6 Contoh Ide Bisnis untuk Mahasiswa3 min read

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img,1] Ide bisnis untuk mahasiswa
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketing. Founder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Siapa bilang sukses harus menunggu seseorang menapaki dunia kerja? Kamu perlu mengubah pola pikir tersebut. Sukses adalah hak setiap orang, dan semakin cepat memulainya, semakin cepat pula kesuksesan itu bisa diraih.

Artinya, kamu tidak perlu menunggu hingga menerima ijazah dan bergabung dengan perusahaan tertentu. Kamu bisa meraih sukses bahkan ketika masih menyelesaikan kuliah, dengan mencoba beberapa ide bisnis untuk mahasiswa berikut ini.

1. Guru Les Privat

Ide bisnis ini banyak dipilih oleh mahasiswa yang menekuni ilmu eksakta, seperti teknik atau jurusan Matematika dan Pengetahuan Alam (MIPA).

Berbekal pengalaman dan segala cara mudah mengerjakan soal-soal, kamu bisa dengan mudah mendapatkan murid, terlebih jika memang kamu adalah mahasiswa atau murid berprestasi.

Pasalnya, mulai dari bangku Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mempelajari ilmu-ilmu hitungan yang terbilang rumit. Bisnis ini akan sangat menguntungkan ketika memasuki momen ujian semester, ujian nasional, dan ujian masuk Perguruan Tinggi.

2. Penerjemah

Tak sedikit mahasiswa yang beranggapan bahwa menjadi penerjemah merupakan ide bisnis untuk mahasiswa yang memilih studi di bidang sastra atau bahasa. Padahal, tidak demikian. Siapa saja bisa menjadi penerjemah, tak hanya sebatas pada mahasiswa jurusan bahasa dan sastra.

Tidak sulit kok untuk bisa menjadi penerjemah, bahkan kamu tidak butuh modal besar untuk bisa menggeluti bidang bisnis ini. Kamu hanya membutuhkan keahlian berbahasa asing yang mumpuni, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Arab, dan masih banyak lagi. Kabarnya, tarif seorang penerjemah itu begitu tinggi, lho!

BACA JUGA: 5 Bisnis Online Terpercaya bagi Anda Pemula, serta Strategi agar Untung Besar!

3. Penulis

Sama halnya dengan penerjemah, penulis menjadi peluang usaha bagi mahasiswa yang bermain dengan kata-kata sehari-hari. Namun, kebanyakan profesi penulis justru berasal dari luar bidang ilmu bahasa. Berbekal hobi mencoret kertas dengan barisan kalimat dan membaca, kamu pun bisa menjadi penulis.

Kamu pun perlu tahu, tidak semua orang bisa menulis dengan tema tertentu. Nah, jika kamu sudah selesai belajar teori tentang tulis-menulis, selanjutnya kamu bisa mengoptimalkan dan menyempurnakan tulisan milikmu sesuai dengan tema yang kamu sukai.

Misalnya, kamu lebih menyukai tulisan bertema bisnis dibandingkan kesehatan, maka berfokuslah pada tema bisnis tanpa lupa mendalami penulisan bidang kesehatan.

4. Desainer Grafis

Sama seperti penulis atau penerjemah, menjadi ahli desain grafis juga tak harus dengan duduk di bangku kuliah jurusan seni desain. Kamu juga bisa belajar secara otodidak atau mengikuti kursus desain.

Loading...

Namun, tidak sembarangan, karena dibutuhkan keahlian khusus untuk kamu bisa menjadi desainer grafis andal.

Pasalnya, kamu harus mahir mengoperasikan berbagai aplikasi atau perangkat lunak untuk desain. Untuk keperluan editing gambar saja, ada lebih dari dua jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan. Kamu perlu memahami fungsi dari masing-masing aplikasi, tools yang dimiliki, dan bagaimana menggunakannya.

BACA JUGA: Ide Bisnis: 21+ Analisa Potensi Bisnis yang Terbukti Berhasil di Lapangan!

5. Fotografer dan Videografer

Suka utak-atik kamera dan semua hal yang berbau fotografi juga videografi? Coba jadikan hobi kamu ini sebagai ladang bisnis. Buat portofolio semenarik mungkin, karena ada banyak sekali perusahaan atau orang-orang yang mencari seorang fotografi maupun videografi lepas.

Tidak tanggung-tanggung, fee atau bayaran yang akan kamu dapatkan bisa sangat tinggi, lho! Jika kamu menekuninya, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi fotografer atau videografer lepas, bahkan bisa mengisi posisi tersebut di perusahaan bonafit. Bukankah pekerjaan yang paling menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar?

6. Perias atau Make-up Artist

Ide bisnis untuk mahasiswa terakhir adalah menjadi perias atau make-up artist. Bidang bisnis ini biasanya lebih banyak digeluti oleh perempuan, terlebih yang gemar berdandan, tetapi tidak menutup kemungkinan laki-laki pun bisa melakukannya.

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui jenis-jenis produk kecantikan kulit, dari bedak, lipstick, foundation, alis, dan sebagainya. Kamu juga harus paham jenis-jenis kulit dan bisa memadupadankan setiap jenis make-up agar tidak terjadi kulit kering atau make-up pecah. Terlihat mudah, tetapi nyatanya menjadi perias tidak bisa dilakukan sembarang orang atau hanya punya modal bisa berdandan.

Jalankan Bisnis, Tak Perlu Modal Besar!

[img.2] Modal Bisnis

Jangan lagi mengira bahwa untuk menjalankan sebuah bisnis, kamu harus memiliki modal yang terbilang besar. Masih ada banyak ide bisnis untuk mahasiswa yang ternyata bahkan tidak membutuhkan modal.

Lebih dari itu, kamu harus memiliki keahlian yang mumpuni sesuai dengan ide bisnis yang kamu pilih dan geluti. Tanpa adanya keahlian, bisnis yang kamu jalankan akan sulit berkembang, bahkan mencapai kesuksesan.

Yuk, mulai bisnismu dan raih suksesmu sekarang juga! 😉

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.