Bagaimana Menentukan Desain Web yang Cocok untuk Bisnis Online Anda4 min read

[img.1] Desain Web
Courtesy of Pixabay.com

Raafi

Author at plaza-bisnis.com

Seorang blogger sejak 2010 iseng-iseng yang mulai memfokuskan dirinya ke bidang business dan marketingFounder dari website plaza-bisnis.com sejak 2015 dan kini terlibat di beberapa startup lokal.

Platform Website adalah salah satu paltform yang berguna untuk aktivitas promosi bisnis Anda melalui jaringan online. Keuntungan menggunakannya adalah bisnis Anda bisa menjangkau calon-calon customer yang sebelumnya tidak bisa dijangkau.

Sebuah Website perlu dibuat dengan bentuk yang cukup simple dan mudah untuk di explore pengunjung atau visitor, desain web yang professional juga akan membantu meningkatkan kepercayaan calon customer yang ingin membeli dari Anda.

Adapun jika ingin menampilkan visual yang sedikit rumit, tapi pastikan visual tersebut cocok untuk target konsumen Anda. Sehingga meski rumit namun menurut target visitor Anda tidak, ini juga bisa sebagai filter niche target calon konsumen Anda.

Beberapa Contoh Desain Web untuk Berbagai Jenis Bisnis

Website akan merepresentasikan seperti apa sebuah perusahaan atau bisnis berjalan. Maka baik atau buruknya desain web suatu bisnis, akan secara tidak langsung merepresentasikan baik atau buruknya bisnis tersebut.

Tapi perlu diperhatikan, sebuah desain web yang bagus belum tentu cocok diaplikasikan pada web bisnis tertentu. Bisa saja visitor website merasa risih karena kerumitan tata-letak menu websitenya, untuk itu kita perlu paham siapa target visitor & calon konsumen kita.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa contoh desain Web yang cocok diaplikasikan pada bisnis-bisnis tertentu.

BACA JUGA: Desain Web Tingkatkan Omzet Anda di Bisnis Online

1. FreshBooks (Bisnis Software)

[img.2] FreshBooks
Courtesy of FreshBooks

FreshBooks ialah sebuah bisnis yang produknya adalah software accounting untuk bisnis kecil (UKM). Desain web FreshBooks ini sangat bagus dan mudah dimengerti, dengan melihat Homepagenya saja kita sudah bisa mengerti bergerak di bidang apa FreshBooks. Ditambah dengan Call-to-Action yang ‘mentereng’ dengan warna hijau yang mudah dilihat.

2. Dropbox Business (Digital Service)

[img.3] Dropbox
Courtesy of Dropbox

Siapa yang tidak tahu dropbox, perusahaan ini menyediakan kapasitas online tempat untuk menyimpan berbagai macam file seperti hard-drive sendiri. Desain web yang fresh sejalan dengan brand-image Dropbox sendiri, warna biru disana juga menunjukkan perusahaan yang unggul di bidang teknologi.

3. Melyssa Griffin (Personal Blog)

[img.4] Melyssa
Courtesy of Melyssa

Sekarang, mari kita lihat sample desain web seorang publik figur–praktisi Bisnis yang mengisi blognya dengan sharing-sharing seputar bisnis. Homepage disini sangat menarik dan memberikan kesan keramahan kepada pengunjung, desain web yang mencolok juga memberikan brand image kreatif dengan memberikan dominasi warna kuning.

4. KIND Snacks (Produk Snack)

[img.5] KIND
Courtesy of KIND

Kali ini, perusahaan yang bergerak di bidang bisnis produk snack atau cemilan ringan. Tampilan homepage menampilkan produk secara jelas dan benefit yang dihadirkan. Selain itu desain web dengan font tebal dan fleksibel memberikan kesan santai dan enjoy.

BACA JUGA: Mengenal Jenis-jenis Website Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

5. Charity: Water (Lembaga Sosial)

Courtesy of Charity: Water

Terakhir adalah contoh desain web yang bisa Anda aplikasikan untuk situs sosial atau gerakan (movement) Anda. Disini visual terlihat sangat apik dilihat dari pemilihan gambar yang ‘menggerakkan’. Hal ini tambah baik dengan Call-to-Action yang solid di tengah-tengah halaman, membuat pengunjung ingin langsung berdonasi.

Langkah-langkah Membuat Desain Web yang Cocok untuk Produk Bisnis

Website yang bagus dengan visual memukau, tak akan berhasil jika ternyata kurang cocok dengan target visitor bahkan customer bisnis Anda.

Maka, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum mendesain web perusahaan atau produk Anda.

1.Pelajari Industri Bisnis serta Target Visitor & Customer Anda

Dimana bisnis Anda bergerak dan untuk siapa? Jika bisnis Anda bergerak di industri engineering untuk para vendor kontraktor, maka buat desain web yang professional dengan beberapa portofolio pengerjaan proyek serta sertifikat tertentu.

Karena di dunia engineering bisnis yang dipakai adalah bisnis yang terpercaya pernah mengerjakan proyek serta memiliki mutu kualitas tinggi.

Berbeda jika bisnis Anda bergerak langsung ke konsumen, Anda bisa mendesain website yang menarik dengan ragam produk unik dan menarik dengan harga terjangkau. Ini pun perlu di breakdown konsumen dengan demografi seperti apa.

2. Tentukan Brand Identity dan pakai Secara Konsisten

Setiap desain memiliki value yang berbeda-beda, merah menandakan berani, kuning berarti unik & catchy, biru artinya profesional & techy, ungu dan pink mungkin feminim dan lain sebagainya.

Pilih yang sesuai dengan produk atau bisnis Anda, buat standard-standardnya seperti font dan komposisi warna dan pakai secara konsisten dan tak berubah-ubah. Termasuk pengaplikasiannya dalam desain web Anda.

3. Rumuskan Tata Letak yang Mudah di-Navigasikan Pengunjung

Sebagus apapun desain web Anda, jika ada banyak komponen yang sulit dimengerti pengunjung maka tak ada artinya. Bayangkan ketika visitor datang dan kesulitan mengorder produk Anda, bisa jadi mereka akan keluar dari website atau bahkan beralih ke kompetitor Anda.

4. Berikan Perintah se-Jelas-jelasnya kepada Visitor Anda!

Namanya Call-to-Action! Berikan perintah jelas apa yang harus visitor Anda lakukan, baik itu order produk, isi form demo service, atau berdonasi untuk situs sosial.

Desain web yang baik akan memudahkan visitor menentukan Action yang akan dilakukan, maka warna yang mencolok bisa membantu Anda.

Perbaikan pada Layout & Desain Web akan berdampak pada Sales

Courtesy of Pixabay.com

Seperti saya bilang tadi, image perusahaan atau bisnis akan terlihat pada bentuk website perusahaan tersebut. Semakin bagus, baik dan cocok untuk calon customer maka hal itu akan meningkatkan leads bisnis perusahaan.

Tapi sebaliknya, jika website tersebut buruk pada desain, layout dan interface untuk visitor maka performa sales akan menurun.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Find me on:

Plaza Bisnis

Disini kami berbagi tentang strategi bisnis, bagaimana memulainya dan tips mengoptimasi Internet dalam meningkatkan pemasaran produk Bisnis anda.
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.