5 Ide Bisnis Kreatif yang Cocok untuk Anda Pecinta Lingkungan

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
Courtesy of Pixabay.com
Loading...

Pada perkembangannya, sebuah bisnis tidak lagi sekedar tentang memenuhi kebutuhan pasar (demand) yang dahulu lama kita pahami. Tapi kini bisnis juga bisa hadir dalam rangka menjaga lingkungan tetap asri lewat beragam ide bisnis kreatif yang ada.

Misalnya, dengan menumpuknya suatu jenis sampah yang mungkin membahayakan, maka dituntut adanya ide mengelola sampah agar lingkungan pun mendapatkan manfaatnya. Disinilah hadir ide-ide bagaimana mengelola sampah menjadi bisnis kreatif yang menjanjikan dan berdaya guna.

Mengapa mengelola sampah untuk dijadikan bisnis?

Seperti kita tahu, sampah makin lama akan makin banyak menumpuk entah di suatu Tempat Pembuangan atau bahkan di sisi-sisi jalan kota-kota. Semua itu perlu ide-ide dalam pengelolaan sampah, disana pula kita tentu juga memerlukan dana.

Maka sebuah ide bisnis daur-ulang sampah, akan menutupi kebutuhan tersebut; ide pengelolaan yang baik, dan dana mengelolanya.

Selain itu bisnis pengelolaan sampah bisa jadi ide bisnis kreatif yang bisa ditularkan kepada anak-anak muda & masyarakat.

Bisnis Daur-Ulang Sampah, Ide Bisnis Kreatif yang Berdaya Guna

Bisnis dengan model seperti ini bisa melatih 2 kemampuan dalam diri seseorang, yaitu kemampuan untuk peduli & kemampuan untuk mandiri dengan entrepreneurship. Karena, era sekarang tak sedikit para pebisnis kelas kakap yang menjalankan usahanya tanpa peduli dengan lingkungan yang terkena dampak akibat usahanya.

Jika Anda seorang Pecinta Lingkungan, maka ada beberapa ide bisnis kreatif tentang pengelolaan sampah hingga bisa dijadikan produk bermutu kualitas tinggi!

Produk-produk seperti ini pula yang biasanya digemari oleh masyarakat ekspor karena memiliki value tinggi dan cenderung unik.

Beberapa Bisnis yang Menggunakan Sampah Daur-Ulang untuk Produknya

1. Indra Noviansyah – Limbahagia

[img.2] Indra Noviansyah daur Ulang Limbah
Courtesy of jpnn.com
Menurut riset Greeneration, Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik ke laut kedua setelah Tiongkok. Satu orang Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun.

Ini tentu masalah yang perlu diselesaikan, namun Indra Noviansyah melihatnya sebagai peluang bisnis yang potensial! Ia mendapatkan sebuah ide bisnis kreatif dalam menyelesaikan permasalahannya tersebut.

Ia bersama perusahaannya yang bernama Limbahagia mengolah plastik tersebut menjadi bijih plastik. Sejak 2008 ia dan 12 karyawannya melakukan hal tersebut dan menghasilkan profit hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Perusahaannya ini juga menawarkan waralaba, hingga kini ada 67 mitra yang tersebar di Indonesia & Brunei.

Kini usahanya berkembang, ia tak lagi hanya mengelola sampah plastik. Limbahagia juga mengelola jenis sampah lain. “Pokoknya, semua sampah ada nilai jualnya,” kata Novian.

BACA JUGA: Simak 5 Tools Gratis Mencari Ide Bisnis di Internet

2. Ryan Hickman – Daur ulang Sampah Botol Plastik

[img.3] Ide Bisnis Kreatif dari Ryan Hickman
Courtesy of id.theasianparent.com
Kini kita akan beralih ke luar negeri, tepatnya Orange County – California. Seorang bocah berumur 7 tahun telah berhasil memberikan solusi terhadap sampah botol plastik para tetangganya.

Ryan Hickman nama anak itu, ia sendiri terinspirasi mengelola sampah botol plastik setelah diajak Ayahnya-Damion Hickman ke tempat daur ulang sampah lokal. Padahal waktu itu ia baru berumur 3 tahun.

“Dia sangat suka memilah apapun, dan dia suka meletakkan botol di mesin daur ulang,” kata sang Ayah. Menurut pengakuan Ayahnya, kebiasaan anaknya tersebut bisa memberikan dua atau tiga ratus dolar darinya.

Pada mulanya, Ryan dan Ayahnya memberikan plastik kepada para tetangganya. Hal itu dilakukan untuk mengumpulkan botol-botol plastik serta kaleng untuk kemudian bisa Ryan bawa ke tempat daur ulang.

Atas usahanya tersebut, Ryan kini telah mengumpulkan lebih dari 200 ribu botol & kaleng. Ia juga telah mengumpulkan $ 10,000 darisana yang rencananya akan ia gunakan untuk membiayai kuliahnya kelak.

Aksi sederhana ini sebenarnya adalah bentuk dari praktek terhadap ide bisnis kreatif yang mungkin Ryan dapatkan setelah mengunjungi tempat daur ulang sebelumnya. Maka itu, perlu sebuah aksi setelah ide tertambat di pikiran.

Loading...

3. Yeni Mulyani – Bank Sampah My Darling

[img.4] Yeni Mulyani bank Sampah
Courtesy of kompas.com
Kembali ke Indonesia, lebih tepatnya Halimun – Jakarta, seorang perempuan tangguh yang sempat diragukan kini sukses mendirikan bisnis daur-ulang sampah lewat ide bisnis kreatif miliknya.

Perempuan tangguh tadi bernama Yeni Mulyani, ia sebelumnya bahkan sempat disangka gila karena memungut sampah langsung dari tempat-tempat sampah.

Semenjak resmi didirikan bank sampah yang bernama Bank Sampah My Darling, Yeni mulai gigih mencari sampah-sampah untuk ia daur ulang menjadi produk kreatif.

Meski karna itu, ia harus ditinggal dulu oleh teman-temannya karna tidak mau membantu mengumpulkan sampah.

Kesuksesannya hadir saat bank sampah miliknya menjadi mitra wirausaha binaan PLN. Ia pun akhirnya sering menjadi tamu untuk memberikan pelatihan tata kelola daur ulang sampah dalam pameran skala nasional dan internasional.

BACA JUGA: Ide Bisnis Rumahan yang Asyik untuk digeluti Anak Anda

4. Tom Szaky – TerraCycle

[img.5] Ide bisnis Kreatif dari Tom
Courtesy of viva.co.id
Bisnis daur ulang sampah pun ternyata bisa menjadi StartUp dengan income jutaan dolar! Hal inilah yang terjadi pada bisnis daur ulang Tom Szaky yang bernama TerraCycle, ia adalah pendiri sekaligus Chief Executive dari perusahaan sosialnya tersebut.

Pada tahun 2014 saja, perusahaannya sudah bisa membukukan pendapatan sebesar US$ 20 juta dan mempekerjakan 115 orang!

Ide bisnis kreatif yang ia terapkan disini ialah dengan mencari limbah dan mengubahnya menjadi barang daur ulang dengan nilai ekonomis. Limbah-limbah pilihannya seringkali merupakan limbah yang sulit untuk didaur ulang.

Produk-produknya ialah Limbah daur-ulang, produk tas, aksesoris, bangku, tempat sampah dan benda-benda lainnya.

Produk pertama TerraCycle adalah pupuk organik yang terbuat dari cacing tanah. Dalam 5 tahun, perusahaan bisa membuat income sebesar US$ 4 juta!

Namun, namnya menjadi entrepreneur pasti ada saja rintangannya. Tom pun pernah mengalami kerugian, namun ia tetap mengevaluasi kesalahannya tersebut lalu memperbaikinya.

5. Brigadir Iwan – Bisnis daur ulang Sampah & Menjadi Polisi

[img.6] Bisnis daur Ulang Brigadir Iwan
Courtesy of detik.com
Terakhir, ada kisah unik yang saya dapatkan di Kabupaten Pasuruan, Kejayan. Seorang Brigadir Polisi, memiliki bisnis daur ulang yang sukses! Namun enggan meninggalkan profesi Polisinya.

Ialah Brigadir Iwan Sudarmono, meski bisnis daur ulangnya telah berkibar, ia tetap rajin berdinas di Polres Pasuruan Kota.

Aksinya pun diapresiasi oleh pimpinan dan sejawatnya. Ia tidak meninggalkan usaha, juga tidak mengorbankan tugasnya.

Bisnis daur ulang ini sudah dilakukannya bertahun-tahun sejak 2012. Bisnisnya dimulai lewat suntikan modal dari atasannya, uang itu dijadikan untuk sewa lahan.

Lewat ide bisnis kreatif, Brigadir Iwan bisa menyalurkan potensi entrepreneurshipnya sekaligus memberikan solusi pengelolaan sampah yang kreatif!

Sebuah Ide Bisnis, Seringkali datang lewat Perenungan atas Solusi Permasalahan

Tak jarang, sebuah ide bisnis yang menghasilkan bisnis besar datang dari hasil perenungan solusi sebuah masalah. Niat utamanya adalah memberikan solusi, income dari bisnis hanyalah sekedar dampak dari kebermanfaatan solusi tersebut.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

1 Comment

  1. Bukan main. Keberanian dan kegigihan untuk melakukan sesuatu yang dipandang punya prospek bagus dari segi ekonomi memang harus terus dikembangkan. Seharusnya kita mendidik dan mencetak orang seperti itu yang sebanyak-banyaknya. Sejak di bangku SMP, anak dikenalkan dengan tokoh-tokoh kreatif pelopor masa depan.

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)