Hei Karyawan! 5 Contoh Usaha ini bisa Kalian Lakukan sambil Bekerja

Dapatkan produk kami - Panduan PLR Social Media Viral Marketing πŸ”— & Master Facebook Ads πŸ”— Sebelum Kehabisan. Sekarang!
Courtesy of Pixabay.com

Untuk dapat bisa masuk ke dunia usaha memang tak mudah. Apalagi jika diketahui kita masih belum punya pola bisnis pasti yang dapat memberikan profit. Maka dari itu, penting menyimak contoh-contoh usaha yang mudah serta potensial untuk digarap.

Analisa ini makin perlu dilakukan apabila anda adalah seorang karyawan yang ingin ‘pindah’ kuadran menjadi pengusaha. Karena pola kerja harian, mulai jam 8 pagi dan selesai jam 5 sore akan berubah ketika di dunia bisnis.

Seorang pengusaha bisa mengerjakan bisnisnya hanya 3-4 jam/ hari, atau bahkan 20-23 jam/ hari. Tergantung kebutuhan yang dirasa perlu dilakukan.

Beberapa Contoh Usaha yang bisa Dikerjakan Sambil ‘Ngantor’

Berikut, saya akan jabarkan beberapa contoh usaha yang bisa anda lakukan sebagai karyawan kantor, dengan tidak mengganggu jam kerja anda.

1. Bikin Blog Review

[img.2] Contoh Usaha Blog Review
Courtesy of tots100.co.uk
Langkah paling awal yang harus anda lakukan, adalah dengan mempelajari cara-cara membuat sebuah blog/ website pribadi anda.

Karena, dari sini anda bisa mengembangkannya lebih jauh.

Lalu apa itu blog review?

Beberapa brand memerlukan ‘suara-suara’ dari luar yang menyatakan bahwa brand mereka begini dan begitu, karena dengan itu kualitas brand lebih dipercayai memiliki kesan baik.

Maka, beberapa brand mengajak kerjasama para review blogger untuk melakukan review terhadap produk mereka. Sehingga pembaca blog mereka akan melihat produk yang di-review tersebut.

Disini biasanya brand menyediakan sejenis fee atau pemberian produk sebagai ucapan terima kasih kepada blogger.

Meski ada juga blogger yang hanya ingin me-review produk yang benar-benar mereka anggap berkualitas.

Banyak contoh-contoh usaha seperti ini, beberapa diantaranya bahkan membuat channel youtube sendiri untuk membuat konten video.

Nah, aktivitas ini bisa anda kerjakan mulai sepulang kantor pukul 7.30 PM, hingga waktu yang secukupnya. Jangan sampai begadang ya, karena bisa jadi mengganggu waktu berangkat anda besoknya. πŸ˜‰

2. Affiliate Shop

[img.3] Bisnis Afiliasi
Courtesy of volusion.com
Contoh usaha kedua, yang dapat dikerjakan sambil kerja adalah membuat toko online yang khusus mempromosikan produk Afiliasi.

Dengan pengetahuan membuat website pada poin pertama, maka tentu anda bisa membuat toko online Affiliate juga.

BACA JUGA:Β Keren! Ini 7 Ide Super Kreatif Makanan Unik untuk Usaha Rumahan Anda

Cukup buat postingan produk Affiliate yang menjelaskan tentang deskripsi, keunggulan, fitur atau bonus-bonus yang didapat.

Lalu taruh ‘Button’ atau tombol beli yang anda tautkan ke link afiliasi anda.

Dengan sistem afiliasi seperti ini, anda hanya perlu mengirimkan traffic ke blog/ website saja tanpa harus mengurus pengiriman produknya.

Enak bukan? πŸ˜€

3. Adsense Blogger

[img.4] Contoh Usaha Adsense
Courtesy of techonroad.com
Ini adalah peluang bisnis yang boleh jadi paling gurih kini.

Karena cukup dengan menaruh kode adsense pada artikel atau beberapa tempat di blog kita, maka kita akan mendapatkan penghasilan dari setiap klik pengunjung disana.

Sekarang, iklan adsense sudah banyak kita lihat bertebaran di website-website seluruh dunia. Contohnya saja bisa dilihat pada blog saya ini. πŸ˜€

Mulai dari blog kecil seperti Blog pribadi, hingga portal news besar seperti detik.com, republika.co.id, dan sejenisnya menampilkan iklan adsense.

Masih banyak blog-blog dengan contoh usaha adsense seperti ini, anda silahkan pelajari sendiri ya.

4. Bisnis produk Digital PLR

[img.5] Bisnis PLR
Courtesy of inspirationdna.com
Sebelumnya sudah pernah saya bahas tentang produk PLR ini bukan?

Sama seperti bisnis biasa, kita membeli produk seharga tertentu dari seorang vendor, lalu kita jual kembali dengan harga diatas harga beli kita.

Seperti itulah produk PLR. Kita membelinya dari orang lain, lalu berhal untuk menjualnya kepada orang lain dengan margin harga yang kita tentukan.

BACA JUGA:Β Apa Saja Jenis Usaha Kecil Menengah yang Potensial?

Bedanya, disini bentuk produknya adalah digital atau berupa file (dokumen, video atau software). Sehingga setelah membeli satu kali, anda tidak perlu membeli produk PLR tadi ke vendor sebelumnya.

Anda cukup memberikan link download untuk mengakses produk PLR kepada pembeli anda. Contoh usaha seperti ini terbukti memberikan saya penghasilan yang tak diduga-duga.

Beberapa produk PLR saya bisa anda lihat di laman Produk dari Plaza Bisnis ini.

5. Paid Promote IG account

[img.6] Bisnis IG Promoted
Courtesy of dailymail.co.uk
Social-media memberikan kita banyak peluang bisnis baru, dahsyatnya semua itu bisa dilakukan dengan gratis.

Tau Instagram kan? Kalau anda tahu, di Instagram banyak akun-akun lucu & unik yang memiliki followers besar.

Nah, banyaknya follower ini yang jadi daya jual mimin (panggilan admin) melalui akunnya. Satu kali post, sebuah akun Instagram dengan follower puluhan ribu bisa mendatangkan 200 – 300 ribu rupiah.

Meski sebenarnya apabila paham cara beriklan, budget segitu bisa kita gunakan untuk mempromosikan akun kita lewat IG Ads.

Mana dari Contoh diatas yang Mungkin untuk Anda Eksekusi?

Ada 5 contoh usaha yang sudah kita sama-sama bahas diatas, kelima memberikan peluang yang cukup bagus untuk anda yang sehari-hari bekerja 8 jam/ hari.

Sebagai karyawan kantor, boleh saja dong anda menginginkan sesuatu. Dan peluang bisnis diatas bisa anda gunakan untuk mencapai keinginan anda. πŸ˜‰ (Raf)

SEBARKAN KE TEMAN-TEMANMU & BERIKAN KOMENTAR DIBAWAH INI! πŸ™‚

Loading...

Raafi
Find me on:

Raafi

Seorang blogger sejak 2010 yang menyukai bidang-bidang bisnis, fashion dan segala hal yang berkaitan dengan event planning.
Raafi
Find me on:

Be the first to comment

Bagaimana Pengalaman Bisnismu? Bagikan dengan Kami ;)