10 Film Inspirasi Bisnis yang Setiap Bisnis Pemula Wajib Lihat

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ūüĒó & Master Facebook Ads ūüĒó Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Film Inspirasi Bisnis
Courtesy of Pixabay.com

Proses lahirnya bisnis yang kita punya, bisa terjadi lewat banyak cara, muncul begitu saja. Ada yang dengan melihat kesuksesan teman dekat lantas mengikutinya, ada yang mendapat ‘amanah’ dari keluarga untuk melanjutkan bisnis turunan hingga coba-coba sendiri. Tapi ada pula mereka-mereka yang tergerak lewat film inspirasi bisnis yang ia pernah tonton sebelumnya.

Hal ini banyak terjadi pada generasi muda yang memang menyukai media film dalam mencari berbagai ide-ide segar. Dan hal ini pula yang akan kita bahas pada artikel kali ini, film-film yang menggugah penontonnya sekaligus memberikan lecutan semangat bagi anak muda yang ingin memulai bisnis atau startup mereka bersama timnya.

Media Film Sebagai Sumber Inspirasi Pengusaha Muda

Film sebagai sumber Inspirasi
Courtesy of Pixabay.com

Dengan maraknya trend film yang meningkat di tahun 2016, dipicu dengan movie-serie yang diluncurkan oleh rumah produksi Marvel Picture dari Disney, mengangkat tema film inspirasi bisnis untuk meningkatkan minat generasi muda berbisnis bisa jadi opsi bagus.

Bahkan, sebenarnya hal ini sudah dilakukan beberapa kali oleh Hollywood lewat film-film inspirasi bisnis mereka.

Anda yang ingin mencari ide-ide, atau inspirasi perjalanan sukses pebisnis Dunia, berikut adalah 10 film bertemakan entrepreneur yang bagus untuk anda lihat.

1. Pirates of Silicon Valley

[img.2] Pirates of Silicon Valley
Courtesy of Wikipedia
Film ini diluncurkan pada tahun 1999 oleh TNT American, disutradarai oleh Martyn Burke dan dibintangi oleh Noah Wyle sebagai Steve Jobs dan Anthony Michael Hall sebagai Bill Gates.

Film ini lebih mengisahkan bagiamana persaingan diantara mereka dalam membuat ‘Personal Computer’ pertama di dunia. Bagaimana Steve mendapatkan ide penamaan “Apple”, pengembangan personal computer pertama mereka bernama Apple 1, penawaran OS pertama bernama MsDOS oleh Bill Gates, hingga pencurian ide dari masing-masing founder.

Film inspirasi bisnis ini layak untuk anda tonton yang ingin mengetahui proses pengembangan kedua perusahaan serta persaingan keduanya.

2. Social Network

[img.3] Film Inspirasi Bisnis - Social Network
Courtesy of Google Images
Film kedua ini, mengisahkan tentang bagaimana lahirnya sebuah platform social-media terbesar di Dunia bernama Facebook. Diangkat dari buku The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal karya Ben Mezrich.

Disutradarai oleh David Fincher dan dibintangi oleh Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Brenda Song, Rooney Mara, dan masih banyak lagi. Menceritakan tentang jatuh bangunnya seorang Mark Zuckerberg membangun sesuatu yang awal mulanya bernama ‘The Facebook’, pengkhianatan teman pendirinya, tuntutan-tuntutan yang diarahkan kepadanya hingga kisah cinta para founder.

Film inspirasi bisnis ini sangat cocok untuk para ‘nerdy’ yang suka dengan berbagai barisan code dan tentunya pelaku bisnis yang punya impian besar.

BACA JUGA: Kerja Keras, Impian dan 6 Jalan Menuju Sukses dari Arnold

3. Jobs (2013)

[img4] Film Inspirasi Bisnis - JOBS
Courtesy of Google Images
Jika pada poin pertama, film ‘Pirates of Silicon Valley’ menceritakan tentang 2 tokoh yaitu Steve Jobs dan Bill Gates, maka pada film ini diceritakanlah perjalanan hidup Steve Jobs membangun Apple dari Nol.

Film ini disutradarai oleh Joshua Michael Stern, ditulis Matt Whiteley, dan diproduseri Mark Hulme dan Marcos A. Rodriguez.

Ashton Kutcher mendapatkan bagian untuk menjadi Steve Jobs pada film ini, bersama Josh Gad sebagai Steve Wozniak co-founder Apple terdahulu.

Ini adalah salah satu film inspirasi bisnis yang cukup menyentuh bagi saya, karena disini diceritakan bagaimana drama konflik dan persahabatan dengan para founder, kisah romansa dengan kekasih Steve hingga berkeluarga.

Untuk anda yang suka dengan drama, tanpa meninggalkan pesan inspirasi bertemakan bisnis didalamnya, film ini bisa jadi pilihan.

4. The Billionaire (Top Secret: Wai Roon Pan Lan)

[img.5] Film Inspirasi Bisnis - Top Secret
Courtesy of Google Images
Ini adalah film Thailand yang menceritakan kisah sukses Aitthipat Kulapongvanich (Top Ittipat) lewat bisnis rumput lautnya.

Diluncurkan oleh GMM Tai Hub, disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dan dibintangi oleh Pachara Chirathivat, Somboonsuk Niyomsiri (alias Piak Poster) dan Walanlak Kumsuwan.

Top diceritakan awalnya hanya anak muda biasa yang kecanduan Game Online, di kamarnya saja ada 3 komputer yang ia gunakan untuk bermain. Kecanduan bermain Game membuat ia menelantarkan pendidikannya, tapi justru dari sinilah ia berkenalan dunia bisnis yaitu menjual item-item senjata Game Online tersebut.

Perjuangannya mulai dari membayar hutang keluarga, berusaha untuk kuliah lagi, berhasil memasarkan produknya ke 7-Eleven hingga membangun bisnis dengan omzet 200 Milyar per tahun dikemas apik disini.

Cocok untuk anda pencari film inspirasi bisnis yang menceritakan anak muda yang sukses!

BACA JUGA: Kisah Sinta yang Sukses Membuka Toko Online Baju

5. Sundul Gan: The Story of Kaskus

[img.6] Sundul Gan the Movie
Courtesy of Kaskus.co.id
“Sundul Gan” yang juga satu dari istilah yang sering digunakan ‘Kaskuser’ (pengguna situs KasKus) merupakan film yang menceritakan tentang bagaimana KasKus lahir dari 2 orang bersaudara, Ken Andrew dan Andrew Darwis.

Hasil garapan Naya Anindita, yang dirilis pada 2 Juni 2016 mengambil lokasi awal mula ide Kaskus muncul yaitu Seattle, Amerika Serikat.

Meski begitu, lokasi syuting juga dilakukan di Tanah Air, Jakarta – Indonesia.

Menurut Anindita dalam wawancaranya dengan Liputan6.com, film ini menceritakan mulai dari mereka berdua kuliah di Seattle, US hingga saat mereka pulang ke Jakarta membesarkan situs KasKus.

Ini adalah salah saty film inspirasi bisnis hasil garapan ana negeri yang perlu anda tonton, terlebih jika anda familiar dengan kata ‘Sundul Gan!’ atau bahkan seorang Kaskuser. ūüėČ


6. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

[img.7] Merry Riana Film Inspirasi Bisnis
Courtesy of satuharapan.com
Film ini terinspirasi dari novel hasil karya seorang pebisnis & motivator Merry Riana, dan juga perjalanan hidup ia sendiri meraih sukses di usia muda. Diluncurkan di bioskop pada tanggal 24 Desember 2014.

Film ber-genre drama-komedi ini dperankan oleh Dion Wiyoko, Chelsea Islan,Kimberly Ryder, dan Ferry Salim. Menceritakan bagimana Merry Riana, seorang perempuan asal Indonesia yang meraih 1 juta dollar pertamanya di Singapura.

Lika-liku yang ia hadapi terlihat dari awal film. Bagaimana ia haruskan pergi dari Indonesia karena masalah keamanan oleh orang tuanya, meski harus menjual berbagai barang yang ia punya untuk 1 tiket saja.

Di Singapura pun tak mudah, bekal uang yang ia miliki hanya cukup untuk 5 hari. Beruntung ia menemukan temannya lewat media sosial. Disinilah mulai perjuangan panjang Merry Riana, untuk hidup, kuliah, berbisnis dan lainnya.

Salah satu film inspirasi bisnis ini sangat cocok untuk pebisnis muda yang punya cita-cita tinggi, dengan pesan bahwa harapan akan tercapai dengan kesungguhan.

7. Forrest Gump

[img.8] Forrest Gump
Courtesy of theodysseyonline.com
Film ini dimulai dengan bintang utama yang bernama sama dengan judul film ini, Forrest Gump. Ia adalah seorang anak yang memiliki kekurangan berupa kesulitan berbicara dan beradaptasi.

Diluncurkan tahun ’94, film ini¬†disutradarai oleh Robert Zemeckis dan dibintangi oleh¬†Tom Hanks, Robin Wright, Gary Sinise, Mykelti Williamson, dan¬†Sally Field.¬†Film ini pun sebenarnya dibuat berdasarkan novel karya¬†Winston Groom dengan judul yang sama.

Tapi meski begitu, ada seorang teman yang baik kepadanya. Ia bernama Jenny, seorang gadis desa yang cantik.

Pada akhirnya, karena ketekunan dan kerja keras Gump berhasil sukses dengan mempunyai pabrik udang sendiri yang juga memproduksi produk makanan sea food.

Sebenarnya saya baru tahu kalau Forrest Gump adalah film yang punya makna bisnis juga, maka saya masukkan ke list film inspirasi bisnis ini.

BACA JUGA: Ide Bisnis Rumahan yang Asyik untuk digeluti Anak Anda

8. Silicon Valley (HBO Series)

[img.9] Silicon Valley
Courtesy of Wikipedia.org
Silicon Valley sebenarnya bukanlah film yang diputar di Bioskop-bioskop, Silicon Valley adalah sebuah drama-comedy seri dari channel HBO TV luar negri.

Seri ini dibuat oleh 3 penulis sekaligus produser kawakan Mike Judge, John Altschuler dan Dave Krinsky. Diluncurkan pertama kali tahun 2014, dan mendapatkan hits terlihat dari ratingnya yang tinggi di Rotten Tomatoes yaitu 98%!

Seri ini mengkisahkan tentang 6 orang yang mendirikan perusahaan Startup di Silicon Valley, dimulai dari kisah mereka masing-masing yang sebelumnya juga bekerja di perusahaan Startup terkemuka. Ini mungkin satu-satunya film inspirasi bisnis dengan genre komedi terbaik yang wajib anda tonton.

9. The Startup Kids

[img.10] Startup Kids
Courtesy of vimeo.com
Film ini adalah film dokumenter tentang berbagai anak-anak muda yang membangun bisnis startup-nya di Amerika-Serikat dan Eropa. Film ini berisikan wawancara dengan¬†founderfounder perusahaan startup¬†ternama seperti Vimeo, Dropbox, Souncloud, Debito, xsmoke¬ģ dan para¬†founder¬†startup lain yang membicarakan tentang bagaimana mereka membangun bisnis serta hidup sebagai seorang¬†entrepreneur.

Bersamaan dengan itu, diwawancarai juga orang-orang yang berkecimpung di dunia tech yang berbicara tentang lingkungan startup diantaranya adalah Venture Capitalist Tim Draper and MG Siegler, tech blogger dari Techcrunch.

Film dokumenter ini bisa di download lewat iTunes atau DVD online, ia juga mendapatkan 6,5 dari of 10 bintang di IMDb (December, 2012). Anda bisa melihat info The Startup Kids selengkapnya di http://www.thestartupkids.com/

10. The Pursuit of Happyness

[img.11] The Pursuit of Happyness
Courtesy of quotesgram.com
Film ini mungkin bukan cerita tentang bagaimana seseorang membangun bisnisnya, namun film ini menceritakan perjuangan seorang Laki-laki, sekaligus Suami dan Ayah dari satu orang anak yang mempertahankan kehidupannya di San Francisco, California.

Film ini adalah tentang Biografi dari Chris Gardner, salesman yang berhasil menjadi pialang saham kaya lewat karirnya di perusahaan saham Dean Witter Reynolds.

Dibuat pada taun 2009 oleh sutradara¬†Gabriele Muccino. Skenarionya ditulis oleh Steve Conrad berdasarkan memoir berjudul sama yang ditulis oleh Gardner bersama Quincy Troupe. Film ini makin ‘bernyawa’ karena dilakoni oleh Will Smith aktor kulit hitam kawakan Hollywood.

Menceritakan tentang bagaimana Gardner mengawali karirnya dengan menjadi salesman menawarkan mesin X-Ray door-to-door. Mesin X-Ray Gardner mungkin bagus dan dapat menghasilkan hasil x-ray yang lebih jernih, tapi mayoritas dokter menganggapnya terlalu mahal.

Keluarga kecil Gardner pun menjadi taruhannya, tak disadari sudah banyak tagihan-tagihan serta denda parkir Gardner yang tak terbayar. Linda, sang istri pun meninggalkan ia dan anaknya ke New York karena itu.

Diujung kehidupannya, perusaahan saham Dean Witter Reynolds membuka kesmepatan magang tanpa dibayar. Kesempatan ini tak dilewatkan Gardner, karena jika berhasil ia akan diterima di perusahaan tersebut.

Mulai disini, muncullah lika-liku perjuangannya, tidur di bandara bersama sang anak, ketinggalan janji dengan orang penting karena memarkirkan mobil Bos, dan ‘seabrek’ rintangan lainnya. Film ini cocok untuk anda yang ingin sukses berkarir di perusahaan ternama, sebelum menemukan jalan sukses bisnis anda.

Film Inspirasi Bisnis sebagai Pelecut Semangat

Meski sebagian besar film-film yang ada hanyalah fiksi belaka, tapi bukan berarti hal tersebut tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap anak-anak muda. Lihatlah budaya-budaya Pop yang (sebenarnya) tidak bermanfaat, ternyata juga bisa mempengaruhi sebagian besar anak-anak muda.

Maka bukan mustahil film-film fiksi (ataupun dokumenter) ini akan memberikan inspirasi yang besar kepada anak-anak muda yang ingin berbisnis. Karna bisnis perlu gambaran, film-film diatas bisa jadi rujukan mereka untuk melangkah.

Tapi yang terpenting, mulailah dari sekarang! Wujudkan impian-impian anda yang ada di film-film tersebut menjadi nyata. ūüėČ (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ūüôā

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)