Apa Saja Update Fitur Social-Media Terbesar Dunia di tahun 2016?

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing 🔗 & Master Facebook Ads 🔗 Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] social-media-update
Courtesy of Pixabay.com

Tahun 2016 sudah sama-sama kita lewati dengan sukses, banyak sekali perubahan yang Dunia alami pada tahun ini. Bencana alam di dalam dan luar negri, polemik sosial-politik yang negri kita alami, hingga kejutan dari negri Paman Sam atas terpilihnya pengusaha Multi-Milyuner Donald Trump sebagai Presiden US teranyar.

untuk para Entrepreneur, Marketer, Digital Specialist dan profesi sejenis, tahun 2016 bisa dibilang adalah tahun yang paling menarik untuk terus diikuti perkembangannya. Beberapa social-media yang tidak diperhitungkan makin bersinar, aplikasi messenger makin saja diminati, hingga tingkat sekuritas kita dalam menggunakannya jadi perhatian besar.

Fitur-fitur dari Top Social-Media Dunia

Beberapa hal yang menarik di tahun 2016, yaitu adalah makin berkembangnya fitur-fitur Top Social-Media di Dunia. Beberapa dari mereka ada yang disukai, ada yang tidak. Maka pada kesempatan ini, saya akan berikan beberapa fitur yang muncul di tahun 2016 kemarin.

Klik link dibawah untuk langsung lompat ke pembahasan:

  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Instagram

Facebook

Courtesy of freepik.com

Dengan lebih dari 1,5 Milyar pengguna aktif Facebook per bulan di seluruh dunia, sudah pasti aset utama Facebook adalah penggunanya.

Dengan aset sebesar itu, Facebook menempatkan usernya menjadi prioritas nomor satu. Hal ini terlihat dari perubahan-perubahan yang Facebook lakukan untuk makin memuaskan penggunanya.

Berikut adalah update-update yang Facebook lakukan selama 2016

Memperkenalkan ‘Facebook Sport Stadium’

Fitur terbaru Facebook
Courtesy of newsroom.fb.com

Dengan memiliki lebih dari 600 Juta fans Olahraga di dalamnya, Facebook memiliki ide untuk memberikan pengalaman special bagi penggila Olahraga lewat ‘Facebook Sport Stadium‘.

Disini, facebook memunculkan postingan-postingan yang berkaitan dengan Olahraga secara langsung dan muncul secara kronologis.

Kita bisa melihat:

  • Postingan dari teman dan komentar mereka tentang permainan.
  • Postingan tentang Olahraga dari para expert, jurnalis dan Halaman resmi Liga dengan akses langsung ke Halaman mereka
  • Skor langsung, detil permainan dan play-by-play.
  • Informasi permainan seperti yang biasa kita lihat di TV.

Namun sayangnya, aplikasi ini baru hanya tersedia pada iPhone di daerah Amerika Serikat. Mungkinkah tahun ini facebook membawa aplikasi ini ke Asia?

Opsi selain ‘Like’ yaitu ‘Reaction’ diluncurkan secara Global

'Reaction' pada Facebook di launching
Courtesy of newsroom.fb.com

Setelah santer berita bahwa facebook akan meluncurkan tombol ‘Dislike’, akhirnya pada akhir Februari facebook meluncurkan fitur selain ‘Like’, yaitu ‘Reaction’.

Berita ini juga sempat kami ulas disini, sesuai dengan yang kami sebutkan disana, bahwa bukanlah tombol ‘Dislike’ yang akan diluncurkan Mark, melainkan opsi selain ‘Like’.

Fitur ini sangat tepat dimunculkan, karena sering terjadi kebingungan pengguna saat mendengar berita sedih dari teman atau kerabat. Apakah ‘Like’ kita disana berarti kita suka dengan kejadian haru yang teman kita alami, atau bagaimana?

Facebook Meluncurkan ‘Mention’ yang memudahkan pengguna untuk melakukan ‘LIVE Video’

Facebook Live atau 'Mention'
Courtesy of newsroom.fb.com

Salah satu ‘upgrade’ terbesar Facebook menurut saya, adalah aplikasi ‘Mention’ ini. ‘Mention’ atau Facebook Live memberikan kemudahan seorang pengguna untuk men-Share keseharian mereka kepada teman dan banyak orang di Facebook.

Dengan fitur Facebook Live, pengguna bisa membagikan hobby mereka di Facebook, orang tua bisa berbagi momen mereka dengan anak-anak, atlit bisa memperlihatkan bagaimana mereka berlatih, Chef bisa mengajak penonton untuk melihat ia masak di dapur pribadinya, dan sebagainya.

Selain itu, facebook juga meluncurkan dan berencana meluncurkan beberapa hal terkait Facebook Live dibawah ini:

  • Anda bisa melakukan Live Video di Facebook Group
  • Penonton bisa ‘Like’, atau memberi ‘Reaction’ atas Live Video tersebut
  • Host bisa memberikan Filter atau ‘Doodle’ atas Live Video-nya
  • Anda bisa melakukan Live Video, dan meng-invite teman anda untuk Live bersama
  • Pengguna bisa menemukan berbagai Live Video yang sedang Trending
  • Anda bisa melihat ragam Live Video dari berbagai belahan di Dunia lewat Map

BACA JUGA: Kelebihan Google Plus dalam Meningkatkan Hasil SERP

Facebook Memperkenalkan Foto 360 Derajat

Fitur foto 360 derajat
Courtesy of newsroom.fb.com

Pengalaman pengguna Facebook makin ‘advance‘ dengan fitur foto 360 derajat ini. Pasalnya saat orang mengunggah foto dengan fitur 360 derajat ini, orang lain bisa menggerakkan foto tersebut ke berbagai arah.

Dengan fitur ini, pengguna bisa berbagi momen special mereka, public figure bisa membagikan event mereka, seperti laman Paul McCartney yang berbagi momennya diatas panggung.

Messenger Lite diluncurkan di beberapa Negara Asia

Messenger Lite launch
Courtesy of newsroom.fb.com

Mengetahui ada beberapa negara di Asia & Afrika yang lemah dalam hal koneksi internet, facebook merilis Messenger Lite khusus untuk daerah Asia.

Messenger Lite adalah versi ringan dari Messenger aslinya, karena hanya perlu 10MB untuk mendownloadnya.

Sekarang Messenger Lite baru diluncurkan di beberapa negara yaitu; Kenya, Tunisia, Malaysia, Sri Langka dan Venezuela.

Memperkenalkan ‘Marketplace’

Marketplace Rasa om Mark
Courtesy of newsroom.fb.com

Sudah jadi rahasia umum bahwa e-commerce di tahun 2016 memanen hasil yang maksimal, belum lagi ditambah dengan event-event seperti Harbolnas, Black Friday atau Digital Monday.

Megetahui ini, Facebook merasa rugi jika tidak ambil bagian di dalamnya. Maka dari itu mereka meluncurkan ‘Marketplace‘ pada awal Oktober.

Marketplace‘ sendiri adalah sebuah follow-up dari fitur ‘Shop‘ yang sudah dimiliki oleh Fanpages berkategorikan ‘Online Shop‘. Kami pernah ulas tentang fitur lainnya bernama ‘Servicedisini.

Marketplace‘ baru diluncurkan di 4 negara yaitu; US, UK, Australia dan New Zealand.

Aplikasi ‘Workplace‘ dari Facebook, cara tetap ‘Kerja’ dengan Facebook-an

Workplace untuk yang masih ingin Facebook-an sambil Kerja
Coourtesy of newsroom.fb.com

Terinspirasi dari metode Facebook berkomunikasi di internal perusahaan, facebook meluncurkan ‘Workplace‘ yaitu aplikasi untuk kolega bisnis atau partner kerja yang ingin tetap keep in touch meski tidak dalam satu meja/ kantor.

Facebook berpikir bahwa berbagai macam tim melakukan pekerjaan yang berbeda, kadang tidak selalu berada di kantor, terkadang di lapangan. Inilah fungsi ‘Workplace’, yaitu tetap memberikan komunikasi antar partner kerja meski jauh.

Saat ini, ‘Workplace‘ sudah bisa digunakan di seluruh Dunia. Namun perusahaan harus lebih dulu menghubungi pihak Facebook di laman https://www.facebook.com/workplace untuk mendaftar.

Sepertinya perusahaan-perusahaan harus banyak mulai menggunakannya. 😀

Twitter

 

[img.3] twitter logo
Courtesy of freepik.com
Social Media yang mulai redup ini seharusnya jangan diremehkan, karena dengan pengguna aktif-ya yang mencapai 320 juta per bulan ini, dan service-nya yang sering digunakan sebagai pengganti Humas public figure di seluruh dunia, Twitter bisa mengambil langkah yang tak diduga.

Namun disini kita tidak akan membahas potensi tersebut. Kali ini akan saya ‘breakdown‘ fitur-fitur yang dirilis twitter pada tahun 2016 kemarin.

Twitter Memperkenalkan ‘GIF search’ untuk Post Twit

Giphy Homepage
Courtesy of Giphy.com

Dengan semakin banyaknya pengguna twitter men-cuit, akhirnya perusahaan tersebut memberikan lebih banyak cara untuk mengekspresikan opini penggunanya. Yaitu dengan menggunakan GIF pada twit.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup seperti biasa mengklik kolom twit yang ada. Lalu akan ada opsi lain selain attach Foto dan Video, yaitu GIF untuk mencari macam GIF yang tepat.

Pilih lalu masukkan ke dalam twit anda, dan lihat reaksi follower anda. 🙂

BACA JUGA: Bagaimana Meningkatkan Traffic dari Twitter dengan Analisa Engagement

Meluaskan Info-info dari Twitter.com kepada pengunjung

Homepage Twitter
Courtesy of twitter.com

Dulu jika seseorang ingin melihat twit apa saja yang dikeluarkan pengguna twitter, maka anda harus Log In terlebih dahulu.

Namun kini, seseorag yang masuk ke website twitter.com sudah bisa melihat Twit-twit individual dari hasil kurasi twitter. Selain itu pada Homepage twitter juga terlihat bahwa kita bisa mencari berita-berita sesuai kategori tanpa harus Log In terlebih dahulu.

Pengguna dapat memposting Twit bergambar dengan Deskripsi pada Gambar (Alt-text)

Alt-text pada Twit Bergambar
Courtesy of twitter.com

Postingan Foto pada sebuah twit, memberikan ‘engagement‘ yang lebih besar daripada hanya sekedar twit tulisan saja.

Melihat ini, twitter memberikan keleluasaan yang lebih besar daripada sekedar twit dan foto. Kini pengguna bisa memberikan deskripsi dari foto yang pengguna publish.

Selain untuk memperjelas, fitur ini juga bertujuan agar pengguna tunanetra twitter dapat secara tidak langsung ‘melihat’ foto dengan deskripsi foto yang dibaca secara audio.

Menyediakan ‘Ruang Baru’ untuk Setiap Twit

Twitter memang dikenal sebagai social-media ‘micro-blogging’ yang memberikan kemudahan penggunanya untuk ‘share‘ momen dengan kalimat yang tegas dan singkat. Namun dengan berbagai perlakukan pengguna yang makin berubah, twitter melihat perlunya sebuah penyesuaian.

Maka dari itu, bulan Mei 2016 twitter menghilangkan perhitungan @ (mention) & Media Attachment dalam hitungan 140 karakter miliknya. Sehingga pengguna bisa lebih banyak membuat tulisan dari sebelumnya.

Courtesy of twitter.com

Memperkenalkan fitur ‘Connect’

Sebelumnya, untuk menemukan akun-akun yang dapat difollow kita hanya bisa menemukannya di kolom ‘Suggest‘ pada Desktop.

Kini, pada bulan Mei juga twitter meluncurkan fitur ‘Connect‘ yang dapat menemukan akun-akun yang dekat dengan kita, seperti keluarga, saudara, atau akun-akun yang Trending.

fitur connect pada twitter
Courtesy of twitter.com

BACA JUGA: 5 Aturan Optimasi Social Media untuk Usaha Kecil Rumahan

Menambahkan fitur Stiker pada Unggahan Foto di Twit

Seurupa dengan keseruan menggunakan Snapchat, yaitu Stiker, twitter pun meluncurkan fitur Stiker dimana penggunanya bisa menambahkan Stiker pada foto mereka.

Tidak hanya itu, ketika foto pengguna dipublish, pengguna bisa melakukan ‘tap‘ pada stiker tersebut dan akan dibawa pada Timeline baru dimana orang-orang menggunakan Stiker dengan bermacam variasi.

Menambah durasi Video pada posting Twitter hingga 140 detik

Melihat pengguna social-media mulai menonton Video pada social-media mereka, twitter pun melakukan perubahan pada fitur mereka.

Dari waktu awal Video yang hanya dapat memuat 30 detik, kini diperpanjang menjadi 140 detik!

Selain itu, saat pengguna memutar video, pengguna juga mendapat ‘suggest‘ Video lainnya pada bagian bawah Video yang diputar.

Pembatasan Notifikasi

Twitter pun memberikan pembatasan Notifikasi dari orang-orang yang tidak diinginkan (seperti orang yang tidak pengguna Follow).

Fitur ‘Quality Filter‘ pun dapat dihidupkan untuk memuat twit-twit yang berkualitas saja.

Pengguna dapat memuat Video 360 derajat

Seperti Facebook, twitter mulai menerapkan fitur 360 pada social-media mereka.

Dengan partnernya yaitu Periscope, pengguna bisa melihat Live Video 360 derajat yang dipublish oleh public figure seperti artis Dunia, jurnalis hingga petinggi negara.

Meski semua pengguna memiliki Periscope, tapi hanya partner pilihan twitter saja yang bisa melakukan Live Video 360 derajat.

Live Video untuk Semua

Seperti ‘Mention‘ atau Facebook Live, kini semua pengguna twitter dapat melakukan Live broadcasting lewat twitter app.

Cukup buat Tweet, lalu tekan ‘Live‘ yang akan membawa kita kepada layar broadcast dimana kita bisa merekam video. Tekan ‘Go Live’ untuk mulai broadcasting.

Instagram

[img.4] Instagram-Logo
Courtesy of ausdroid.net
Tidak ingin kalah dari kedua sahabat sekaligus seniornya, Instagram (yang sebenarnya juga keluarga besar Facebook) terus melakukan improve terhadap layanannya untuk user yang makin bertambah di 2017 ini.

Tanpa berpanjang-panjang lagi, berikut adalah list ‘Feature Update’ yang Instagram lakukan selama 2016.

Instagram mensupport Multi-akun

Mengetahui banyak user yang juga menggunakan Instagram untuk berjualan atau aktivitas komunitas disana, social-media tersebut mengeluarkan fitur ‘Multi-akun’ yang memberikan pengguna kemudahan untuk berganti lebih dari 2 akun, maksimal 5 akun.

Cukup masuk ke Profile Setting, lalu scroll ke bawah dan anda akan melihat opsi untuk menambahkan akun (Add account).

Courtesy of blog.buffer.com

Instagram memperkenalkan Icon dan Warna Apps Baru

Meskipun ini bukanlah fitur yang penting, namun perubahan icon ini jadi perdebatan sengit diantara para pengguna Instagram. Tidak sedikit yang menjadi kontra terhadap perubahan logo tersebut, meski begitu, tentu Instagram memiliki dasar atas keputusan tersebut.

Pengguna bisa menghapus dan Like comment

Setelah banyak pengganggu serta kata-kata Spammy yang ‘terpaksa’ pengguna Instagram biarkan, terutama publik figur atau artis, kini kita bisa menghapus komentar yang spammy pada setiap postingan kita.

Selain itu juga, kita bisa me-Love komentar yang kita inginkan dengan ‘tap’ icon love disamping komentar tersebut.

Bingung atau ragu terhadap ‘Caption’ pada postingan Instagram kita? Simpan saja sebagai Draft

Caption‘ dan ‘hashtag‘ adalah hal penting yang pengguna Instagram perhatikan selain kualitas foto hasil jepretan kita. Maka tak heran seringkali pengguna tidak jadi memposting foto karena ragu akan ‘caption‘ yang diketik.

Menyadari hal ini, Instagram mengeluarkan fitur ‘Draft‘ apabila kita ragu atau belum selesai dengan caption kita sebelum mem-post foto.

Fitur Stories di Instagram

Melihat pengguna ‘Snapchat’ mulai merangkak naik, tim developer Instagram tidak berdiam diri begitu saja. Untuk menjawab kehebohan pengguna social-media dengan ‘Snapchat’, Instagram mengeluarkan fitur Stories.

Fitur ini pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, bahwa boleh jadi ini adalah tantangan bagi ‘Snapchat‘ pula karena mirip fitur Snapchat itu sendiri.

Jadi Stories adalah fitur yang memberikan kemampuan user untuk meng-upload Foto atau Video yang akan hilang selama 24 jam. Selain itu, foto dan video tersebut bisa dihias dengan tulisan-tulisan atau coretan-coretan ‘doodle‘.

[img.2] Fitur Baru Instagram Stories
Courtesy of macworld.com

Boomerang on Stories

Kita semua tau bahwa Boomerang adalah aplikasi lain dari Instagram yang memudahkan untuk membuat gambar berulang, dan kini aplikasi tersebut hadir di Stories!

Untuk menggunakannya anda cukup swipe kanan, lalu pilih opsi Boomerang dan mulailah merekam.

Mention in Stories

Selain opsi Boomerang, Instagram juga membuat user dapat melakukan ‘mention‘ akun kerabatnya di Stories yang mereka ‘Upload‘.

Cukup ketik ‘@’ lalu selanjutnya akun Instagram kerabat yang ingin kita ‘mention

Live Video di Instagram

Selain Stories, Instagram juga meluncurkan ‘Live Video’ seperti Facebook. Karena memang satu group dengan Facebook, fitur ini sudah pasti akan hadir menyusul tuannya.

User bisa melakukan ‘Live Broadcast’ dengan men-swipe kanan layar Instagram mereka, pilih opsi ‘Live lalu tekan tombol ‘Live’ seperti akan mengirim Stories.

Selain itu, user pun juga bisa mencari akun siapa saja yang saat itu sedang ‘Live’ seperti artis atau idola.

Courtesy of Adespresso.com

Mengirimkan ‘Direct Message’ berupa Foto dan Video yang Menghilang

Selain Stories dan Live Video, Instagram pun melampaui batasnya dengan mengizinkan user untuk mengirimkan foto & video lewat DM yang akan menghilang setelah dibaca oleh penerimanya.

Fitur ini dinamakan dengan Disappearing Videos & Images

Cukup ‘swipe‘ kiri, lalu pilih kepada siapa pesan atau DM akan dikirimkan, ambil foto atau video yang akan dikirimkan. 🙂

Courtesy of adespresso.com

Begitulah bermacam ‘Feature Update’ dari 3 social-media terbesar di Dunia selama tahun 2016, fitur-fitur ini beberapa ada yang dihadirkan untuk faktor ‘Fun’ semata, namun tak sedikit pula yang dihadirkan untuk mensupport praktek bisnis yang kini marak terjadi social-media.

Setelah mengetahui ini, apakah Anda makin ingin memaksimalkan social-media untuk promosi bisnis Anda?

Tinggalkan komentar di bawah ini ya! 😉 (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! 🙂

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)