Apa yang Bisa Kita Pelajari dari dampak Virus Corona terhadap berbagai Bisnis3 min read

[img.1] Gambar Mikroskopik Virus
Courtesy of Pixabay.com

Pertama, saya mengucapkan turut berduka atas merebaknya virus Corona sejak beberapa bulan lalu di WuhanTiongkok. Kedua, tema ini saya putuskan untuk saya bahas karena kasus ini akhirnya masuk ke negri kita yang tercinta–Indonesia.

Berikutnya saya juga berdo’a agar 2 orang (Ibu dan Sang Anak) yang terkena virus Corona di Depok lekas membaik kondisinya, dan terus mendapatkan kesembuhan.

Tapi kembali lagi. Karena blog ini saya dedikasikan untuk pembahasan tentang bisnis, maka izinkan saya membahas bagaimana hal seperti ini dan ‘force majeure’ lainnya harus siap dihadapi oleh setiap Bisnis.

Awal Mula Virus Corona Merebak, dan Bagaimana Update Terakhirnya

Courtesy of Pixabay.com

Virus corona jenis baru mulai menjadi perhatian masyarakat dunia setelah pada 20 Januari 2020, otoritas kesehatan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, mengatakan tiga orang tewas di Wuhan setelah menderita pneumonia yang disebabkan virus tersebut.

Dilansir dari Asian Nikkei Review, berita tersebut langsung meresahkan warga Tiongkok yang akan melakukan perjalanan pulang kampung untuk merayakan Tahun Baru Imlek pada 25 Januari 2020. (IDN TIMES Bali)

Beberapa hari lalu, ditemukanlah 2 orang positif virus Corona di Indonesia setelah berinteraksi dengan WNA Jepang di sebuah Klub.

Hingga kini (5 Maret 2020), virus tersebut sudah menginfeksi hingga 95.481 orang di seluruh Dunia dengan pasien yang sembuh sedikitnya 53.688 orang. (Kompas)

BACA JUGA: Ingin Melatih Cara Berpikir Positif yang Praktis? Ini 7 Tips dan Manfaatnya!

Beberapa Bisnis yang terdampak pada Fenomena Virus Corona

Courtesy of Pixabay.com

Pastinya ada banyak sekali bisnis yang terdampak atas fenomena ini. Bahkan beberapa bisnis merasakan dampak yang sangat besar.

1. Bisnis Travel

Bisnis model ini tentu akan turun peminatnya, kecuali untuk mereka yang memang sudah lama memesan tiket perjalanan ke suatu tempat. Tetapi sudah pasti untuk konsumen baru akan berkurang drastis.

Bahkan dikabarkan beberapa pembeli tiket, meminta uang refund ketika negara tujuan melarang wisman dari luar negeri. Seperti Saudi kemarin yang menolak jama’ah umroh dari Indonesia.

2. Bisnis Impor

Jika Anda berbisnis dengan model impor ini, terlebih lagi Anda mengimpor dari negara-negara yang terdampak maka boleh jadi penjualan juga akan menurun drastis.

3. Bisnis Retail Offline

Mungkin secara sekilas, karena fenomena ini penjualan bisnis retail melonjak tajam karena ada banyak orang yang menstok barang-barang pokok untuk keadaan darurat.

Tapi tunggu dulu, setelah itu bagaimana? Apakah bisnis akan berjalan terus? Saya rasa besar kemungkinan akan berhenti berjalan.

Bisnis retail juga tidak hanya menjual makanan pokok saja, bagaimana dengan toko-toko Baju? Restaurant? Sudah pasti akan sepi juga.

BACA JUGA: Bagaimana Kita Bisa Tetap Menghasilkan Uang Tanpa Aktif Bekerja

Langkah-langkah & Antisipasi Bisnis terhadap ‘Force Majeure’

[img.4] Force Majeure
Courtesy of Pixabay.com
Melihat fakta-fakta tersebut, maka bisa diambil sebuah pelajaran bahwa bisnis perlu antisipasi yang cukup dalam kejadian seperti ini atau ‘force majeure’ apapun.

Karena jika Anda memiliki karyawan, ada banyak orang yang harus dipenuhi kebutuhannya. Jika Anda berbisnis sendiri, maka Anda pun butuh untuk sehari-hari bukan?

1. Siapkan Cadangan Dana berbentuk Cash Money

Bisnis Anda harus memiliki dana cash yang cukup. Sehingga jika ada keadaan darurat seperti ini maka Bisnis pun bisa memenuhi, mulai dari hal yang paling krusial seperti gaji karyawan 1-2 bulan ke depan.

2. Siapkan opsi Channel Penjualan lain

Untuk kasus merebaknya virus seperti ini, maka hal yang paling terdampak adalah bisnis offline. Maka untuk mengatasi ini, channel online adalah hal yang perlu untuk bisa membuat bisnis terus berjalan.

3. PR yang Baik sebagai Aksi Sosial

Terakhir, sebuah bisnis boleh juga melakukan Aksi Sosial ditengah-tengah keadaan darurat yang berdampak pada banyak masyarakat Dunia.

Seperti untuk keadaan seperti ini yaitu membagikan Masker Gratis, Hand Sanitizer, dan edukasi-edukasi lainnya.

Tetap Jaga Kesehatan

Terakhir, pesan saya untuk seluruh pembaca blog Plaza Bisnis.

Tetaplah jaga kesehatan, karena pintu masuk semua ini adalah tubuh yang tidak sehat.

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! :)

Riant Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.