan target pasar kami yang memang mengenal resepsi pernikahan itu ya walimah.

Yang saya dan istri siapkan saat itu adalah kain untuk Jilbab harian, dan gaun-gaun pernikahan untuk produk yang dapat disewa. Kira-kira berikut modal yang dikeluarkan untuk bisnis penyewaan gaun pernikahan:

  1. Gaun Pernikahan Rp 700,000- hingga Rp 2,000,000,- per Gaun
  2. Kain untuk Jilbab harian, Rp 25,000 ~ Rp 50,000/ meter

Alhamdulillah kini jika dihitung-hitung kami sudah bisa mencapai ±5 juta per bulannya, kadang naik—kadang pula turun.

Saat ini kami memiliki kurang—lebih 10 reseller yang ada di Indonesia untuk jilbab segi empat dan akan terus bertambah. Konsep kami daripada memperbanyak reseller, lebih baik memaksimalkan yang ada terlebih dahulu lewat pelatihan dan bantuan iklan di Facebook. Pembelian jilbab satuan kami fokuskan ke reseller, karena kami sekarang ingin memfokuskan ke penyewaan Gaun Pernikahan.

Berminat menjadi reseller dari Jilbab Walimah? Silahkan intip infonya disini 🙂

2. Bisnis Jilbab Segi Empat

[img.3] Ide Bisnis Jilbab Segi Empat
Courtesy of Pixabay.com
Selain jadi peluang dan ide bisnis, berita ini sekaligus menggembirakan. Dengan meningkatnya potensi bisnis jilbab itu berarti kesadaran berjilbab bagi muslimah Indonesia sudah mulai meningkat pula. Dengan kata lain sekali mendayung dua pulau terlampaui.

Faktor lain berkembangnya bisnis jilbab juga dikarenakan adanya variasi warna dan jenis jilbab yang ditawarkan produsen jilbab. Ada jenis jilbab Turki, jenis Syria hingga gaya stylish hijaber, semua sesuai selera masing-masing penggunanya.

Saya yakin pasar jilbab untuk muslimah akan terus laris sampai akhir tahun depan. Mengapa? Selain dua faktor diatas (adanya kesadaran berjilbab dan varian jilbab), kebutuhan belanja seorang perempuan memang pada dasarnya terus meningkat.

Bahkan tidak jarang muslimah yang membeli jilbab segi empat tersebut juga memiliki online shop. Saya tidak mengerti apa maksudnya itu, tapi sepertinya hal tersebut adalah bentuk support bisnis antar satu dengan lainnya.

Untuk sekedar informasi, satu meter jilbab kisaran Rp 15,000 ~ Rp 20,000-an Anda bisa menjualnya kembali dengan harga 2 – 3 kali lipat. Tapi tentunya hal tersebut dibarengi dengan kemasan yang bagus, kualitas jahitan yang baik serta pemasaran produk yang kuat.

Kira-kira breakdown kebutuhan modal untuk ide bisnis ini adalah sebagai berikut:

  1. Kain Rp 10,000 ~ Rp 30,000/meter
  2. Neci Rp 3,000 ~ 5,000/pcs
  3. Packaging Rp 2,000 ~ Rp 15,000/pcs (tergantung kualitas packaging)

Salah satu sahabat saya yang berbisnis seperti ini adalah Mas Fathan dan istri, mereka sebenarnya baru mengeluarkan brand Yumna Gallery beberapa bulan lalu namun omzet yang dimiliki sekarang sudah mencapai 10 juta per bulannya.

Kabar baiknya untuk anda yang ingin memulai usaha jilbab ini, Yumna Gallery membuka ke agenan dan reseller. Detail info lebih lanjut, anda bisa menghubunginya di instagram @yumna.gallery atau Fanspage mereka Yumna Gallery

3. Bisnis Kaos Anak Muslim

[img.4] Bisnis Kaos
Courtesy of Pixabay.com
Untuk anda yang ingin melakukan bisnis sembari berdakwah, ada peluang berbisnis yang cocok untuk anda.

Dengan menggabungkan semangat menyebarkan kebaikan lewat kata-kata indah, nasehat, ayat suci dan hadist yang dekat di kehidupan sehari-hari dengan produk kaos berkualitas yang cocok dipakai saat santai bersama keluarga, maka anda akan mendapat dua nilai sekaligus, yaitu bisnis dan dakwah.

Memang disadari bisnis kaos sudah lama dimulai oleh anak muda dulu, namun bisnis kaos yang satu ini membatasi segmentasi pasarnya, yaitu anak muslim. Meskipun pembatasan tersebut terasa sangat spesifik dan target pasar kecil, namun ternyata respon pasar sangat baik lho.

Bahkan tidak hanya itu, karena respon produk yang baik disambut dengan kualitas yang tidak mengecewakan, maka pelanggan akan sangat loyal dan mereka meminta varian produk lain. Ini merupakan sebuah peluang bagus bagi anda untuk mengembangkannya ke varian lain.

Prakiraan modal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Mesin Sablon kaos Digital ± Rp 3,000,000 ~ Rp 5,000,000,-
  2. Jika masih awal-awal, bisa pakai jasa sablon kaos dengan biaya jasa ± Rp 15,000 ~ Rp 100,000 per pcs
  3. Jasa design jika anda belum bisa design sendiri, kira-kira sekitar Rp 100,000 ~ Rp 500,000 tergantung designnya

Dengan modal seperti yang disebutkan diatas, anda bisa langsung membuka bisnis kaos muslim, tentunya dengan berisikan design ayat-ayat serta hadist yang cocok untuk anak kecil.

Mengapa ide bisnis ini potensial? Karena ini terbukti dari produk bisnis kakak kelas saya bersama teman-temannya, yaitu Afrakids. Siapa yang tidak tahu bisnis ini, karena kekuatan marketing dan produksi produk ini jadi sangat viral diantara orang tua muda muslim Indonesia.

Adalah Muhammad Maula sebagai Digital Strategist dari Afrakids kakak kelas saya tadi, dengan reseller hingga 300 lebih, rasanya tidak heran produk Afrakids ini beredar dimana-mana.

Karena fokus Afrakids adalah mengejar volume produk yang besar, maka pengadaan barang yang mereka siapkan adalah mesin-mesin besar untuk potong, sablon, hingga packaging dan semuanya dilakukan otomatis oleh mesin.

Terakhir bertemu, beliau mengungkapkan bahwa bisnis kaos muslim anak miliknya sudah menyentuh angka Milyaran per bulan!

Jangankah manajemen inti, seorang reseller saja bisa mendapatkan omzet hingga 100-300 jutaan perbulan. Waw! Nah, jika anda berminat untuk menjadi reseller dari Afrakids, silahkan kontak mereka lewat websitenya di Afrakids.com.

Dengan bergabung di tim Afrakids, maka anda tidak hanya mendapatkan produk tapi juga pembelajaran marketing online untuk pemasaran produknya.

4. Bisnis Hiasan Bros Cantik

[img.5] Bisnis Aksesoris
Courtesy of Pixabay.com
Kerajinan tangan memang tidak pernah membuat bosan, selalu ada arti tersendiri bagi banyak orang terlebih bagi seseorang yang mengerti arti sebuah seni kerajinan tangan (handmade).

Dari segi ekspor barang, produk UKM berbasis kerajinan tangan masih paling laris dibandingkan dengan produk UKM lainnya, semisal makanan. Di tahun 2014, detik.com memuat artikel yang menyatakan bahwa produk kerajinan tangan merajai pasar ekspor Indonesia ke negara Eropa dan US.

Hal ini harus disambut dengan apresiasi penuh. Karena selain demand yang tinggi di Eropa dan US, produk kerajinan tangan punya peluang terbesar bagi UKM Indonesia dibandingkan dengan produk UKM lainnya karena sifatnya yang variatif.

Memulai bisnis ini sebetulnya tidak terlalu memerlukan modal yang besar. Namun sebagai penggantinya, anda harus memiliki keterampilan yang baik, bahkan unik!

Jika anda ingin mencoba memulai menggarap ide bisnis hiasan lewat kerajinan tangan ini, anda bisa lihat-lihat inspirasi produk di salah satu website berikut ini:

  1. Etsy.com
  2. MadeItMySelf.com
  3. ArtFire.com
  4. Amazon.com (terdapat pada salah satu kategorinya, dijelaskan disini)
  5. IcraftGifts.com

List lengkapnya ada pada artikel SmallBizTrends.com yang berjudul 25 Places to Sell Handmade Crafts Online

Untuk modal, saya perkirakan ada yang perlu anda persiapkan sebelumnya. Ini hanya beberapa saja, jangan terlalu dijadikan patokan namun masih bisa menjadi referensi anda:

  1. Kain Flanel ± Rp 22,000,- ~ Rp 50,000,- untuk Per Meternya
  2. Peniti Bros ± Rp 5,000,- per lusin
  3. Jika ingin memakai peniti Pin, harganya ± Rp 10,000,-
  4. Berbagai alat kerajinan lainnya; Lem, Gunting, Benang, dst ± Rp 100,000,- ~ Rp 200,000,-

Nah, untuk bisnis yang satu ini, saya ada kenalan bernama Anissa Sarah, dia menjalankan bisnisnya sambil melakoni pekerjaannya di salah satu kawasan Industri di Indonesia. Namun bukan berarti ia tidak serius lho, buktinya produknya sudah pernah sampai Luar Negeri! 🙂

Dia berjualan di instagram lewat akunnya di @sarahgallery_, memang seorang wanita memiliki kemampuan yang tidak dimiliki laki-laki, yaitu ketelatenan. Karena membuat kerajinan tangan bros seperti itu menurut saya menuntun keahlian tangan yang tak biasa.

Untuk sementara, sepertinya anda belum bisa menjadi resellernya. Namun suatu saat mungkin anda bisa jadi yang pertama. 🙂

 

5. Bisnis Cemilan Keripik Pisang

[img.6] Keripik pisang
Courtesy of Pixabay.com
Siapa yang tidak suka dengan cemilan keripik? Jika dulu kita hanya mengenal keripik singkong, kini sudah banyak yang menjadikan pisang sebagai keripik. Bumbu yang dapat bervariasi menjadikan bisnis keripik pisang ini menarik banyak peminat.

Bagaimana anda bisa menolak sebuah keripik yang ditaburi oleh berbagai rasa bumbu dari yang asin hingga manis. Selain rasanya yang bervariasi, keripik pisang ini juga dikemas dengan desain yang menarik dan eye-catching lewat ilustrasi monsternya.

Banyak yang sudah melakukan olahan keripik pisang ini sebagai ide bisnis rumahan, tapi dari banyak brand saya rasa ada satu brand yang cukup menyita perhatian.

Namanya Bangnana Chips, bisnis yang didirikan oleh kaka kelas saya Mas Alwin Agustian. Pada mulanya ide bisnis keripik pisang didapat saat ia dan sahabatnya ingin membuat Tugas Akhir kuliah bisnisnya, namun setelah berjalannya waktu melihat potensi yang besar mereka melanjutkannya selepas berkuliah.

Kabarnya omzet usaha Keripik Pisang ini mencapai 20-30 jutaan/ bulannya lho. Saya kurang begitu tahu apakah itu sudah total dengan para agen dan reseller atau belum. Atau itu justru hanya omzet resellernya saja? (Waw!)

Bagi anda yang penasaran, detail dan info bisnis mereka bisa dilihat pada Fanspage Bangnana Chips atau Instagram @bangnanachips. Selain itu, anda juga bisa lho menjadi agen atau reseller mereka. Simak syarat dan ketentuannya disini.

6. Bisnis Makanan Sehat Organik

[img.7] Ide Bisnis Makanan Organik
Courtesy of Pixabay.com
Di era keterbukaan informasi, semua orang bisa mengakses berbagai pengetahuan di internet. Salah satu informasi yang paling dicari sekarang ini adalah tentang makanan sehat atau organik.

Concern seseorang akan kesehatan maksin kesini makin tinggi, maka berbagai informasi seperti makanan sehat akan diburu banyak orang. Maka sesuai dengan rumus bisnis, ketika ada permintaan (demand) kita harus bisa menyediakan produknya (supply).

Data dari Gallup.com menyatakan bahwa 45% masyarakat Amerika mencari makanan Organik, maka bukan tidak mungkin Bisnis ini akan mulai laris di masyarakat Indonesia pula.

Seperti bisnis makanan biasanya, yang kita perlukan adalah supplier bahan makanan Organik. Kawasan Indonesia yang memiliki banyak supply bahan makanan organik adalah sebagai berikut:

  1. Ponorogo
  2. Bandung
  3. Bali
  4. Jakarta
  5. Info detailnya bisa dilihat disini

Selain bisnis ini berpotensi sangat tinggi, bisnis ini juga mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat. Karena menurut Republika, hanya 10% masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi makanan organik.

Ini juga yang dirasakan oleh Owner Nourish Food Indonesia yang sekaligus sahabat saya yaitu Mbak Tris Destiana Munthe. Ia mengaku awalnya hanya sebagai pengkomsumsi makanan organik tersebut, berbagai resep ia coba buat dan hasilnya selalu di-share di laman facebooknya.

Tanpa disengaja, postingannya tersebut mendapat respon luar biasa, maka Ide bisnis tentang membuat toko online makanan organik pun muncul. Bukan main-main, produknya berhasil di endorse oleh artis-artis papan atas yang bahkan beberapa dari mereka melakukan repeat order.

Sekilas info yang pernah saya terima, bisnisnya ini diawal waktu berjalan berhasil mengumpulkan omzet sebesar 15 juta per bulannya. Kini saya yakin ia bisa mengumpulkan lebih dari 100 juta per bulannya.

Saya belum tahu apakah mbak Tris ini menerima reseller, tapi jika ingin mendapatkan info anda bisa mengkontak CS Nourish Indonesia disini: 0856 93382448.

Jikalau tidak atau belum bisa, anda masih bisa kok membeli beberapa produknya. 🙂

7. Bisnis Makanan Keripik Buah Segar

[img.8] Ide Bisnis Keripik Buah
Courtesy of Pixabay.com
Dalam keseharian kita, kegiatan memakan cemilan tak dapat dihindari. Terkadang keinginan untuk memakan cemilan hadir diwaktu-waktu senggang seperti sore hari atau saat liburan.

Namun cemilan juga sangat penting kehadirannya, contohnya adalah saat sedang bersantai degan kerabat maupun keluarga. Kehadiran cemilan sepertinya jadi elemen wajib sebagai pelengkap kebersamaan.

Loading...

Jika anda ingin masuk ke pasar bisnis cemilan, namun tidak ingin bersaing dengan pemain besar biskuit seperti Khong Guan, Marie Roma, Regal dan sebagainya, ada alternatif yang dapat Anda coba.

Alternatif tersebut adalah dengan melakukan diferensiasi produk, yaitu seperti memproduksi cemilan ringan kripik berbahan buah segar yang dikeringkan.

Potensi pasar bisnis ini cukup luas dan demanding, dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa.

Siapa sih yang tidak suka dengan cemilan? 😀

Memulai bisnis produk cemilan ini mungkin terlihat rumit. Padahal sebenarnya tidak juga.

Dengan berbekal pengetahuan mengeringkan produk buah menjadi keripik, Anda sudah dapat menjalankan bisnis ini.

Mungkin Anda perlu mengeluarkan beberapa biaya saat memulainya, diantaranya adalah:

  1. Mesin packaging sederhana untuk UKM ± Rp 200,000,- ~ Rp 17,000,000 (referensi dari wiratech.co.id)
  2. Mesin pengolah keripik buah ± Rp 10,000,000,- ~ Rp 40,000,000,- (referensi dari maksindo.com)
  3. Bumbu untuk jenis perasa ± Rp 40,000,- ~ Rp 400,000 sesuai rasa yang diinginkan (referensi dari bumbutabur.net)

Kesempatan untuk berbisnis di bidang ini sangatlah besar, dengan 3 poin diatas saja anda sudah bisa memulai bisnis keripik tersebut.

Hal ini telah dibuktikan oleh Mbak Henny Ardini, pemilik ‘Cushy fruitchips’ yang sukses membangun bisnis keripik buahnya dengan omset puluhan juta rupiah.

Dengan modal sebesar Rp 500,000,- ia memulai bisnis ini dengan sederhana. Tak disangka-sangka, dengan pemasaran selama 10 hari di Facebook, ia mendapat 3000 order baik eceran maupun agen dan reseller.

Hingga Maret 2015, kapasitas produksi ‘Cushy fruitchips’ sudah mencapai 50,000 hingga 75,000 pcs per bulan dan terus meningkat.

Anda tertarik untuk mengintip produknya? Silahkan masuk ke Fanpagesnya disini. Saya kurang begitu tau apakah itu FP resmi atau milik agennya, tapi disana informasinya cukup memadai.

8. Bisnis Minuman Coklat Bubuk

[img.9] Ide Bisnis Minuman Coklat
Courtesy of Pixabay.com
Beverage atau hal-hal yang berkaitan dengannya sangat diminati banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Beragam minuman dapat kita temukan sekarang ini, dari yang bergizi hingga (disinyalir) berbahaya.

Lalu, jika beverage atau minuman tersebut ditambah satu elemen yang setiap orang juga suka, yaitu coklat, maka apa jadinya? 😀

Itulah asal muasal lahirnya minuman coklat dingin maupun hangat. Melihat besarnya pangsa pasar minuman coklat ini, maka bubuk minuman coklat dapat menjadi ide bisnis yang profitable untuk dikerjakan.

Anda bisa memulai bisnis ini dari gerobak kecil, tempat menjajakannya bisa di komplek atau dekat sekolah yang banyak anak-anak, atau tempat berkumpul seperti taman.

Mengeksekusi ide bisnis ini bisa anda mulai dengan rincian modal sebaagi berikut:

  1. 1 karton Pop Ice isi 5 pak ± Rp 225,000,-
  2. Gerobak minuman ringan ± Rp 5,000,000,- ~ Rp 12,000,000,- (referensi dari gerobak-unik.com)
  3. Dekorasi dan sebagainya ± Rp 1,000,000,-

Anda bisa menambahkannya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Namun, apabila anda ingin langsung saja berjualan tanpa memikirkan branding produk atau supply bahan, maka Chocohut bisa jadi pilihan anda.

Pemiliknya adalah mas Dede Sulaiman dari Tegal, Jawa Tengah. Konsep Choco Hut adalah minuman coklat bubuk kemasan yang disuguhkan lewat cup yang mudah dibawa-bawa.

Varian rasa yang disediakan Choho Hut antara lain; original, coffee zone, choco milk, vanillate dan cappucino. Cup yang disediakan mas Dede terlihat Premium, sehingga orang yang mengkonsumsinya seakan-akan berada di dalam cafe yang bonafit.

Dede merintis usahanya dari 2014 dan langsung menawarkan peluang usaha keagenan. Sekarang, mas Dede sudah memiliki ratusan agen yang tersebar di Jakarta, Pekan Baru, Tegal dan Surabaya.

Untuk anda yang tertarik untuk mencoba, silahkan kontak mas Dede di Fanpages Facebooknya ini. Dengan bermodalkan Rp. ± 2,000,000,- anda sudah bisa menjadi agen Choco Hut ini.

 

9. Bisnis Jasa Pemotretan Kantor & Pernikahan

[img.10] Jasa Fotografi
Courtesy of Pixabay.com
Memulai bisnis sesuai dengan passion dan skill kita memang sangatlah menyenangkan untuk dijalankan. Selain keuntungan Bisnis bisa diraih, skill kita juga akan terasah lewat berbagai macam klien yang kita dapatkan.

Salah satu skill yang sekarang ini sering dijadikan Bisnis adalah skill fotografi. Walaupun cukup mahal, tapi bisnis jasa fotografi ini masih terbilang banyak diambil anak-anak mudah terutama Mahasiswa. Beberapa item yang perlu disiapkan untuk merambah Bisnis ini adalah sebagai berikut:

  1. Kamera D-SLR (Rp 3,000,000,- sampai Rp 10,000,000,- an)
  2. Payung reflector (Rp 50,000,- sampai 300,000,- an
  3. Tripod atau Monopod (Rp 100,000,- sampai Rp 200,000,- an)
  4. Automatic shutter (Rp 100,000,- sampai Rp 250,000,- an), dan berbagai macam alat lainnya

Salah satu kenalan saya yang mengambil Bisnis Jasa Fotografi ini adalah Mas Irshad. Walaupun bukan lagi mahasiswa, namun keseriusannya menggarap bisnis ini memberikan hasil yang tidak main-main.

Kini Mas Irshad mulai menggarap klien-klien besar seperti Jasa Marga, Rumah Sakit Negeri dan Swasta, dan terakhir ini beliau seringkali berkolaborasi dengan artist-artist lokal untuk membuat Video yang akan dimasukkan ke dalam channel Youtube-nya.

Mau belajar banyak dari Mas Irshad? Silahkan anda merapat ke fanpages bisnis miliknya di Abdassah Studio [Multimedia] dan sekaligus pesan Jasa Fotografi ataupun pembuata Video dari beliau.

10. Bisnis Jasa Event Organizer

[img.11] Bisnis Jasa EO
Courtesy of Pixabay.com
Mengapa saya bilang bisnis ini potensial? Karena walaupun sekarang ini bisnis EO tampak redup, namun event-event ternyata berkibar diamana-mana, mengkoneksi ribuan hingga ratus-ribuan orang di satu lokasi besar.

Lantas jika banyak event mengapa saya bilang bisnis EO tampak redup? Prediksi saya tidak banyak pelaku bisnis EO yang gembar-gembor dimana-mana.

Mereka tipikal orang-orang sporadis yang militan bergerilya kemana project berada. 😀

Mengapa saya bilang begitu? Karena kruang lebih saya pribadi sudah 2 tahun lebih berada di industri ini, walau tidak terlalu fokus. Bayangkan, saya yang tidak fokus saja merasakan, bagaimana mereka yang habis-habisan disini.

Modal untuk menjadi pelaku bisnis EO tidaklah cukup besar, kecuali memang ingin langsung membuat sebuah perusahaan. Beberapa diantaranya:

  • Soft Skill
    1. Jaringan yang Luas
      • Kemana jika ingin mempromosikan event: Beberapa yang saya tau diantaranya Galacara.comAcaraapa.comJadwalevent.web.id, dan sebagainya
      • Kemana mencari pembicara: Diantaranya pembicaraseminar.ukmbiznet.com, tedxjakarta.org/speakers-and-talks
      • Kemana mencari tempat
    2. Kemampuan Negosiasi
    3. Database vendor Berkualitas dan Bersaing
      • Menyajikan data yang besar dan berkualitas
  • Modal Materi
    1. Legalitas Usaha (CV, PT) ± Rp 8,000,000,- sesuai kelas
    2. Website (domain, hosting dan jasa pembuatan) ± Rp 500,000

Untuk contoh Event Organizer yang bisa saya tunjukkan, adalah EO saya sendiri yaitu Glanz Organizer. Lewat EO ini saya pernah menghasilkan keuntungan Rp 3,000,000,- hingga Rp 25,000,000,- untuk sekali event.

Saat ini saya masih membenahi SDM di dalamnya, jika ingin menjadi salah satu team-nya anda bisa mengirimkan CV ataupun data diri ke [email protected]. 🙂

11. Bisnis Pin & Percetakan Advertising

Setiap publikasi baik itu event tentang gathering bisnis, peluncuran sebuah produk, kampanye produk pasti memerlukan suatu item yang merepresentasikan produk bisnis tersebut. Item tersebut tidak semua orang bisa menyediakannya, agar promosi produk lebih catchy maka perusahaan akan meminta jasa percetakan & advertising untuk mengadakannya.

Disini peran bisnis jasa pembuatan accesoris mulai dari yang ‘printilan’ seperti Pin, Pulpen, notes, hingga yang besar seperti Kaos, Topi, Jaket dan advertising lainnya diperlukan bagi perusahaan untuk campaign promosi produk mereka.

Sebenarnya untuk memulai bisnis ini, anda bisa menjadi perantara terlebih dahulu. Jadi pertama anda bisa menjalin partner dengan perusahaan konveksi-konveksi, percetakan, dll, lalu anda tinggal promosi ke rekan-rekan dan kenalan. Hingga saat anda mendapat order, anda bisa melemparkannya ke rekanan anda tersebut.

Namun untuk anda yang bermodal bsar dan benar-benar ingin menjalankan bisnis ini, ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan, diantaranya:

  1. Mesin Sablon kaos Digital ± Rp 3,000,000 ~ Rp 5,000,000,- (sama seperti diatas)
  2. Mesin Press Pin ± Rp 3,000,000,-
  3. Mesin Press Mug ± Rp 700,000,-
  4. Mesin Cetak Spanduk Flexi ukuran apa saja ± Rp 100,000,000,- (untuk anda bermodal besar)

4 poin diatas hanyalah sebagian kecil yang bisa anda tawarkan saat bisnis anda adalah mem-provide segala jenis advertising, dari neon box hingga text berjalan bisa disiapkan jika memang anda siap modal besar.

Sahabat saya yang menjalankan bisnis ini adalah Ardy Kurniawan, beliau mengaku dapat menghasilkan profit (keuntungan bersih) 30 ~ 50 juta rupiah per bulan. Itu pun beberapa masih beliau lempar ke tempat percetakan yang memiliki mesin-mesin besar.

Kliennya berasal dari perusahaan-perusahaan, perseorangan hingga organisasi-organisasi kampus, biasanya kampus Depok adalah sasaran empuknya. Anda bisa melihat detail service jasa bisnis mereka di cetakpin.com.

12. Bisnis Jasa Pembuatan Undangan Pernikahan Online

Disaat semuanya makin bergerak bertransformasi menjadi produk digital, undangan pernikahan tidak ketinggalan bergerak beradaptasi dengan zaman.

Maka, dengan alasan demi menjangkau pengunjung tanpa harus berurusan dengan salah kirim, penyebutan nama, belum lagi sampah yang dihasilkan dari undangan konvensional, pasangan sekarang terutama yang usia muda lebih memilih untuk memesan undangan online.

Selain bisa dibuat variatif dengan template yang unik, kemungkinan besar bagi undangan online lebih mudah diakses karena kita hanya memerlukan sebuah gadget dan koneksi internet tanpa perlu kerepotan mencari dimana undangan yang sudah dikirimkan beberapa minggu sebelumnya.

Dan kemungkinan besar sudah hilang, hehe.. 😀

Melihat banyaknya keinginan pasangan sekarang—terutama tipikal yang tech-savvy—maka bukan tidak mungkin pangsa pasar jasa pembuatan undangan nikah online sangat besar

Selain akan meningkatkan kesan kepada para tamu undangan, ia akan jadi tempat berinteraksi antara calon mempelai dengan para undangan, karena biasanya terdapat fitur comment di dalamnya.

Walaupun, tentu masih ada beberapa pihak yang perlu dibuatkan undangan konvensional karena sepuh ataupun orang yang dihormati.

Dalam memulai bisnis jasa pembuatan Undangan Online ini saya rasa yang paling diperlukan adalah skill mengotak-atik tema website calon mempelai, tentunya sesuai pesanan klien.

Jika dijabarkan ialah sebagai berikut:

  1. Kursus Skill Web Developer ± Rp 1,400,000,- (referensi di www.kursuswebdesign.net, bisa Gratis jika otodidak)
  2. Pembelian theme berkisar ± Rp 250,000,- ~ Rp 500,000,-
  3. Hosting dan Domain ± Rp 300,000,- per tahun

Bisnis ini bukan hanya berpotensi besar, tapi juga memang terbukti profitable. Salah satunya adalah WalimatulUrsy.co.id yang digawangi oleh Teguh Riyadi sahabat sekaligus partner saya dulu di Glanz Organizer.

Menurut liputan Bisnis.com, per bulannya walimatulursy.co.id dapat mengerjakan hingga 10-30 proyek.

Jika dihitung para customer mengambil pilihan paket paling ‘basic’ Sakinah saja yaitu Rp 395,000,- per paket, maka jika dikalikan per bulannya maka ia bisa mengumpulkan antara ± Rp 4,000,000,- sampai Rp 12,000,000,- per bulannya!

Hebatnya, semua itu profit tersebut tidak terlalu banyak terkurangi oleh production cost. Dari satu proyek saja pengeluaran yang terjadi mungkin berkisar 300 – 500 ribu rupiah. Namun memang, tidak semua orang memiliki skill pemrograman web.

Jika anda hobi dalam mengutak atik kode-kode HTML pada website, CSS dan JavaScript, bisa jadi membuat bisnis jasa undangan pernikahan online akan cocok buat anda.

 

13. Bisnis Pembuatan Stiker Khusus Online Shop

Melihat perkembangan olshop tanah air yang meningkat, tidak salah membangun sebuah bisnis yang menopang bisnis lainnya (online shop tersebut).

Karena dengan berkembangnya bisnis online, maka pasti dibutuhkan orang-orang yang mensupport aktivitas jualan online tersebut. Seperti supplier, jasa pengiriman barang, jasa review produk, jasa packaging, dan salah satu yang cukup menarik adalah jasa pembuatan stiker online shop.

Stiker merupakan sebuah identitas sebuah online shop pada setiap barang yang dikirim. Stiker berlogo bak simbol perusahaan yang memiliki ciri khas dan visi-misi.

Dalam kegiatan online shop, diperlukan keterangan alamat pemesan yang detail agar jasa pengiriman dapat mengirimkan barang tepat kepada si pemesan produk.

Maka bisnis pembuatan stiker online shop ini akan sangat mempermudah jasa pengiriman dalam menemukan alamat pemesan dengan form order yang mendetail.

Selain itu, pemesan akan sangat puas ketika mendapatkan packaging yang menarik dan bagus.

Pemilik online shop pun akan makin dipercaya kredibilitasnya, bukan tidak mungkin pula customer akan melakukan repeat order hingga merekomendasikan kepada kerabat-kerabatnya.

Estimasi jika Anda ingin memulai bisnis jasa pembuatan stiker online shop ini adalah:

  1. Kursus skill design untuk stiker ± Rp 350,000,- ~ Rp 2,500,000,- (referensi dari www.idseducation.com dan www.dumetschool.com)
  2. Biaya cetak stiker uk. A3 untuk 18 stiker ± Rp 10,000,- ~ Rp 15,000,-
  3. Website untuk promosi Jasa ± Rp 300,000- ~ Rp 2,000,000,- (professional) per tahun

Bisnis ini bukan hanya diminati, tapi bisnis ini juga termasuk ke dalam bisnis yang tidak memerlukan modal besar.

Bahkan banyak beberapa kenalan saya memulai bisnis ini dengan menjadi perantara, ia mendapatkan order lalu mengorder ke jasa percetakan rekanannya.

Salah satu kenalan saya melakukan bisnis jasa pembuatan stiker online shop ini, beliau adalah Mas Farhan Fahmi dengan produknya di Stiker Olshop – Stiker Pengiriman.

Bisnis ini sebenarnya adalah bisnis turunan dari Sinergy Printing yang bertransformasi ditahun 2015 dari sebelumnya yang bernama OrangCetakan.com.

Kalau tidak salah terakhir saya mendapatkan Info kalau beliau menawarkan kesepatan untuk menjadi reseller. Jika anda berminat, silahkan kontak beliau di Facebook-nya. 🙂

14. Jasa Desain Rumah & Interior

Selain panganan atau kuliner, salah satu kebutuhan pokok manusia adalah rumah. Maka tak heran bisnis properti terus meningkat dari tahun ke tahun meski harganya selangit, semua karena demand yang tinggi oleh masyarakat.

Karna makin ramainya pasar properti, beberapa orang ingin yang berbeda dari kebanyakan. Disinilah ide bisnis jasa desain rumah (interior) akhirnya banyak dicari calon pemilik rumah.

Jasa desain Interior hadir mulai dari pribadi, hingga bundling dari pengembang kepada klien yang akan membeli propertinya. Jadi meski biasanya pengembang atau developer telah menyediakan beberapa unit standar, developer juga akan akan menawarkan kepada klien apakah ingin desain sendiri agar unik atau tidak.

Sedangkan untuk pribadi, seseorang bisa mulai menawarkan ke lingkaran keluarganya atau teman-temannya, hingga memasarkannya secara online.

Seorang interior design memerlukan sebuah software untuk memproduksi desainnya, salah satu yang paling dikenal adalah AutoCAD. Maka jika dirinci, untuk menjalankan jasa Desain Rumah / Interior dibutuhkan:

  1. Skill menggunkan software AutoCAD ± Rp 2,500,000 ~ Rp 6,750,000 (referensi dari karyaguru.com/services/kursus-autocad-2d-3d/)
  2. Software AutoCAD Original ± Rp 15,400,000,- (referensi dari bhinneka.com/category/software_cad___cam_licensing/brands/autodesk.aspx)
  3. Software 3D dari Google, GRATIS (bisa dilihat di sketchup.com)

Memang jasa design ini bisa dikategorikan mahal jika ingin Professional dan memakai produk yang original, tapi Anda masih bisa menggunakan AutoCAD versi student disini.

Atau mencoba versi Premiumnya dengan trial disini selama 7 hari.

Selamat mengeksekusinya! 🙂

 

15. Bisnis Freelance lewat situs-situs Luar dan Lokal

Cara yang worthed untuk dicoba dalam menghasilkan uang lewat internet adalah dengan menjadi freelancer atau tenaga lepas. Mengapa? Karena dalam menjalankannya anda tidak memerlukan modal dalam artian stok barang, atau membeli bahan baku untuk membuat produknya.

Dengan menjadi freelancer maka modal utama anda cukup sebuah Kreativitas! Maka anda sudah bisa ‘jualan’ kreativitas tersebut.

Ide bisnis ini bahkan saya ulas lebih jauh dan lengkap di artikel sebelumnya yang membahas tentang bekerja secara Online—freelancer.

Di artikel tersebut saya bahas dengan lengkap tips-tips memulai bisnis freelance hingga tempat dimana seseorang bisa menawarkan jasa-jasa kreatifnya.

Sebenarnya tidak ada estimasi yang pasti berapa biaya yang harus disiapkan untuk memulai bisnis freelance. Tapi yang pasti, seseorang harus bisa memiliki skill yang mumpuni agar bisa menawarkan jasa-jasanya.

Maka, kalau ingin dikira-kira, maka diperlukan banyak kursus-kursus dalam pemenuhan skill tersebut. Kursus-kursus tersebut bisa Anda dapatkan beberapanya di:

  1. Stacksocial.com
  2. Udemy.com
  3. Openlearning.com

Anda bisa explore banyak macam kategori disana. 🙂

16. Bisnis ….. …..

…..

17. Bisnis ….. …..

…..

18. Bisnis ….. …..

…..

19. Bisnis ….. …..

…..

20. Bisnis ….. …..

…..

21. Bisnis ….. …..

…..

22. Bisnis ….. …..

…..

23. Bisnis ….. …..

…..

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.