Ide Bisnis Rumahan yang Asyik untuk digeluti Anak Anda

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Ide Bisnis Rumahan untuk Anak Anda
Courtesy of ourpact.com

Masa anak-anak merupakan masa dimana berbagai segi pembelajaran sangatlah mudah untuk diserap otak mereka. Jika pada fase awal, si anak kita dukung untuk belajar tentang kreativitas otak dan gerak lincah kognitif, maka pada fase berikutnya mengajarkan berdagang atau berbisnis dapat memupuk sifat mandiri mereka. Disini orang-tua harus memberikan macam ide bisnis rumahan yang dapat dipraktekkan langsung.

Selain sebagai media pembelajaran mereka untuk mandiri, mempelajari bisnis sejak dini juga dapat bermanfaat untuk biaya si kecil nantinya. Di sisi lain hal tersebut akan membangun percaya diri mereka untuk dapat mandiri dalam kehidupan.

Pentingnya Belajar Bisnis Sejak Dini

[img.2] Belajar Bisnis Sejak Dini
Courtesy of blog.familymoneyvalues.com
Mengenalkan bisnis pada Anak-anak sejak dini dapat berdampak baik pada sisi-sisi psikologis anak. Terlebih lagi di era teknologi informasi ini memulai bisnis lewat internet dapat dilakukan dengan mudah.

Seto Mulyadi, psikolog anak yang lebih dikenal dengan nama ‘Kak Seto’, menyebutkan bahwa Kidpreneur dapat menimbulkan sisi-sisi positif pada anak seperti kreativitas dan berani mencoba.

Kreativitas yang terbangun sejak dini akan memberikan pondasi baik kepada anak termasuk dalam rangka produktivitas dan kemandirian anak dikala dewasa, jelasnya di sela acara Kidpreneur Award pada tahun 2012.

Kemampuan Bisnis Anak, Mengajarkan untuk Mandiri

[img.2] Mandiri Sejak Dini
Courtesy of gendies.com
Selain menjadikan anak lebih Kreatif & Produktif, pembelajaran bisnis dapat mengenalkan anak kepada kemandirian pribadi. Hal ini tentu akan berdampak baik ketika dewasa, salah satunya adalah tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Pribadi yang mandiri tentu harus dibarengi dengan pembelajaran moral yang seimbang, sehingga mereka tidak hanya menjadikan kemandirian mereka berpaku pada individu mereka semata. Namun juga sebagai solusi yang dapat menjadi jalan keluar permasalahan lapangan kerja di masyarakat.

Beberapa Ide Bisnis Rumahan yang Mudah untuk Anak-anak

Praktek bisnis tentu harus dimulai terlebih dahulu dengan ide, orang tua dapat menjadi input ide bisnis rumahan apa yang dapat mereka praktekkan?

Berikut kami akan memberikan referensi beberapa ide bisnis rumahan yang bisa dikerjakan oleh anak-anak anda dirumah.

BACA JUGA: Pelajari Bagaimana AppSumo Memulai Bisnisnya dengan Modal $50 Saja

1. Dasi Kupu-Kupu yang Lucu

[img.2] Mo's Bow's Kisah Moziah Cilik
Courtesy of wknofm.org
Pengusaha cilik dari Amerika Serikat memberikan contoh bagaimana ia bisa sukses bahkan diumur yang masih belia.

Bocah yang satu ini, Moziah Bridges membangun sebuah bisnis yang menawarkan berbagai pilihan dasi kupu-kupu lucu dengan variasi warna pastel yang menarik. Ia pun dinobatkan sebagai CEO dengan perusahaan bisnisnya yaitu Mo’s Bows diumur 12 tahun.

Perusahaannya kini bermarkas di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Salah satu ide bisnis rumahan yang satu ini bisa diterapkan kepada anak-anak yang senang membuat sebuah produk/ barang, karena begitulah Moziah memulai sebelumnya.

2. Tempat Permainan Anak-anak (Playground)

[img.4] Home Made Playground
Courtesy of pinterest.com
Lain dengan Moziah, seorang anak yang juga masih belia menyewakan arena bermain di gudang rumahnya.

Awalnya, sang ayah bingung dengan kesibukan anaknya yang masih belia digudang rumah mereka. Namun setelah beberapa lama, sang anak pun memperlihatkan kepada orang tuanya bahwa ia sedang membuat arena bermain atau Play-ground dengan bahan-bahan seadanya seperti kardus dan plastic bekas.

Awalnya arena bermain tersebut hanya diperuntukkan untuk dirinya. Karena kebosanan, ia pun mengajak teman-temannya.

Namun ternyata makin banyak yang berminat, hingga pada akhirnya para pengunjung ia kenakan biaya sebesar 1$ untuk satu kali main.

Bisa dilihat, bahwa bisnis tidak selalu berawal dari niat untuk mendapatkan uang. Namun dengan melihat kesempatan, ide bisnis rumahan sang anak dapat terwujud tanpa mengurangi kesenangan pengguna sebelumnya.

BACA JUGA: 7 Ide Kreatif Makanan Unik untuk Usaha Rumahan Anda

3. Penjualan Donat, Cupcake atau Kue Sehari-hari buatan Ibu

[img.6] Home Made Cupcakes
Courtesy of sassygirlz.net
Bisnis pun dapat ditemukan dengan menyambungkan sebuah resource yang sudah ada, salah satunya adalah menjualkan kua-kua harian buatan Ibu si anak.

Sang anak mungkin tidak bisa memasak kue atau cake, tapi ia memiliki akses ke Ibunda yang lihai memasaknya. Dengan memasarkannya kepada tetangga dan lalu menuai keuntungan dari sana sang anak sudah bisa dibilang mewujudkan ide bisnis rumahan tadi menjadi nyata.

Hal ini yang sekarang banyak diterapkan pada model bisnis online, yaitu menyambung resource dengan demand. Seperti model marketplace pada Bukalapak, Tokopedia, hingga e-commerce pada Lazada, Zalora dan sebagainya.

4. Penyewaan Sepeda, Skuter dan Permainan Lainnya

[img.7] Rental Scooter Anak
Courtesy of micro-scooters.co.uk
Seperti pada poin kedua juga, bisnis ini dapat dilakukan dengan menyewakan kelebihan mainan yang dimiliki sang anak.

Beberapa anak mungkin memiliki mainan atau alat hiburan yang berlebih daripada anak-anak lain kebanyakan. Orang tua dapat memberikan ide bisnis berupa penyewaan alat bermain miliknya yang tak terpakai.

Selain menambah nilai barang yang tak terpakai, sang anak secara tidak langsung mendapat teman bermain.

Orang tua Punya peran Utama Membangun Sikap Mandiri Anak

Begitulah beberapa contoh ide bisnis rumahan untuk anak-anak yang bisa dilakukan sebagai contoh penerapan bisnis sejak dini.

Untuk para Ibunda, anda juga bisa memulai kebiasaan bisnis anak dengan terjun langsung dalam aktivitas bisnis. Beberapa contoh bisnis yang cocok untuk para Bunda diulas lengkap di salah satu artikel parenthink.net ini.

Memulai kebiasaan bisnis sejak dini sudah disebutkan di awal artikel. Baiknya, setelah itu kebiasaan berbisnis terus dibangun dan dipupuk hingga dewasa.

Dengan begitu mimpi untuk menjadi pengusaha sukses bukan lagi hal yang tidak mungkin bagi sang anak, karena mereka sudah terbiasa sejak kecil.

Kebiasaan yang kita ajarkan sebagai Orang tua, untuk bekal anak kita nantinya. (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...
Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)