Tips & Strategi Post di Social-Media agar ‘Reach’ postingan Tinggi

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing ๐Ÿ”— & Master Facebook Ads ๐Ÿ”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
[img.1] Facebook Reach Menurun
Courtesy of hubshout.com

Penggunaan internet oleh orang-orang terutama anak muda meningkat sejak bermunculannya gadget berharga murah yang terkoneksi dengan Internet ‘real-time‘. Gadget ini sudah ber-OS Android generasi menengah, beberapa tingkat lebih canggih daripada OS andalan NOKIA sebelumnya, Symbian.

Ditambah dengan promo-promo Kuota internet atau Data dari berbagai provider, makin membuat para user memburu promo-promo tersebut agar bisa ‘nge-net’ lebih lama dan murah.

Dari bermacam aktivitas online lewat mobile, ternyata waktu online mereka paling banyak dihabiskan untuk ber-social-media.

Meski di era Symbian kita sudah bisa mengakses internet, namun dengan OS Android notifikasi-notifikasi langsung bermunculan di layar HP layaknya SMS atau telepon.

Meningkatnya Aktivitas Social-Media, Kesempatan baik para Pebisnis Online

[img.4] Aplikasi Social Media untuk Bisnis Online Gratis lewat HP
Courtesy of pixabay.com
Sebagai orang-orang yang paham dengan besarnya potensi Bisnis dibalik meningkatnya aktivitas online, sudah seharusnya kita mengoptimalkan penggunaan social-media untuk promosi Bisnis kita.

Alasan utama social-media digemari pebisnis online, adalah karena biayanya murah!

Tapi, meski sudah banyak yang mengetahui keuntungan memakai social-media untuk promosi Bisnis, belum banyak yang tahu cara mengoptimalkannya.

Tips Promosi lewat Social-Media

Optimasi social-media sebenarnya susah-susah gampang. Rumusnya hanyalah satu, apa itu?

Kita hanya perlu memastikan ‘reach‘ atau jangkauan postpost kita tinggi!

Dengan banyaknya ‘reach‘ dari postpost kita, maka semakin banyak juga peluang pengguna social-media akan membeli produk kita.

Lalu bagaimana agar ‘reachpost di berbagai social-media kita tinggi? Berikut beberapa tipsnya.

1. Gunakan gambar berkualitas tinggi (HD)

[img.3] High Quality Image
Courtesy of carspied.com
Pengguna social-media adalah orang-orang yang ‘sibuk’ menerima banyak informasi, berita, status curhat, selfie tak bertanggung jawab dan semacamnya.

Maka gambar yang jernih serta menarik dari Profil anda atau Fanpages akan menarik perhatian mereka, mulai dari hanya melakukan Like, Love hingga Share, retweet dan re-Gram.

Dari statistik di Facebook Pages dan twitter Plaza Bisnis, menunjukkan bahwa post dengan format Foto mendapatkan reach paling tinggi!

Tapi jangan berlebih dalam memposting foto, karena teman, followers atau likers Fanpages anda akan jenuh. Posting juga link ke website anda sesekali untuk Update artikel, promosi, dan lain-lain.

BACA JUGA:ย 5 Aturan Optimasi Social Media untuk Usaha Kecil Rumahan

Cara mendapatkan gambar berkualitas HD

Sebenarnya gambar bisa anda cari di Google Images. Tapi, disana kita tidak tahu mana yang boleh dipakai dan mana yang tidak.

Maka, agar lebih aman baiknya anda menggunakan beberapa situs dibawah ini untuk pencarian gambar. Seluruh gambar dibawah ini FREE untuk digunakan dimana saja, tanpa royalti dan penyebutan sumber.

2. Posting link dengan ‘Featured Image’ yang besar, serta meta-description yang jelas.

Selain posting foto yang menarik ‘engagement’, lakukan posting link menuju website anda.

Tapi ada yang harus diperhatikan sebelumnya, yaitu pastikan ‘Featured Image’ artikel atau halaman anda besar dan bagus, berikut dengan meta-description-nya.

Lalu bagaimana memastikannya?

Jika anda menggunakan WordPress, maka akan sangat mudah.

Anda cukup masuk ke bagian ‘All Post‘, lalu pilih salah satu artikel dengan klik ‘Edit‘.

Setelah itu, lihat di sisi sebelah kanan agak dibawah. Disitu cari tulisan ‘Featured Image‘, klik dan upload gambar pilihan anda.

[img.4] Featured Image
Private Courtesy
Setelah itu, klik ‘Update‘ untuk memperbaharui artikel anda.

Untuk meta-description, biasanya Facebook akan meng-generate secara otomatis melalui teknologi Open Graph-nya, begitu juga dengan Twitter. Tapi untuk memutuskan, baiknya cek kembali di https://developers.facebook.com/tools/debug/.

Masukkan link halaman anda, lalu klik tombol di sebelah kanan bertuliskan ‘Debug’. Jika tampilan sudah sesuai yang diinginkan, berarti anda aman untuk share link halaman website di Profile pribadi maupun Fanpages.

Untuk twitter, silahkan cek di https://cards-dev.twitter.com/validator dan lakukan step-stepnya yang mirip dengan diatas.

BACA JUGA:ย 7 Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Gratis & Tanpa SEO

3. Posting Video singkat, Bisa meningkatkan Share!

Mengikuti Youtube, Facebook berangsur-angsur meningkatkan konten Video di dalamnya, begitu juga dengan Twitter dan beberapa social-media lainnya.

Dan pengamatan saya, konten Video makin banyak di Share & Retweet oleh pengguna social-media sehingga Viral!

Tapi, video-video yang Viral tersebut punya satu kemiripan.

Durasi dari video tersebut kebanyakan singkat, antara 5 detik hingga 2 menit maksimal. Jika ada video viral yang lebih dari itu, berarti video tersebut informatif dan sangat ‘targetted‘.

Maka, buatlah post berupa Video yang sesuai dengan niche anda. Tidak perlu video original, tapi lakukanlah sedikit editing untuk menghindari plagiarisme.

[img.5] Viral Video
Courtesy of ieplexus.com

Penting! Posting konten-konten yang Relevan dengan Brand Anda

Meski tujuan promosi lewat social-media adalah untuk menjangkau lebih banyak orang, tapi jangan lupa bahwa konten anda harus relevan dimata fans.

Akan aneh jika bisnis anda tentang Gadget, tapi memposting video tentang acara kontes ‘Got Talent‘ meski video tersebut berpotensi viral.

Pun jika akibat viralitas dari konten tersebut menaikkan ‘Likers‘ dan ‘Followers‘ bisnis anda, tapi konversi sales darisana akan kecil karna menjangkau orang-orang yang tidak tepat.

Dengan Cara Manual, kadang kita Repot

Mengatur beberapa social-media mulai dari Facebook, twitter atau bahkan juga Instagram, akan sangat merepotkan sekaligus menghabiskan waktu kita.

Kita harus berpindah-pindah mulai dari scheduling Facebook post Fanpages, scheduling twit-twit dari tweetdeck.twitter.com, dan posting manual untuk Instagram.

Maka perlu ada satu Tools yang mewadahi berbagai social-media untuk me-manage akun-akun bisnis Anda di social-media.

Untungnya SOCIENGINE memungkinkan hal itu!

Dengan fitur-fitur yang mereka miliki yaitu bisa memposting di 6 social-media:

  • FB Profile
  • Fanspage
  • FB Grup
  • Pinterest
  • Linkedin
  • Twitter
  • Tumblr
  • Instagram

Dengan sekali klik! Dan kita bisa menambahkan banyak akun-akun di dalamnya, tidak hanya 1 akun saja, menjadi agency istilahnya.

Maka, mulailah memaksimalkan social-media untuk media promosi kamu! Karena begitu banyak KEKUATAN disana. ๐Ÿ˜€ (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! ๐Ÿ™‚

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)